Cara Mengganti Lirik pada Plugin Hello Dolly

Plugin Hello Dolly adalah plugin sederhana yang selalu hadir pada setiap instalasi default WordPress. Meski banyak yang menganjurkan untuk menghapusnya, kamu bisa lho mengubah lirik Hello Dolly pada plugin tersebut dengan kata-kata kamu sendiri.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas panjang lebar mengenai apa itu plugin Hello Dolly dan kenapa plugin sederhana ini menjadi plugin default WordPress.

Meski dibuat oleh pendiri WordPress, banyak yang protes dengan kehadiran plugin yang tidak memiliki fungsi lain selain menampilkan lirik lagu Hello Dolly milik Louis Armstrong ini.

Berdasarkan polling yang dilakukan oleh wpcontent.co.uk, 98% followers mereka menyetujui bahwa menghapus plugin Hello Dolly adalah hal penting yang harus kamu lakukan setelah kamu menginstall WordPress.

Hasil polling wpcontent.co.uk mengenai plugin Hello Dolly dan Akismet
Menghapus plugin Hello Dolly adalah hal yang umum dilakukan pengguna WordPress (sumber: wpcontent.co.uk)

Namun bila kamu menghargai alasan sentimentil dibalik plugin ini, kamu bisa lho mengganti teksnya dengan kata-kata kamu sendiri.

Mengganti Teks Lirik pada Plugin Hello Dolly

Plugin Hello Dolly sangat sederhana bila dibandingkan dengan plugin lain dan hanya memiliki satu file saja, hello.php.

Namun pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas secara mendalam mengenai cara kerja plugin ini. Kita hanya akan mengganti teks yang muncul pada dasbor admin dengan kata-kata kita sendiri.

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah memasang plugin Hello Dolly terlebih dulu yah!

Langkah #1: Masuk ke dasbor admin.

Langkah #2: Masuk ke menu PLUGIN » PENYUNTING.

Langkah #3: Akan ada peringatan agar kamu berhati-hati sebelum mengedit plugin. WordPress sendiri menyarankan kita untuk membuat salinan file yang akan diubah agar kita bisa melakukan restorasi dengan mudah bila terjadi kesalahan.

Saya sendiri merasa hal itu tidak perlu jadi kamu bisa hiraukan imbauan ini. Namun tetap hati-hati saat mengganti kode plugin ini nantinya.

Peringatan dari WordPress agar kamu berhati-hati saat mengedit plugin
Peringatan dari WordPress agar kamu berhati-hati saat mengedit plugin.

Langkah #4: Lihat pada bagian kanan atas dan pilih plugin Hello Dolly pada menu dropdown.

Setelah itu kamu bisa melihat dua file yang digunakan oleh plugin ini, yaitu hello.php dan readme.txt. Untuk mengganti lirik plugin Hello Dolly, kita akan memilih file yang pertama.

Memilih plugin yang akan dimodifikasi
Memilih plugin yang akan dimodifikasi.

Langkah #5: Hapus lirik Hello Dolly. Baris pertama lirik ini dimulai setelah $lyrics=" hingga selesai. Ingat untuk tidak menghapus tanda petik pada lirik lagu tersebut.

Menghapus lirik Hello Dolly.
Menghapus lirik Hello Dolly.

Langkah #6: Setelah terhapus, kode kamu akan tampak seperti berikut, $lyrics="";.

Langkah #7:  Siapkan kata-kata yang ingin kamu pakai dan tulis dalam baris yang terpisah. Jumlah kalimat yang bisa kamu masukan tidak ada batasnya. Kamu bisa memasukan hanya satu kalimat saja atau ribuan kata bila kamu mau.

Kode pada plugin ini nantinya akan menghitung jumlah baris yang ada dan mencari nilai random menggunakan jumlah baris tersebut.

Setelah selesai, masukan kalimat baru ke dalam file hello.php di tempat kita menghapus lirik Hello Dolly tadi.

Langkah #8: Simpan dan lihat perubahannya pada dasbor admin WordPress kamu.

Contoh lirik plugin Hello Dolly pada dasbor admin yang sudah diubah.
Contoh lirik plugin Hello Dolly pada dasbor admin yang sudah diubah.

Penutup

Satu catatan penting bila kamu melakukan hal ini adalah adanya potensi untuk kehilangan hasil kerja kamu bila kamu mengupdate plugin ini. Sayangnya tidak seperti metode child theme, saya belum menemukan cara untuk tetap menyimpan hasil modifikasi yang kita lakukan pada sebuah plugin.

Namun saya kira kamu bisa menyimpan teks kamu sendiri dan melakukan modifikasi ulang bila plugin Hello Dolly terupdate, lagipula caranya mudah kan!

Apakah kamu berhasil mengubah lirik pada plugin Hello Dolly? Kalau iya, jangan segan untuk menunjukan hasil karya kamu pada komentar di bawah ini yah!
Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.