9 Cloud Storage Gratis Terbaik dengan Kapasitas Besar

Hard drive atau flash disk kamu penuh? Butuh rekomendasi cloud storage terbaik? Tenang, kini ada cloud storage gratis dengan kapasitas besar yang bisa bikin media penyimpanan kamu lega!

Semakin canggih teknologi dan kecepatan kecepatan internet saat ini membuat kita dengan mudah mengakses file dalam ukuran yang cukup besar dengan cepat. Jika dulu butuh waktu lama untuk mendownload sebuah file audio dengan modem dial-up, kini kita bahkan bisa mendengarkannya secara online. Pun dengan file video saat ini yang bisa dengan mudah kita unduh sembari menghabiskan secangkir kopi.

Tak pelak hal ini membuat kebutuhan akan storage menjadi cukup tinggi, tidak hanya disk storage tradisional saja, tetapi juga cloud storage.

Nah, buat kamu yang sering menyimpan data-data penting dan butuh tempat penyimpanan yang mudah diakses dan bisa diandalkan, cloud storage bisa menjadi solusi terbaik.

Apa itu Cloud Storage?

Sesuai dengan namanya, cloud storage adalah tempat penyimpanan data berbasis cloud. Dengan begitu kita bisa mengakses data tersebut dari mana saja dan kapan saja selama kita terhubung dengan internet.

Dibandingkan dengan media penyimpanan tradisional seperti hard disk atau flash drive, menyimpan data di layanan cloud storage memiliki banyak kelebihan, misalnya saja:

  • Accessibility – File dapat diakses dari perangkat apa saja, PC, Laptop, hingga perangkat genggam. Selain itu file yang kita unggah ke cloud storage juga dapat dengan mudah dibagikan ke orang lain.
  • Syncing – Sinkronisasi akan sangat berguna jika kita ingin membuat folder yang sama di beberapa perangkat sekaligus. Dengan begitu kita bisa bekerja dengan satu set data yang sama di mana pun kita bekerja.
  • Recovery – File yang disimpan pada media penyimpanan berbentuk fisik biasanya rentan terhadap banyak hal, beda dengan media penyimpanan online yang jauh lebih bisa diandalkan.
  • Security – Umumnya, penyedia layanan cloud storage sudah menyediakan layer keamanan tambahan untuk mencegah akses ilegal. Selain itu file dan folder juga terenkripsi agar tidak mudah disalahgunakan orang lain.

Tidak hanya itu, kebanyakan cloud storage juga sudah memiliki aplikasi bawaan yang bisa kita pakai untuk membuka file-file yang kita simpan. Jadi tidak perlu mengunduh file terlebih dahulu jika kita ingin melihat atau melakukan perubahan ringan pada file tersebut.

Nah, jika kamu juga tertarik untuk menggunakannya, simak yuk rekomendasi cloud storage terbaik dengan kapasitas besar yang bisa kamu pakai gratis!

Cloud Storage Terbaik dengan Kapasitas Besar

1. Google Drive (Gratis 15GB)

Cloud storage gratis Google Drive

Google Drive adalah nama pertama yang harus kamu lihat jika ingin mencari cloud storage dengan kapasitas besar. Syaratnya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu memiliki akun Google, yang saya kira sudah dimiliki sebagian besar orang karena kita memerlukannya juga untuk login di Android.

Untuk setiap akun Google, kita akan mendapatkan space sebesar 15GB yang akan dibagi juga dengan aplikasi Gmail dan Google Photos. Jika kamu ingin kapasitas yang lebih besar, ada opsi berbayar yang menawarkan disk space hingga 1TB mulai dari $12.00 per bulannya.

Satu hal yang menarik, kamu bisa mendapatkan unlimited storage dari Google Drive jika kamu memiliki email .EDU. Sayangnya email EDU hanya bisa didaftarkan melalui sekolah dan universitas di Amerika saja. Namun jika kamu berminat, cukup banyak akun yang menjual email EDU atau layanan jadi Google Drive Unlimited di Indonesia secara ilegal seperti di P-Store.

Selain space yang cukup besar, kelebihan Google Drive lainnya adalah kemudahan integrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Docs. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menginstall banyak addon/extension untuk menambahkan banyak fitur di layanan penyimpanan online milik Google ini.

Satu hal lain yang tidak kalah penting, Google Drive sangat mudah untuk diakses dari perangkat apapun mulai dari Browser, PC, iOs, maupun Android. Aplikasi Google Drive untuk PC bahkan memungkinkan kita untuk bisa bekerja secara offline.

Daftar Google Drive

2. Microsoft One Drive (Gratis 5GB)

Cloud storage terbaik microsoft OneDrive

OneDrive, yang dulu dikenal dengan nama SkyDrive, adalah media penyimpanan online gratis dari Microsoft. Untuk mendapatkannya, kita hanya perlu membuat akun Outlook.com saja (dulu bernama Hotmail atau LiveMail).

Untuk setiap akun, kamu berhak mendapat cloud storage sebesar 5GB. Untuk space yang lebih besar, OneDrive menawarkan pake 100GB hanya dengan membayar $1.99 saja per bulannya. Dan jika kamu memakai layanan Office 365 atau memiliki email EDU, maka kamu juga bisa mendapatkan tambahan storage sebesar 1TB.

Sayangnya akun gratis OneDrive tidak memiliki opsi offline folders. Jadi file yang kamu simpan hanya bisa diakses secara online saja dari Browser, iOS, Android, dan Windows Phone.

Meski begitu layanan ini akan sangat cocok untuk kamu yang banyak menggunakan layanan Microsoft. Selain Office, OneDrive juga terintegrasi secara baik dengan Outlook.com dan Windows 10. Tidak hanya itu, layanan penyimpanan cloud ini juga bisa terintegrasi dengan mudah dengan layanan di luar Microsoft seperti AutoCAD.

Daftar Microsoft OneDrive

3. Dropbox (Gratis 2GB, Up to 18GB)

Tempat upload gratis Dropbox

Dropbox adalah salah satu pemain lama di bidang cloud storage dan sudah berdiri dari tahun 2007, lebih lama dibanding dua nama yang saya sebut sebelumnya.

Saya sendiri termasuk penggemar beratnya dan sudah memakai layanan ini sejak kuliah hingga saat ini bekerja. Tidak hanya untuk menyimpan file pekerjaan penting saja. semenjak ngeblog saya juga membuat backup WordPress dengan Dropbox ini.

Sayang dibandingkan layanan cloud storage lain di daftar ini, Dropbox hanya memberikan 2GB saja untuk akun gratis. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan tambahan space 500MB untuk setiap orang yang kamu ajak untuk memakai Dropbox. Untuk referalnya sendiri memiliki batasan maksimum 16GB, lumayan kan bisa dapat 18GB gratis!

Salah satu kelebihan Dropbox yang saya sukai adalah DocScanner yang bisa dipakai untuk menscan tulisan pada foto ke teks yang tersedia pada aplikasi mobilenya. Selain itu ada Dropbox Paper di mana kamu bisa membuat tulisan dan berkolaborasi dengan user lainnya. Perlu dicatat juga, Dropbox Paper ini support Markdown!

Daftar Dropbox

4. BOX (Gratis 10GB)

Online storage gratis BOX

Menggunakan BOX rasanya seperti gabungan antara Dropbox dan Google Drive.

Tampilan mukanya sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan Dropbox, namun fitur dan kemampuan BOX untuk dilengkapi dengan addon/ekstensi tambahan membuatnya mirip dengan Google Drive.

Dengan BOX, kamu tidak hanya bisa mengupload file saja, tetapi juga membuat task list, menyimpan bookmark, membuat file office, hingga membuat file GDocs. Aplikasi tambahan yang bisa kamu pasang pun sangat beragam, misalnya saja,

  • Android Easy Print untuk memudahkan kita mencetak dokumen dari perangkat berbasis Android.
  • AutoCAD 360 agar kita bisa melihat file CAD dan melakukan modifikasi ringan.
  • Box Capture untuk menyimpan file foto, video, dan dokumen langsung ke layanan BOX.com.

Untuk setiap akun gratis, kamu akan mendapatkan space sebesar 10GB dengan batas maksimal 250MB per file. Jika kamu ingin kapasitas yang lebih besar, ada opsi untuk mengupgrade layanan tersebut hingga 100GB mulai dari $5.80 per bulannya.

Daftar Box

5. Sync (Gratis 5GB, Up to 25GB)

Online cloud storage Sync

Sync adalah cloud storage yang dibuat oleh tim dibalik layanan hosting Netfirms dan sudah ada sejak tahun 2011.

Salah satu nilai plus yang ditawarkan layanan cloud storage gratis ini adalah tingkat privasi yang tinggi sehingga tidak ada orang lain yang bisa mengakses file yang kamu simpan, termasuk dari pihak Sync sendiri. Sayangnya hal ini membuat Sync tidak bisa dengan mudah diintegrasikan dengan layanan pihak ketiga lainya. Namun jika kita mementingkan privacy, maka hal ini bukanlah masalah besar.

Untuk setiap akun gratis, Sync menyediakan storage sebesar 5GB yang sudah cukup besar untuk menyimpan dokumen dan file-file penting lainnya. Jika kamu ingin memperbesar kapasitasnya, Sync menyediakan program referal yang akan memberikan tambahan 1GB per satu orang yang berhasil kamu ajak dengan maksimum kapasitas tambahan sebesar 20GB.

Sayangnya pada akun gratis, Sync tidak menyediakan fitur untuk bisa melihat dan mengedit dokumen secara langsung tanpa perlu mendownloadnya. Jadi jika kamu mencari cloud storage gratis agar dapat bekerja dengan dokumen penting, maka Sync bukanlah pilihan yang tepat. Beda jika kamu hanya akan menggunakanya sebagai tempat penyimpanan saja. Potensi disk space sebesar 25GB jelas sulit untuk ditolak.

Daftar Sync

6. pCloud (Gratis 10GB, Up to 20GB)

Tempat penyimpanan online pCloud

Layanan cloud storage asal Swiss, pCloud, adalah salah satu media penyimpanan online yang cukup meroket namanya belakangan ini. Berdiri sejak tahun 2013, pCloud mampu menjaring hingga 8 juta pengguna dari seluruh dunia dan terus bertambah dengan pesat setiap tahunnya.

Disk space yang ditawarkan untuk akun gratis memang tidak main-main, 10GB! Ini belum termasuk disk space tambahan yang bisa kamu dapat dengan mengajak orang lain untuk menggunakan pCloud. Lumayan, untuk setiap orang yang berhasil kamu ajak, ada tambahan storage sebesar 1GB dengan maksimum 10GB. Tidak hanya itu, setiap bulannya ada kontes referal berhadiah storage tambahan sebesar 500GB yang berlaku seumur hidup. Semakin banyak orang yang bisa kamu ajak, semakin besar juga kemungkinan kamu untuk menang.

Selain mengajak orang lain untuk mendapatkan kapasitas tambahan, pCloud juga memiliki program afiliasi. Orang yang mendaftar lewat link afiliasi kamu berhak mendapatkan layanan premium pCloud selama sebulan secara gratis. Jika mereka membeli layanan pCloud premium, kamu akan mendapatkan komisi sebesar $5.00 dengan minimum pengambilan sebesar $10.00.

Daftar pCloud

7. Degoo (Gratis 100GB, Up to 600GB)

Cloud storage gratis kapasitas besar Degoo

Jika kamu mencari layanan cloud storage gratis dengan kapasitas besar, kamu harus mencoba layanan penyimpanan online dari Swedia ini. Bagimana tidak, setiap akun gratis berhak atas cloud space sebesar 100GB. Ini belum termasuk potensi bonus 500GB di mana kamu bisa mendapat tambahan 5GB untuk setiap orang yang berhasil kamu ajak menggunakan Degoo. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tambahan kuota hingga 1.2GB per hari dengan menonton iklan yang disediakan aplikasi Android Degoo.

Sekilas cukup mencurigakan juga kalau kita melihat besarnya kapasitas yang ditawarkan. Tapi Degoo sudah ada sejak tahun 2012, dan layanan online storage gratis dengan kapasitas besar lainnya seperti Copy atau Hubic bahkan sudah tutup sementara Degoo tetap eksis hingga hari ini. Tingkat keandalan online storage ini pun boleh dibilang tinggi karena Degoo menggunakan Google Cloud Platform.

Meski bisa dipakai di banyak perangkat genggam sekaligus, untuk menggunakan aplikasi Degoo di PC kamu harus berhasil mengajak 10 orang teman terlebih dahulu. Selain itu kamu juga harus aktif dalam 90 hari sekali agar akun kamu tetap bisa digunakan. Tapi kalau lihat imbalannya, rasanya setimpal dengan apa yang kita dapat.

Daftar Degoo

8. Mediafire (Gratis 10GB, Up to 50GB)

Tempat upload file untuk sharing terbaik Mediafire

Nama Mediafire mungkin tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi. Jika kamu cukup sering mengunduh sesuatu dari internet, ada kemungkinan kamu pernah memakai layanan yang sudah ada lebih dari satu dekade ini. Tidak hanya mudah digunakan, download dari Mediafire juga sangat cepat dan support download resume.

Untuk setiap akun gratis, ada storage gratis sebesar 10GB yang bisa kamu pakai untuk menyimpan file apapun. Tidak hanya itu, kamu juga berhak atas 40GB tambahan yang bisa kamu dapat dengan melakukan beberapa hal, seperti mengajak teman untuk menggunakan Mediafire, menginstall aplikasi mobile Mediafire, atau terhubung dengan akun sosial media milik Mediafire.

Meski menawarkan kapasitas yang besar, Mediafire rasanya kurang cocok untuk kamu yang ingin bisa bekerja dengan file yang kamu upload. Jangankan mengedit, melihat file yang kita upload pun kita tidak bisa (hanya file TXT, itupun masih versi BETA pada saat tulisan ini dibuat). Tapi jika kamu butuh online storage untuk saling berbagi file dengan orang lain, Mediafire jelas sangat bisa diandalkan.

Daftar Mediafire

9. Mega (Gratis 15GB, Up to 50GB)

Cloud storage kapasitas besar Mega

Sejarah Mega cukup panjang jika kita menghitung periode sebelumnya di mana mereka masih bernama Megaupload. Sempat bermasalah dengan masalah pelanggaran hak cipta, Megaupload terlahir kembali di tahun 2013 dan berganti nama menjadi Mega.

Untuk setiap akun gratis, kita akan mendapatkan 50GB. Sayangnya hanya 15GB saja yang akan kita dapat selamanya, sementara 35GB lainnya hanya ‘dipinjamkan’ selama 30 hari.

Untuk mendapatkan 35GB kembali, kita harus melakukan beberapa hal seperti memasang aplikasi MEGASync, memasang aplikasi mobile mereka, hingga merekomendasikan layanan MEGA kepada orang lain. Sayangnya kuota tambahan ini juga memiliki masa berlaku tergantung aktifitas yang kamu lakukan. Bonus kuota dari memasang aplikasi mobile dan MEGASync memiliki masa berlaku 180 hari, sementara bonus kuota referal berlaku lebih lama, 365 hari!

Daftar Mega

10. Solidfiles (Gratis 15GB)

Cloud storage dengan kapasitas besar terakhir yang saya rekomendasikan adalah Solidfiles. Layanan asal Swedia ini dikenal cukup lama sebagai tempat penyimpanan yang cukup bisa diandalkan. Untuk setiap akun gratis, kamu akan mendapatkan storage sebesar 15GB dengan batas maksimum upload per file sebesar 500MB. Sayangnya tidak ada opsi untuk memperbesar storage ini secara gratis, hanya ada opsi upgrade ke akun premium di mana kamu bisa mendapat storage sebesar 1TB..

Satu hal yang menyenangkan dari Solidfiles adalah kecepatannya yang lumayan baik jika kita menggunakannya dari Indonesia. Selain itu download juga support resume dan tidak ada batasan seberapa banyak download yang bisa kita lakukan setiap harinya. Dengan kapasitas yang cukup besar, Solidfiles bisa jadi pertimbangan yang bagus untuk menyimpan file secara online.

Daftar Solidfiles

Apa Cloud Storage Gratis Yang Cocok Untukmu?

Dengan banyaknya pilihan di atas, rasanya tidak sulit bukan untuk mencari cloud storage gratis dengan kapasitas yang besar. Malah mumpung gratis, kamu bisa daftar di semua akun di atas dan mendapatkan ratusan GB tanpa perlu beli hard drive baru.

Namun untuk memilih cloud storage gratis terbaik mungkin tergantung kebutuhan kamu.

Untuk cloud storage yang bisa memenuhi beragam skenario, Google Drive patut diperhitungkan. Tidak hanya cuma butuh akun Google saja untuk membuatnya, GDrive juga menawarkan storage yang cukup besar. Selain itu, adanya support GDocs dan aplikasi pihak ketiga lainnya membuat kita bisa bekerja langsung dengan file yang ada di Google Drive tanpa harus mendownloadnya dulu.

Jika kamu mengincar besarnya kapasistas penyimpanan yang kamu dapat, Mediafire dan Deego bisa menjadi alternatif terbaik. Mediafire sendiri memang hanya menawarkan 10GB saja, namun bonus kuotanya bisa membuat kapasitas storage gratis yang kamu dapat menjadi 50GB. Selain itu kemudahan untuk sharing membuat Mediafire cocok untuk kamu yang sering berbagi file dengan orang lain.

Untuk kamu yang sering menyimpan file-file penting atau sering bekerja secara mobile, maka Dropbox atau BOX bisa menjadi pilihan bagus. Saya sendiri mungkin sedikit bias ke Dropbox karena saya memakainya sendiri selama bertahun-tahun. Namun tidak ada salahnya juga kalau kamu lebih memilih Box. Keduanya punya beragam aplikasi untuk setiap perangkat, bisa disinkronisai secara otomatis, serta memiliki aplikasi untuk membuka dan mengedit beberapa file dengan ekstensi populer.

Nah, itu dia rekomendasi cloud storage gratis terbaik dengan kapasitas besar yang bisa kamu coba. Sebagai alternatif, ada juga lho tempat upload yang membayar. Tapi kalau kamu punya ‘jagoan’ lainnya, jangan segan untuk meninggalkan komentar di bawah ini yah!

Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top