Cara Submit Sitemap Blogger Agar Blog Cepat Diindeks Google

Salah satu pertanyaan yang banyak diajukan blogger pemula adalah bagaimana caranya agar artikel cepat diindeks oleh Google. Kalau kamu juga mau tahu, kamu harus tahu dulu cara submit sitemap blogger ke Google Search Console!

Setelah selesai membuat blog Blogger, kita tentu ingin agar konten tersebut bisa diindeks oleh Google secepat mungkin. Minimal ketika kita mencarinya sendiri, judul artikel dan nama situs kita akan terpampang jelas di hasil pencarian Google.

Dan jika kamu bersaing dengan blog lainnya, memiliki artikel yang sudah terindeks jelas menjadi salah satu poin penting yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Untungnya Google membuat hal ini menjadi mudah dengan adanya Google Search Console (GSC). Cukup submit sitemap Blogger ke GSC, bot mesin pencari Google pun akan bekerja dengan sendirinya dan merayapi serta mengindeks semua konten yang kita buat.

Penjelasan Singkat Apa Itu Sitemap

Seperti namanya, sitemap adalah peta situs yang bisa membantu bot untuk mengindeks semua konten blog kamu dengan mudah. Secara teknis, sitemap adalah file XML yang berisi daftar konten blog lengkap dengan isi , link, kategori, tanggal publikasi, dll.

Sitemap sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu XML Sitemap dan HTML Sitemap.

Yang kita butuhkan untuk submit sitemap Blogger ke Google Search Console adalah XML Sitemap. Sedangkan HTML Sitemap lebih ditujukan kepada pengunjung yang ingin melihat daftar semua postingan kamu dengan mudah.

Satu perbedaan lainnya, XML Sitemap sudah secara otomatis dibuat oleh Blogger. Kamu bisa mengaksesnya di link berikut ini.

https://bisablogdemo.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

atau jika kamu hanya ingin melihat linknya saja,

https://bisablogdemo.blogspot.com/sitemap.xml

Sedangkan untuk HTML Sitemap harus dibuat secara manual. Jika kamu ingin membuatnya, kamu bisa melihat dua tutorial berikut ini.

Cara Submit Sitemap Blogger agar Blog Cepat Diindeks Google

Sebelum mensubmit sitemap xml Blogger, pastikan kamu sudah terdaftar di Google Search Console dulu yah!

Untuk daftar Google Search Console, atau Google Webmaster Tools, kita hanya perlu akun Google saja. Jika kamu memiliki blog Blogger, proses pendaftaran akan menjadi lebih mudah karena GSC bisa secara otomatis mendeteksi blog Blogger yang kamu punya.

Sedangkan untuk proses verifikasi Blogger, cara yang paling mudah adalah menggunakan kode HTML yang bisa kamu salin di template setelah tag <head>.

1. Cara Submit XML Sitemap Blogger (Untuk Postingan)

Setelah terdaftar di Google Search Console, kamu hanya perlu login ke dasbor GSC lalu cari menu SITEMAP.

Pilih menu sitemap di Google Search Console
Pilih menu sitemap di Google Search Console

Setelah itu masukan link ke file sitemap pada kotak isian yang tersedia, seperti yang telah saya sebutkan di atas. (ganti nama website di bawah dengan nama blog kamu sendiri)

https://bisablogdemo.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Submit link sitemap di kotak isian yang ada di menu SITEMAP
Submit link sitemap di kotak isian yang ada di menu SITEMAP

Sebagai catatan, sitemap di atas berlaku hanya untuk 500 postingan pertama kamu saja. Jika kamu memiliki lebih banyak postingan, tambahkan lagi sitemap untuk postingan selanjutnya, seperti pada contoh di bawah ini.

https://bisablogdemo.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

Jika sudah, akan ada pesan bahwa sitemap sudah berhasil disubmit. Sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai bot mesin pencari merayapi dan mengindeks link yang ada di sitemap tersebut.

2. Cara Submit Sitemap Blogger (Untuk Halaman)

Secara default, hal ini mungkin tidak perlu kita lakukan karena biasanya kalau sudah submit XML Sitemap, bot Google nantinya akan merayapi halaman dengan sendirinya.

Namun jika kamu memiliki halaman yang ingin kamu indeks secepatnya, Blogger juga sudah menyiapkan sitemap khusus halaman secara otomatis.

Untuk melakukannya, silahkan ulangi langkah di atas. Saat akan memasukan link sitemap, gunakan format berikut ini. (ganti nama website dengan nama blog kamu sendiri)

https://bisablogdemo.blogspot.com/sitemap-pages.xml

Setelah selesai, klik tombol SUBMIT dan tidak sampai 1×24 jam biasaya kamu sudah bisa melihat halaman yang sudah terindeks di halaman pencarian Google.

Penutup

Secara default, Google akan merayapi dan mengindeks situs kita meski kita tidak submit sitemap Blogger di Google Search Console. Sayang, prosesnya bisa cukup memakan waktu.

Untuk mempercepatnya, cara terbaik agar blog cepat diindeks adalah dengan submit sitemap Blogger ke Google Seach Console.

Cukup submit sitemap XML Blogger satu kali saja, GSC akan secara otomatis merayapi situs kita secara berkala untuk melihat apakah ada konten baru yang ditambahkan atau tidak.

Jika kamu ingin artikel baru lebih cepat diindeks Google, kamu mungkin tertarik dengan cara submit URL mengunakan teknik yang berbeda.

This Post Has 2 Comments

  1. Sekarang enak ya submit sitemapnya lebih mudah trus tampilannya makin menarik. Btw apa bedanya ya mas sitemap-pages.xml sma sitemap.xml? Soalnya semua blog WP saya cuman pake sitemap.xml

    1. Di WP memang standarnya /sitemap.xml saja. Kalau pakai Yoast biasanya di situ dipisah-pisah antara postingan, halaman, sama attachment/media. Kalau di blogger, indeks halaman terpisah di sitemap-pages.xml. Berdasarkan pengelaman, biasanya sih ini tidak perlu disubmit karena secara otomatis keindeks kecuali kita blok untuk tidak mengindeks halaman Blogger.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu