Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain

Baik pengguna WordPress maupun Blogger memiliki cara masing-masing untuk melihat trafik blog mereka. Terus kalau ingin mengetahui jumlah pengunjung website orang lain bagaimana? Hmmm, ada juga kok caranya.

Siapa sih yang tidak penasaran dengan jumlah pengunjung yang datang ke situs kita? Pasti kamu juga pengen tau dong!

Untuk mengetahui jumlah pengunjung, kita bisa memakai banyak tools. Pada situs Blogger, sudah ada tools statistik bawaan yang tinggal kita pelototin. Sementara WordPress juga memiliki tools statistik bawaan meski harus melalui plugin Jetpack. Masing-masing memiliki metodenya sendiri untuk mengukur berapa banyak orang yang datang ke situs kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memasang Google Analytics untuk data yang lebih akurat dan mendetail. Malahan, saya kira hal ini cukup penting untuk dilakukan setelah memasang WordPress.

Satu hal yang sama dari semua cara tersebut, data trafik ini hanya bisa dilihat oleh kamu sebagai pemilik website dan data ini tidak dapat diakses oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah pengunjung blog orang lain? Duh, ternyata ada cara mudahnya lho!

Kepo amat! Ngapain sih liat trafik blog orang lain?

Hmmm, saya juga sebenarnya bukan orang yang ingin tahu blog orang lain. Tapi kalau dipikir-pikir, ada beberapa skenario di mana kamu bisa mengintip trafik blog orang lain untuk kepentingan kamu sendiri.

  1. Membandingkan trafik blog kompetitor dengan blog sendiri sebagai motivasi
  2. Mempelajari strategi kompetitor dalam meningkatkan jumlah pengunjung
  3. Memastikan artikel kamu mendapat jumlah pembaca yang cukup sebelum memulai guest blogging
  4. Memeriksa trafik sebelum mengajak kerjasama bisnis

Cara Mengetahui Trafik Blog Orang Lain

Ada cukup banyak tools yang bisa dipakai untuk mengetahui jumlah pengunjung blog orang lain. Namun saya memilih tiga tools online berikut yang bisa dipakai gratis dengan hasil yang cukup baik.

1. Statshow

Tools pertama yang akan saya perkenalkan adalah Statshow. Tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu, kita bisa langsung memasukan nama domain untuk mencari jumlah pengunjung hariannya.

Tidak hanya jumlah pengunjung dan pageview, Statshow juga akan memberi informasi berharga lain seperti estimasi harga website kamu berdasarkan niche. Namun jangan senang dulu dengan kisaran harga yang kamu dapat karena hitung-hitungannya dilakukan dengan mengambil nilai rata-rata CPM yang nilainya masih jauh lebih besar dibanding rata-rata CPM untuk wilayah Indonesia.

Cara mengetahui jumlah pengunjung blog orang lain dengan statshow
Data pengunjung blog orang lain via Statshow.

Selain data tersebut, masih ada informasi lain seperti alamat IP, info Whois, nama hosting, hingga umur blog.

Sayangnya perhitungan umur ini akan sedikit membingungkan bagi pengguna Blogger atau WordPress.com. Umur website dengan platform blogging gratis tersebut akan dihitung berdasarkan domain utamanya, yaitu .blogspot.com dan .wordpress.com. Jadi jangan heran kalau blog kamu yang terdaftar di Blogger/Wordpress.com memiliki umur yang sangat tua meski kamu baru saja membuatnya.

Kekurangan Statshow

Satu kekurangan yang saya temui dari Statshow adalah ketidakakuratannya dalam memprediksi jumlah pengunjung situs yang memiliki domain dengan ekstensi ccTLD seperti .ID. Bila dibandingkan dengan tools lainnya pada daftar ini, kamu akan mendapat nilai yang jauh lebih kecil.

2. Similarweb

Sama seperti Statshow, kita tidak perlu mendaftar dulu untuk mulai memakai layanan Similarweb. Cukup masukan nama domain, kamu sudah bisa melihat data trafik blog tersebut.

Berbicara mengenai laporan trafik, Similarweb menampilkan data pengunjung yang lebih lengkap dibanding Statshow. Selain jumlah pengunjung harian, kamu juga bisa melihat bounce rate, rata-rata waktu kunjungan, ranking website, persentase negara asal kunjungan, sumber trafik, dan banyak lagi yang lainnya.

Data-data tersebut juga ditampilkan secara menarik dan sangat mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Cara melihat jumlah pengunjung website orang lain melalui similarweb
Data pengunjung blog orang lain via Similarweb.

Yang menarik, Similarweb akan memberi informasi mengenai kategori yang disukai pengunjung. Data ini lalu dipakai untuk menampilkan website lain yang memiliki pengunjung dengan minat yang sama.

Kekurangan Similarweb

Sayangnya Similarweb tidak bisa digunakan untuk melihat jumlah trafik semua blog. Untuk blog/website yang masih baru dan memiliki trafik yang kecil umumnya hanya akan terlihat tulisan Not Enough Data.

3. SEMRush

Tools terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melihat jumlah pengunjung blog orang lain adalah SEMRush. SEMRush sendiri adalah salah satu tools SEO yang sangat populer dan mampu menampilkan data dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Traffic Analytics adalah salah satu menu yang ada pada SEMRush yang bisa menampilkan data-data trafik seperti jumlah pengunjung, bounce rate, pengunjung unik, rata-rata kunjungan, sumber trafik, total kunjungan berdasarkan perangkat pengunjung, total pengunjung per subdomain, hingga asal negara pengunjung.

Selain fitur tersebut, SEMRush juga bisa dipakai untuk banyak hal yang rasanya akan terlalu panjang untuk dijabarkan satu-persatu.

Cara melihat statistik pengunjung blog orang lain dengan semrush
Data pengunjung blog orang lain via Semrush.

Kekurangan SEMRush

Sulit untuk menemukan kekurangan SEMRush selain harus mendaftar terlebih dahulu. Data yang ada pada versi gratis juga tidak selengkap versi premiumnya namun bisa bersaing dengan dua tools gratis lain yang disebutkan sebelumnya.

Tools apa yang paling akurat untuk melihat jumlah pengunjung blog lain?

Untuk masalah akurasi, jangan harap data trafik yang kamu dapat bisa sangat akurat yah! Data dari Blogger/Jetpack saja bisa berbeda dengan Google Analytics.

Dari percobaan yang saya lakukan, saya kira Statshow dan SEMRush cukup mendekati nilai riil pengunjung website. Sedangkan data pengunjung via Similarweb jauh lebih besar dibanding keduanya.

Apakah kamu memiliki cara lain untuk memeriksa pengunjung blog orang lain? Jangan segan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini yah!
Pos Terkait:

4 thoughts on “Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain”

  1. Benar sekali mas .sesudah membaca saya praktek di similiarweb hasilnya myblog bimahartono not enough data.sekali lagi mas syafiq terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    1. Untuk blog yang trafiknya kecil bisa pakai statshow atau daftar SEMRush aja mas, kalau pakai similarweb tidak akan terlihat trafiknya

    1. Wow, ada mas Febriyan 🙂

      Iya mas, Saya juga biasanya pakai Similarweb atau SEMrush dulu, biasanya sih cukup. Pakai Statshow buat double check aja atau kalau statistik pengunjungnya nggak keliatan di dua cara pertama itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.