3 Cara Submit URL agar Konten Cepat Muncul di Google

Setelah selesai mempublish artikel, tentu kita ingin agar artikel tersebut cepat muncul di halaman pencarian Google bukan? Jika iya, kamu bisa melakukannya dengan cara submit URL Google berikut ini!

Secara default, jika kamu sudah pernah submit sitemap ke Google Search Console, artikel akan muncul dengan sendirinya jika kita mencarinya dengan Google Search. Waktunya sendiri berbeda-beda pada setiap website. Jika kamu update artikel setiap hari, bot Google mungkin akan bekerja lebih cepat dibanding pada blog yang hanya melakukan update seminggu sekali.

Untuk memeriksa apakah artikel yang kamu publish sudah terindeks atau belum, kamu bisa mengetik site:link di browser seperti pada contoh berikut;

site:https://bisablog.com/submit-url-google

Jika kamu bisa melihat link di hasil pencarian, artinya artikel tersebut sudah terindeks oleh Google dan bisa mulai bersaing dengan artikel lain di keyword yang kamu incar.

Lalu bagaimana jika artikel kita tidak kunjung diindeks oleh Google? Tenang, kamu bisa melakukan beberapa cara submit URL ke Google agar artikel kamu lebih cepat muncul di halaman pencarian Google!

Cara Submit URL Google agar Artikel Lebih Cepat Diindeks

Agar artikel cepat muncul di hasil pencarian Google, kamu bisa menggunakan salah satu cara di bawah ini.

1. Submit URL ke Google AddUrl

Google Add URL adalah layanan gratis dari Google di mana kita bisa mengirimkan permintaan agar URL bisa dirayapi dan diindeks oleh Google. Untuk melakukannya,

  • Masuk ke situs google.co.id/intl/id/add_url
  • Isi kolom URL dengan link yang akan kamu indeks, gunakan alamat lengkap dengan http:// atau https://
  • Jika sudah, klik tombol TAMBAH URL lalu isi Captcha dengan benar
  • Selesai. Sekarang kita hanya perlu menunggu sampai bot Google bekerja agar artikel kita bisa muncul di Google
Gunakan Google AddURL untuk submit URL baru ke mesin pencari
Gunakan Google AddURL untuk submit URL baru ke mesin pencari

2. Submit URL ke Google Search Console

Google Seach Console, sebelumnya bernama Google Webmaster, adalah tools gratis lain dari Google yang bisa digunakan untuk memeriksa performa website kita. Dengan tools ini, kita bisa melihat banyak data yang nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan blog. Selain itu ada banyak tools berguna, seperti tools untuk submit URL.

Untuk melakukannya, pastikan kamu sudah mendaftarkan situs kamu di Google Search Console terlebih dahulu, setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pada tampilan Google Search Console baru, kamu hanya perlu menyalin URL pada kotak isian di dasbor, atau dengan memilih menu URL INSPECTION
  • Setelah itu GSC akan memeriksa apakah link tersebut sudah diindeks atau belum
  • Jika belum, akan ada opsi untuk submit URL ke Google (REQUEST INDEXING). Klik opsi tersebut lalu tunggu proses permintaan hingga selesai

Jika sudah, biasanya tidak butuh waktu lama agar kamu bisa melihat konten yang kamu buat muncul di halaman pencarian Google.

Dan sebagai catatan tambahan, tidak perlu melakukan hal ini berulang-ulang jika konten kamu belum juga muncul, cukup lakukan satu kali saja.

Langkah submit url #1: Login ke GSC lalu masukan URL blog
Langkah #1: Login ke GSC lalu masukan URL blog
Langkah submit url #2: Klik tautan REQUEST INDEXING
LangkAh #2: Klik tautan REQUEST INDEXING
Langkah submit url #3: Setelah selesai, kamu hanya perlu menunggu sampai proses indexing diterima dan dilakukan Google Bot
Langkah #3: Setelah selesai, kamu hanya perlu menunggu sampai proses indexing diterima dan dilakukan Google Bot

3. Ping sitemap blog

Seperti saya bilang sebelumnya, tanpa disuruh pun sebenarnya bot Google akan merayapi konten kita secara berkala. Namun untuk mempercepat prosesnya, kita bisa menggunakan PING sitemap untuk memberitahu bot mesin pencari bahwa ada update terbaru di blog kita.

Salah satu layanan Ping yang cukup populer adalah Pingler dan Ping-O-Matic. Cara pemakaiannya pun sangat mudah karena kita hanya perlu menulis nama blog beserta URL blog dan URL feed saja. Jika sudah, layanan Ping gratis ini akan memberi tahu semua search engine populer agar konten kamu lebih cepat diindeks.

Ping sitemap blog agar konten baru lebih cepat terindeks
Ping sitemap blog agar konten baru lebih cepat terindeks

Selesai sudah tutorial cara submit url Google kali ini, mudah-mudahan panduan ini bisa membantu agar konten terbarumu bisa muncul di Google Search dengan cepat.

Sebagai langkah tambahan, kamu juga bisa posting link artikel di sosial media atau mention di situs-situs besar dan forum. Tidak hanya mempercepat indexing, cara ini juga bisa membuat tulisan kamu menjangkau lebih banyak pembaca. Asik kan kalau tulisan kamu banyak yang baca!

This Post Has One Comment

  1. terimakasih atas masukan nya, isi artikel nya sangat membantu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu