Cara Menonaktifkan Tombol Back di Blogger dan WordPress

Tombol Back adalah tombol dengan ikon tanda panah ke kiri yang bisa kamu temui pada semua browser. Fungsi dari tombol Back ini adalah untuk memudahkan pengunjung kembali ke halaman yang sebelumnya mereka buka.

Dengan begitu mereka tidak perlu mengingat lagi URL halaman sebelumnya. Tombol Back pun bisa terus ditekan sampai kamu kembali ke website yang pertama kali kamu buka di tab tersebut.

Lalu Kenapa Ada Bloger yang Mematikan Tombol Back di Blog Mereka?

Jika kamu pernah berkunjung ke beberapa blog, memang ada bloger yang dengan sengaja mematikan tombol Back pada blog mereka.

Saat diklik, tombol Back tidak akan berfungsi. Pada beberapa kasus, tombol Back malah akan membuat pengunjung diarahkan ke halaman depan blog yang mereka baca.

Lalu apa tujuannya?

Simpel saja. Untuk membuat pengunjung berada di website kamu lebih lama dan mengurangi nilai bounce rate.

Pengunjung yang tidak bisa menekan tombol Back cenderung untuk menekan link yang bisa membawa mereka ke halaman lainnya. Jadi mematikan tombol Back bisa membuat mereka berada di situs kamu.

Hal ini pun secara tidak langsung akan berpengaruh pada nilai bounce rate blog kamu. Karena pengunjung tidak langsung pergi setelah membaca satu artikel saja, maka mematikan tombol Back bisa membuat nilai bounce rate menjadi rendah.

Apakah cara ini aman?

Jujur saya tidak pernah mencobanya lama-lama. Namun dari beberapa yang sudah pernah mencobanya, hal ini memang akan menurunkan nilai bounce rate seta meningkatkan pageviews blog mereka.

Lalu apakah script ini aman untuk blog dan Adsense?

Secara logika iya, karena kita tidak melakukan hal apapun yang bisa memodifikasi kode Adsense secara langsung. Selain itu ada plugin WordPress yang menawarkan fungsi ini. Mungkin bukan indikator yang tepat, tapi rasanya bisa memberi gambaran seberapa aman cara ini.

Apakah ada efek sampingnya jika kita mematikan tombol Back?

Kalaupun ada poin negatif, disable tombol Back seperti ini mungkin akan membuat beberapa pengujung menjadi kesal.

Jika mereka merasa mendapatkan user experience yang buruk, mungkin kamu akan kesulitan untuk membujuk pengunjung tersebut kembali lagi. (Kecuali kamu bisa menawarkan apa yang tidak ada di blog lainnya!)

Cara Mematikan Tombol Back di Blogger dan WordPress dengan JavaScript

Untuk menonaktifkan tombol Back, kita hanya perlu memakai kode Javascript saja.

Meski tidak bisa menekan tombol Back, pengujung tetap bisa meninggalkan blog kita dengan cara menutup tab, membuka tab baru, atau menulis alamat website lain pada address bar.

1. Cara menonaktifkan tombol Back di Blogger dengan kode Javascript

Jika kamu memakai tampilan Blogger yang baru, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Login ke Blogger
  • Masuk ke menu TEMA
  • KLik tombol titik tiga di area kanan atas lalu pilih menu EDIT HTML
  • Klik shortcut CTRL+F lalu cari tag </head>
  • Salin kode berikut ini tepat di atas tag </head> tersebut
<script type = "text/javascript" > history.pushState(null, null); window.addEventListener('popstate', function(event) { history.pushState(null, null); }); </script>

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan kode di bawah ini untuk mengarahkan tombol Back ke halaman depan

<script language='Javascript'>(function(window, location) {history.replaceState(null, document.title, location.pathname+"#!/history");history.pushState(null, document.title, location.pathname);window.addEventListener("popstate", function() {if(location.hash === "#!/history") {history.replaceState(null, document.title, location.pathname);setTimeout(function(){location.replace("https://bisablog.com/");},0);}}, false);}(window, location));</script>

Jangan lupa untuk mengganti link blog Bisablog di atas dengan URL blog kamu sendiri.

2. Cara menonaktifkan tombol Back di WordPress dengan kode Javascript

Jika kamu memiliki blog WordPress, kode yang akan digunakan sama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Login ke dasbor WordPress
  • Masuk ke menu THEME ► THEME EDITOR
  • Cari file header.php di kolom bagian kanan
  • Cari tag </head> lalu salin kode Javascript di atas

Jika kamu tidak mau repot mengutak-atik tema WordPress, kamu bisa memasang plugin untuk memasang kode pada header atau footer WordPress. Dengan plugin ini, kamu juga tidak akan kehilangan kode hasil modifikasi kamu di WordPress. Tinggal pasang plugin Insert Header and Footer, lalu salin kode Javascript di atas pada menu yang disediakan plugin tersebut.

3. Cara menonaktifkan tombol Back di WordPress dengan plugin

Ini hanya sebagai media belajar saja yah! saya sendiri menyarankan untuk tidak menginstalnya.

Pada WordPress, pernah ada plugin bernama Disable Back Button. Dengan plugin ini, kita bisa mematikan tombol Back pada browser pengunjung. Selain itu, kita bisa menonaktifkannya pada pemilik situs.

Sayangnya plugin ini hanya teruji sampai versi 4.9 saja dan kini berstatus discontinued. Namun kamu masih bisa menemukan plugin ini di halaman ini. Saat dicoba di localhost, plugin ini masih bekerja dengan baik. Namun saya tetap tidak menyarankan untuk memasang plugin ini di website kamu yang asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like