5 Tools Online Gratis Untuk Memeriksa Performa Website WordPress

Memeriksa dan memantau performa sebuah situs WordPress kini lebih mudah dengan banyaknya tools online yang bisa kamu gunakan. Meski kebanyakan berbayar, ada beberapa layanan yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Pada artikel kali ini, kita akan melihat 5 tools online yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Setiap pemilik website pasti ingin agar situs mereka selalu tampil dengan performa terbaik mulai dari masalah kecepatan akses, keamanan, hingga SEO.

Untungnya, ada banyak tools online di luaran sana yang bisa membantu kamu memeriksa dan memantau performa situs WordPress. Penggunaannya pun cukup mudah karena biasanya kamu hanya perlu memasukan URL situs kamu dan mereka akan menganalisa dan memberikan output yang kamu butuhkan.

5 Tools Online Gratis Untuk Memeriksa dan Memantau Performa Situs WordPress

Ada banyak parameter yang bisa digunakan untuk mengukur performa sebuah situs WordPress seperti page speed, tingkat keamanan, SEO, uptime, hingga responsivitas. Kali ini kita akan lihat tools online gratis apa saja yang bisa kamu gunakan untuk memantau parameter-parameter tersebut.

1. Tools Online Untuk Memeriksa Tingkat Keamanan Website

Keamanan adalah masalah serius yang mau tidak mau harus dihadapi oleh pemilik blog/website. Masalah kemanan yang muncul bisa berupa serangan hacker, DDoS, ataupun malware. Salah satu contoh serangan berbahaya yang bisa menyerang WordPress adalah serangan malware yang akan menginfeksi website dengan script untuk menambang cryptocurrency yang beberapa bulan terakhir cukup gencar dilakukan[1].

Selain menggunakan plugin, salah satu cara untuk memeriksa celah kemanan dan mendeteksi keberadaan malware seperti ini adalah dengan menggunakan scanner online seperti Malware and Security Scanner dari Sucuri.

Cukup masukan URL situs kamu dan klik tombol SCAN WEBSITE maka Sucuri Scanner akan melakukan beberapa hal seperti:

  • Mencari keberadaan malware.
  • Memeriksa apakah situs kamu masuk dalam daftar blacklist atau tidak.
  • Memeriksa error pada website akibat spam dan defacement.
  • Memeriksa keberadaan firewall, atau bila kamu sudah memasang firewall dari Sucuri, ia akan memeriksa apakah firewall tersebut sudah mendapatkan update terbaru.

Periksa malware dan celah keamanan dengan Sucuri malware and security scanner

Bila kamu menemukan peringatan pada hasil scanning, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Namun akan lebih baik lagi jika kamu memasang plugin keamanan sejak awal sehingga kamu dapat mencegah serangan ke situs WordPress sejak dini.

Beberapa tolls alternatif selain Sucuri Scnanner yang dapat kamu gunakan antara lain Virus Total dan WordPress Security Scanner.

2. Tools online untuk memeriksa kecepatan akses website

Kecepatan akses adalah faktor penting yang wajib dimiliki oleh sebuah website. Semakin cepat page speed semakin cepat pula sebuah website dapat ditampilkan yang artinya semakin bagus pula sebuah website. Google bahkan menggunakan indikator ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan ranking sebuah website[2].

Ada banyak tools online yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kecepatan akses sebuah website, salah satunya adalah Google PageSpeed Insights. Tidak hanya itu, tools ini juga akan memberikan kamu solusi agar kamu bisa mendapat skor yang lebih baik.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke situs PageSpeed Insights dan masukan URL website kamu. Setelah itu, tools ini akan menganalisa website dan memberikan skor yang berkisar antara 1-100 tergantung pada performa situs tersebut. Uniknya, penilaian performa situs kamu pada perangkat desktop dan mobile akan dilakukan secara terpisah.

Selain melakukan penilaian, PageSpeed Insights juga akan memberi kamu daftar perbaikan lengkap beserta solusi agar kamu bisa meraih skor yang lebih baik. Meskipun penjelasannya sedikit teknis, solusi ini bisa menjadi langkah awal dalam memperbaiki performa website kamu.

Selain PageSpeed Insights, beberapa tools online lain yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kecepatan sebuah website adalah Pingdom dan GTMetrix.

3. Tools Online Untuk Memeriksa Waktu Downtime

Waktu downtime adalah waktu yang hilang selama situs tidak dapat diakses. Selain karena serangan hacker dan human error, lama waktu downtime juga ditentukan oleh hosting yang kamu gunakan. Karena itu penting untuk melihat berapa jaminan waktu uptime yang diberikan oleh penyedia jasa hosting yang kamu gunakan.

Sebagai perbandingan, untuk waktu uptime sebesar 99,5% saja artinya kamu akan mengalami downtime hampir selama 44 jam dalam setahun. Persentase yang cukup kecil namun bisa berakibat cukup fatal bila terjadi pada jam sibuk blog kamu atau pada sebuah toko online.

Untuk memantau waktu downtime, kamu bisa memonitor website dengan UptimeRobot. Dengan layanan ini, kamu bisa mendapatkan info downtime secara real-time langsung melalui email.

Alternatif gratis lain yang bisa digunakan untuk memantau waktu downtime adalah StatusCake dan Monitis.

4. Tools Online Untuk Memeriksa Apakah Website sudah Mobile-Friendly

Seiring pesatnya perkembangan smartphone, ada kecenderungan bagi user untuk mengakses situs favorit mereka melalui perangkat genggam yang mereka miliki. Data mengenai perangkat yang digunakan user untuk mengakses situs kamu bisa dilihat bila kamu sudah memasang Google Analytics.

Menetahui persentase perangkat user melalui Google Analytics
Mengetahui persentase perangkat yang digunakan user melalui Google Analytics

Bila ternyata ada cukup banyak pengguna yang menggunakan mobile phone, sudah sewajarnya kamu memperhatikan tampilan website kamu agar lebih mobile-friendly. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan tema yang responsif. Dengan tema ini, website kamu akan tampil dengan baik mengikuti perangkat yang digunakan oleh user.

Bila kamu ragu apakah kamu sudah mobile-friendly atau belum, kamu bisa mencoba mengakses sendiri melalui smartphone atau menggunakan tools online gratis seperti Google Mobile-Friendly Test.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, kamu hanya perlu memasukan URL situs kamu lalu klik tombol RUN TEST.

Setelah itu tools ini akan memperlihatkan tampilan situs kamu pada perangkat smartphone dan memberitahu apakah situs tersebut sudah mobile-friendly atau belum.

5. Tools Online untuk Membantu SEO

Sama seperti luasnya dunia SEO, ada begitu banyak tools online dengan beragam fungsi yang bisa digunakan untuk membantu SEO website kamu. Mulai dari tools untuk link buildingkeyword research, optimasi konten, hinggan analisa backlink.

Namun di antara semua tools online yang ada, Google sudah menyediakan banyak tools online gratisan yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Sama seperti layanan lainnya, kamu hanya perlu memiliki satu akun Google untuk bisa menggunakan tools-tools gratis tersebut.

Selain Google PageSpeed Insights dan Google Mobile-Friendly Test yang saya sebutkan sebelumnya, tools online gratis lain yang bisa kamu gunakan di antaranya:

  1. Google Analytics – Semua data yang kamu butuhkan untuk mengembangkan blog/website ada di sini. Mulai dari jumlah pageviews, bounce rate, demografi user, dan banyak lagi data lainnya.
  2. Google Search Console – Layanan ini bisa mempercepat situs kamu terindeks oleh Google. Selain itu, kamu bisa megatahui status indexing situs. masalah pada saat indexing halaman situs, broken link, keyword yang digunakan user untuk mencapai situs kamu, dll.
  3. Google Adwords Keyword Planner – Tools sederhana untuk mencari volume pencarian dari sebuah keyword.
  4. Google Trends – Memantau tema yang sedang trend dalam berbagai kategori. Kamu bahkan bisa melihat tren dari sebuah keyword dalam rentang waktu tertentu.

Penutup

Dengan semua tools online gratis di atas, saya harap kamu bisa memantau dan memeriksa performa WordPress tanpa harus khawatir dengan biayanya. Dengan begitu kamu bisa berkonsentrasi untuk memperbaiki dan mengembangkan situs.

Meski memiliki keterbatasan dibanding layanan premium sejenis, semua tools online gratis di atas rasanya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi.

Apakah kamu memiliki tools favoritmu sendiri? Jangan segan untuk berbagi pengalamanmu pada komentar di bawah ini.

1 thought on “5 Tools Online Gratis Untuk Memeriksa Performa Website WordPress”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *