3 Cara Mengubah Username WordPress

Username dan password adalah dua hal yang diperlukan untuk mengakses situs WordPress. Meski password bisa kamu ganti sesuka hati, tidak mudah untuk mengganti username. Pada artikel kali ini kita akan melihat cara mengubah username pada WordPress dengan tiga cara yang berbeda.

Setiap user yang memiliki/mengelola situs WordPress diberikan satu username dan password tertentu agar mereka bisa login.

Semua data yang berhubungan dengan user tersebut dapat dengan mudah kamu lihat pada menu Users » Your Profile.

Di sini kamu bisa mengatur sendiri informasi seperti nama, info kontak, gambar profil, hingga keterangan singkat mengenai user tersebut.

Beberapa plugin bahkan menambahkan opsi mereka sendiri agar user tersebut dapat dengan mudah terintegrasi dengan plugin tersebut. Sebut saja Yoast SEO yang akan menambahkan opsi meta description untuk masing-masing user.

Meski semua data-data tersebut dapat kamu ubah dengan mudah, tidak halnya dengan username yang kamu gunakan.

Sekali dibuat, nama username akan selalu melekat dan secara default tidak akan bisa diganti.

Tapi tenang! ada beberapa tips dan trik untuk mengganti username yang kamu pakai kok.

Cara Mengganti Username WordPress

Pada artikel ini, saya akan menunjukan tiga cara untuk mengubah username pada WordPress. Kamu bisa memilih salah satu yang paling cocok denganmu.

1. Mengganti username WordPress dengan plugin

Ini adalah cara termudah bila kamu ingin mengubah username pada WordPress. Salah satu plugin yang cukup populer adalah Username Changer buatan Daniel J Griffiths.

Cukup pasang dan aktifkan plugin Username Changer lalu masuk ke menu Users » Your Profile. Dengan plugin ini, akan ada opsi baru untuk mengubah username yang bisa kamu lihat tepat di sebelah nama username kamu.

Klik tautan Change Username lalu ganti dengan nama yang kamu inginkan. Setelah selesai disimpan, kamu akan logout dari dasbor WordPress dan bisa login dengan username kamu yang baru.

Meski tampak sederhana, plugin ini juga memiliki menu pengaturan bila kamu ingin melakukan beberapa hal seperti:

  • Menentukan siapa saja yang bisa mengubah username (Secara default hanya administrator saja yang bisa melakukannya).
  • Menentukan batas minimum karakter username yang diperbolehkan.
  • Email berisi notifikasi perubahan username.

Semua opsi tersebut dapat kamu lihat pada menu Settings » Username Changer.

2. Mengganti Username WordPress melalui database MySQL

Bila kamu cukup familiar dengan phpMyAdmin atau database MySQL, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah nama username pada WordPress.

Langkah #1: Masuk ke cPanel dan pilih menu phpMyAdmin.

Langkah #2: Pilih database yang kamu gunakan dan cari tabel wp_users. Ingat! setiap database memiliki prefix yang berbeda-beda, jadi tabel yang kamu cari bisa bernama wp6r_users atau wptc_users, cari saja yang berakhiran _users.

Langkah #3: Setelah masuk ke tabel wp_users, kamu bisa melihat semua nama user yang terdaftar. Pilih username yang akan kamu ubah dan klik tombol edit.

Langkah #4: Cari kolom user_login dan ganti username dengan nama yang kamu inginkan. Setelah selesai, simpan.

Langkah #5: Bila berhasil, akan ada konfirmasi bahwa username telah berhasil diubah. Sekarang kamu sudah bisa login dengan username kamu yang baru.

3. Mengganti Username WordPress melalui Dasbor Admin

Cara yang satu ini akan cocok bila kamu ingin mentransfer akun blog kamu ke orang lain.

Berbeda dengan cara kedua, kali ini kita akan membuat username baru lalu menghapus username yang lama. Semua konten yang dibuat atau diunggah oleh username yang lama juga akan kita pindahkan ke username yang baru.

Langkah #1: Login ke dasbor admin dan pilih menu Users » Add New.

Langkah #2: Isi data-data user baru tersebut dan ingat untuk mengubah peranannya (role) menjadi administrator. Setelah selesai, simpan.

Langkah #3: Logout dari dasbor admin dan login dengan akun baru yang sudah kamu buat.

Langkah #4: Masuk kembali ke menu Users lalu layangkan kursor kamu di atas username yang akan kamu hapus lalu pilih opsi Delete.

Langkah #5: Akan ada popup konfirmasi bahwa kamu akan menghapus salah satu username. Di sini juga ada opsi untuk menghapus konten atau memindahkannya ke user yang lain. Pilih Attribute all content to: dan pindahkan konten ke username yang baru. Setelah itu klik tombol Confirm Deletion.

Penutup

Bagaimana? Mudah bukan? Mengganti username akan sangat berguna pada beberapa situasi tertentu, misalnya saja,

  • Mengganti username dengan nama lain yang lebih aman. Hal ini penting bila kamu masih memiliki nama default admin sebagai username kamu. Cara ini juga bisa kamu lakukan bila akun kamu pernah dihack.
  • Kamu ingin memindahkan akun kamu ke orang lain.
  • Mengganti username dengan nama lain yang lebih sesuai dengan brand yang kamu kelola.

Apapun alasannya, sekarang kamu sudah tahu betapa mudahnya mengganti nama username kan?

Bila kamu memiliki pertanyaan seputar cara mengubah username pada WordPress, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini yah!
Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.