Blogger

Buat Blog Blogspot Kamu Unik dengan Mengganti Favicon Blogger

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk membuat blog yang kamu buat di Blogger tampak menarik, kamu harus bisa tampil berbeda dari semua blog Blogger yang ada. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti gambar favicon default yang digunakan oleh semua akun Blogger.

Kalau kamu melihat tab browser kamu saat ini, akan ada nama blog ini dan sebuah gambar di sampingnya. Gambar itulah yang dinamakan favicon.

Setiap blog memiliki desain faviconnya masing-masing, meskipun ada juga yang tidak menggunakannya. Namun untuk blog yang kamu buat di Blogger, maka sudah pasti blog kamu akan memiliki ikon default berupa logo huruf ‘B’ khas Blogger berwarna oranye.

Untuk membuat blog Blogger kamu tampil beda, kamu bisa mengubah ikon favicon ini dengan beberapa langkah mudah.

Cara Membuat Favicon Untuk Blog

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari gambar ikon yang akan kamu gunakan. Kalau kamu bisa membuatnya sendiri tentu akan sangat bagus, namun kalau tidak, kamu bisa mencari gambar untuk favicon di situs-situs ini;

Karena keterbatasan ukuran dimensi gambar yang bisa dimuat oleh favicon, saya lebih senang menggunakan ikon dan bukan gambar untuk favicon karena ikon akan tampak lebih baik dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan gambar kompleks.

Kamu memiliki opsi untuk mengunduh gambar dalam berbagai macam format. Kalau kamu ingin bisa langsung menggunakan ikon tersebut atau ingin mengeditnya dalam aplikasi edit foto seperti Photoshop, kamu bisa menggunakan ekstensi ICO atau PNG.

Kalau kamu lebih memilih untuk membuat favicon kamu sendiri, kamu bisa menggunakan situs seperti favicon.cc, degraeve.com, atau favikon.com.

Cara Mengganti Favicon Blogger

1. Cara Mengganti Favicon Blogger Metode Lama

Selanjutnya, kita akan memasukan ikon yang sudah kita siapkan untuk menjadi favicon baru kita.

Login ke dasbor Blogger dan masuk ke dalam menu TATA LETAK. Pada gadget Favicon di sebelah kiri atas tampilan template kamu, pilih EDIT. Pada kotak popup yang muncul, tekan tombol CHOOSE FILE dan pilih gambar favicon yang sudah kamu pilih, kemudian simpan.

Sedikit catatan, pastikan ukuran gambar yang kamu gunakan berbentuk persegi agar gambar bisa tampil optimal. Dan jangan menggunakan gambar yang berukuran lebih besar dari 100KB.

ganti-favicon-tata-letak-blogger

Setelah kamu selesai, klik tombol SIMPAN SETELAN.

Kalau kamu lihat blog kamu sekarang, maka favicon default Blogger akan menjadi favicon baru yang kamu masukkan. Sangat mudah bukan?

2. Cara Mengganti Favicon Blogger Metode Baru (2020)

Jika kita beralih ke Blogger baru, menu favicon seperti di atas tidak akan bis ditemukan pada menu TATA LETAK Blogger baru.

Lalu bagaimana cara mengganti favicon blog Blogger tersebut?

Untuk melakukannya, cari ID Blogger terlebih dahulu. Caranya? Masuk ke dasbor Blogger dan lihat alamat blog tersebut di address bar browser kamu, seperti contoh di bawah ini,

Cari ID Blogger terlebih dahulu di address bar browser
Cari ID Blogger terlebih dahulu di address bar browser

Jika sudah, salin ID Blogger tersebut lalu salin pada link di bawah ini

https://www.blogger.com/change-favicon.g?blogID=885486970024682134

Jika sudah, kamu akan melihat tampilan widget favicon seperti gambar di bawah ini.

Cara menambahkan favicon Blogger dengan metode baru (2020)
Cara menambahkan favicon Blogger dengan metode baru (2020)

Untuk menambahkan favicon pada blog Blogger, klik tombol CHOOSE FILE, pilih gambar yang akan digunakan sebagai favicon lalu simpan. Favicon blog Blogger kamu pun akan langsung terganti.

10 Comments

  1. Saya udah ganti faviconnya, tapi belum berubah juga. Knpa ya min? Dan perlukah menambahkannya di html? Kalo perlu, caranya gmna ya?

    • Syafiq Salman Reply

      Pakai metode yang kedua saya coba masih bisa mas di mode Blogger baru. Yang penting gambar yang dipakai kotak dan ukurannya kurang dari 100kb.

  2. Terima kasih banyak untuk ilmunya. Tapi saya tidak berjaya meletakkan favicon di blog saya. Tidak berjaya ketemu solusinya. Boleh bantu saya? Terima kasih.

  3. Makasih banyak gan. Manfaat banget ilmuny. Cara yg terbaru, alhamdulillah sukses.

  4. Thanks buat share ilmunya…. semoga diberikan berkah dan sukses selalu.

  5. Gan, kayaknya sekarang blogger dasbor gak ada faviconnya deh, bahkan saya tidak temukan pada template default yang lebih tua

    • Syafiq Salman Reply

      Terima kasih komentarnya mas, ternyata memang tidak ada. Untuk solusinya sudah saya tambahkan di atas yah 🙂

Write A Comment