Kenali Ciri-Ciri Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya

Penasaran apakah WA kamu dihack orang lain? Kenali yuk ciri-ciri WhatsApp disadap dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

WhatsApp adalah aplikasi terpopuler di kalangan pengguna smartphone di Indonesia. Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, WhatsApp juga digunakan untuk berbisnis hingga membagikan file-file penting.

Dengan tingkat kepopulerannya yang tinggi, tidak heran banyak orang yang berusaha mengambil keuntungan dengan menghack WA miilik orang lain. Hal ini juga dipermudah dengan banyaknya tutorial cara menyadap WhatsApp orang lain di internet.

Karena itulah, kamu harus selalu waspada saat menggunakan Whatsapp, terutama jika kamu menggunakan layanan internet di tempat umum seperti Wi-Fi publik yang ada di kafe atau tempat nongkrong favoritmu.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui apakah WhatsApp kita sedang dihack atau tidak? Apa saja sih ciri-ciri WhatsApp yang disadap? Jika terlanjur dihack bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak terus sampai selesai.

Kenali Ciri-Ciri Whatsapp Disadap / Dihack

Ada cukup banyak ciri-ciri Whatsapp disadap atau dihack orang lain. Jika kamu menemukan salah satu tanda-tanda berikut ini, waspadalah!

1. Chat terbaca secara otomatis

Jadi jika kamu merasa tidak pernah membuka atau membaca chat, tapi statusnya tahu-tahu berubah menjadi ‘terbaca’ dengan centang biru, kamu harus mulai curiga.

Jika hanya terjadi sekali-dua kali, mungkin ada faktor lupa. Tapi jika sering terjadi, rasanya Whatsapp kamu sudah saatnya diperiksa!

2. Ada pesan terkirim yang tidak kamu ketahui

Waspada jika ada pesan yang terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan dan seizin kamu. Bisa dipastikan Whatsapp kamu sedang dibajak orang lain.

3. Aktifitas Whatsapp Web yang mencurigakan

Tidak hanya bisa dipakai lewat smartphone Android atau iPhone, kita juga bisa menggunakan Whatsapp di komputer atau laptop.

Jika kita mengakses WA lewat PC, akan ada notifikasi di hape kita bahwa Whatsapp Web sedang dalam keadaan aktif. Selain mengingatkan kita bahwa WA sedang terhubung di tempat lain, notifikasi ini juga berfungsi untuk menjaga privasi dan keamanan kamu saat berchatting ria.

Nah, kalau kita mendapatkan notifikasi ini meski kita tidak sedang menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop, kamu harus curiga karena ini bisa jadi salah satu ciri-ciri WA dihack.

4. Aktif di perangkat lainnya

Melanjutkan poin sebelumnya, ciri-ciri whatsapp disadap lainnya adalah ketika akun kita aktif di perangkat lain selain gadget milik kita sendiri.

Untuk memeriksanya, kita bisa membuka aplikasi Whatsapp dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Setelah itu pilih menu Whatsapp Web dan lihat siapa saja yang login menggunakan akun Whatsapp kita di situ.

Buka opsi WhatsApp Web untuk melihat siapa saja yang terhubung dengan akun kita
Buka opsi WhatsApp Web untuk melihat siapa saja yang terhubung dengan akun kita
Kenali ciri-ciri WhatApp disadap dengan melihat siapa saja yang login
Kenali ciri-ciri WhatApp disadap dengan melihat siapa saja yang login

5. Whatsapp logout sendiri

Secara default, Whatsapp dirancang agar tidak bisa diakses dengan 1 nomor yang sama di dua perangkat yang berbeda.

Jadi jika Whatsapp kamu tiba-tiba logout sendiri, bukan berarti aplikasi tersebut error atau sedang crash. Bisa jadi ada yang sedang mencoba menghack Whatsapp kamu, apalagi jika kamu sulit untuk login kembali.

6. Anomali pada performa hape

Hacker dapat menyadap Whatsapp dengan menyusupkan spyware yang berjalan sebagai aplikasi background. Tidak hanya berbahaya, aplikasi ini juga bisa mempengaruhi performa hape kita.

Jika kamu menemukan anomali pada hape seperti baterai yang tiba-tiba boros disertai dengan meningkatnya termperatur hape, kamu mungkin harus memeriksa aplikasi apa yang menyebabkan hal ini.

Begitu juga dengan pemakaian data internet. Di beberapa hape terbaru sudah ada fitur untuk melihat daftar konsumsi data per aplikasi. Jika kamu tidak memilikinya, ada aplikasi khusus agr kamu tahu apakah ada spyware yang sedang memakan kuota internet kamu atau tidak?

Cara Mencegah dan Mengatasi agar Whatsapp Tidak Mudah Disadap

Sebagai langkah preventif, mencegah akan lebih baik daripada menunggu Whatsapp kita dihack. Kebanyakan kasus juga berasal dari human error, jadi melakukan langkah pencegahan adalah cara terbaik agar WA tidak mudah disadap.

Beberapa tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Hindari Wi-Fi di tempat umum yang lebih rentan terhadap serangan siber
  • Jangan membuka sembarang link yang disebar orang yang tidak dikenal
  • Ada baiknya tidak memasang aplikasi tidak resmi yang kamu temukan di luar Play Store
  • Berhati-hati saat meminjamkan hape ke orang lain. Agar lebih aman, kamu bisa memasang aplikasi app lock agar orang lain tidak bisa sembarangan mengakses aplikasi yang terpasang di hape kamu, termasuk Whatsapp.

Cara menghentikan penyadap WhatsApp

Untuk menghentikan sadapan yang sudah berlangsung, kita bisa mengeluarkan semua perangkat yang terhubung dengan WhatsApp dengan cara berikut.

  • Buka WhatsApp
  • Piih menu titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih opsi WHATSAPP WEB
  • Pilih opsi keluar dari semua perangkat (LOG OUT FROM ALL DEVICES)
  • Klik OK, lalu selesai

Aktifkan verifikasi dua langkah untuk mencegah akun Whatsapp disadap kembali

Untuk mencegah agar WhatsApp kita tidak lagi disadap orang lain, kita bisa mengaktifkan two factor authentication atau verifikasi dua langkah. Dengan begitu penyadap membutuhkan pin khusus sebelum bisa memakai WhatsApp yang didaftarkan dengan nomor kita.

Untuk menambahkan fitur ini,

  • Buka WhatsApp
  • Piih menu titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih opsi SETTING » ACCOUNT » TWO WAY VERIFICATION
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti memasukan password berupa angka dan alamat email cadangan
  • Jika sudah, kamu harus mengulang kembali proses daftar WhatsApp yang kini sudah diamankan dengan pin pengaman

Bahaya WhatsApp yang Disadap

Ada banyak kerugian yang bisa kita alami jika WhatsApp diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Masalah yang paling utama mungkin masalah privasi di mana penyusup dapat mengambil data-data pribadi kita mulai dari chat history hingga gambar dan video yang kita bagikan lewat aplikasi ini. Jika kamu sering menggunakan WA untuk pekerjaan, mungkin ada banyak lagi data sensitif lainnya yang akan berbahaya jika jatuh di tangan orang yang salah.

Karena itulah penting untuk mengetahui ciri-ciri WhatsApp disadap agar kita bisa mencegah hal yang tidak diinginkan. Jika suatu saat WA kamu bermasalah dan tidak seperti biasanya, langsung matikan koneksi internet dan periksa kembali aplikasi tersebut. Dengan cara di atas, mudah-mudahaan kamu bisa terhindar dari bahaya yang lebih besar yah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu