3 Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri HP Android

Ini adalah tutorial singkat bagaimana cara menyimpan gambar dari Google ke galeri hp Android. Tidak perlu instal aplikasi lain lagi, gambar yang kamu simpan bisa langsung digunakan atau diolah terlebih dahulu menggunakan aplikasi edit foto Android.

Cara Menyimpan Foto dari Google di HP Android

1. Melalui Google Search Bar

Secara default, hp Android keluran terbaru biasanya memiliki widget Google Search Bar yang sudah terpasang secara otomatis pada beranda ponsel. Widget ini dapat dengan mudah dikenali dengan bentuknya yang memanjang dengan logo Google.

cara menyimpan foto dari Google melalui Google Search Bar
Contoh Google Search Bar pada beranda Android

Dengan Google Search Bar, kita bisa mencari aplikasi dan mengakses browser dengan mudah. Untuk menyimpan foto dari Google dengan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik Google Search Bar pada layar lalu masukan kata kunci yang ingin kamu cari
  • Saat hasil pencarian muncul, pilih menu tab GAMBAR atau IMAGES
  • Klik gambar/foto yang kamu inginkan dari hasil pencarian
  • Setelah itu akan muncul thumbnail. Klik dan tahan gambar tersebut selama beberapa waktu
  • Sekarang kamu bisa melihat kotak dialog dengan beberapa opsi seperti DOWNLOAD IMAGE atau SHARE IMAGE. Klik menu DOWNLOAD IMAGE untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri hp
  • Jika sudah, kamu bisa melihat foto/gambar pada galeri hp
pilih menu tab IMAGES untuk melihat hasil pencarian Google berupa gambar
Pilih menu Images
cara menyimpan gambar dari google ke galeri hp android
Klik opsi Download Image

2. Melalui Browser

Selain melalui Google Search Bar, kita juga bisa menyimpan foto dari Google melalui browser seperti Opera, Chrome, Firefox, atau browser bawaan hape Android kamu. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

  • Buka aplikasi browser Android
  • Buka situs Google.com
  • Pada kolom pencarian, masukan kata kunci yang kamu cari
  • Pada halaman hasil pencarian, klik gambar/foto yang kamu inginkan
  • Setelah thumbnail gambar tersebut muncul, klik dan tahan gambar selama beberapa saat
  • Akan muncul kotak dialog dengan beberapa opsi. Pilih menu DOWNLOAD GAMBAR atau DOWNLOAD IMAGE untuk menyimpan foto dari Google
  • Setelah berhasil, kamu bisa melihat gambar/foto pada galeri smartphone

Pada banyak kasus, kedua cara yang saya sebutkan sebelumnya seringkali hanya bisa digunakan untuk menyimpan thumbnail gambar yang kamu pilih saja. Jika gambar yang kamu simpan ternyata memiliki resolusi yang rendah, coba klik link asli gambar tersebut lalu ambil dari sumbernya langsung.

Untuk melakukannya, caranya sama seperti di atas. Klik lalu tahan gambar yang akan kamu simpan, lalu pilih menu DOWNLOAD IMAGE.

3. Menggunakan Screenshot

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa website penyedia gambar yang memproteksi gambar agar tidak bisa sembarangan diambil orang lain.

Saya sendiri tidak menyarankan kamu untuk mengambil gambar semacam ini. Namun jika kamu ingin menjadikannya sebagai referensi, kamu bisa menyimpan gambar tersebut dengan aplikasi tangkap layar (screenshot). Bagi para peternak blog, cara ini malah menjadi favorit karena meta data pada foto/gambar tidak akan ikut terambil juga.

Untuk mengambil screenshot, kebanyakan hp Android terbaru sudah menyediakan fitur ini sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Untuk caranya mungkin bisa kamu googling sendiri berdasarkan perangkat yang kamu gunakan.

Jika kita menggunakan cara ini, gambar yang diambil biasanya berupa cuplikan penuh layar hape kita. Untuk memotongnya agar kita bisa memakai gambar yang kita butuhkan saja, kamu perlu mengolah gambar tersebut memakai aplikasi edit foto seperti Pixlr, Picsart, atau Adobe Photoshop Express

Mudah Bukan Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri HP Android Kamu?

Dengan segala kecanggihannya, Google tidak hanya bisa digunakan untuk mencari artikel saja, tapi juga untuk mencari gambar, video, peta, hingga tempat belanja online.

Nah, buat kamu yang sering mencari inspirasi gambar untuk blog, Google Images mungkin menjadi tempat pertama yang kamu tuju. Dengan banyaknya pilihan foto dan gambar pada hasil pencarian Google, kita hanya perlu mencari satu yang sesuai degnan kebutuhan kita. Jika kamu menggunakan hape Android, ada berbagai cara menyimpan foto dari Google yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Meski begitu, jangan sampai salah pilih gambar yah! Pilihlah gambar yang tidak memiliki hak cipta agar kamu bisa memakainya atau memodifikasinya dengan leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like