6 Cara Mengubah Font Android (Root & Tanpa Root)

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan HP Android, salah satunya adalah kustomisasi atau mengganti font dan gaya tulisan. Jika kamu sudah root HP Android, maka ada lebih banyak cara mengubah font Android yang bisa kamu lakukan untuk mengubah gaya tulisan sesukamu.

Namun jangan khawatir, pengguna Android yang tidak atau belum di-root juga bisa mengubah gaya tulisan di Android mereka. Jadi sekarang ucapkan selamat tingga pada font membosankan dan selamat datang font yang lebih estetik dan variatif.

Cara Mengubah Font di Android Tanpa Root

1. Setting Android

Sekali lagi, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa gonta-ganti font karena smartphone tidak di-root, karena sekarang kamu bisa menggantinya melalui menu setelan di Android.

Beberapa pabrikan Android memang menyediakan beberapa font yang bisa kamu pilih sesuka hati. Sayangnya opsi semacam ini hanya tersedia pada hp terbaru dan hanya pada beberapa merek tertentu saja seperti HTC, LG, OnePlus, atau Samsung.

Ketersediaan dan jenis font bisa berbeda-beda tergantung pabrikannya, namun intinya pustaka dan jenis font tersebut bisa kamu lihat di settings. Untuk mengganti font di Android tanpa root melalui settings, caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama buka “Settings” di smartphone
  • Selanjutnya pilih “Display”
  • Untuk mengganti font tulisan di Android, kamu bisa klik “Font Style”
  • Sekarang pilih jenis font yang kamu inginkan, untuk menerapkannya, kamu bisa klik “Apply”
  • Setelah melakukan perubahan, font dapat langsung digunakan seketika tanpa perlu restart hp dulu.
cara mengubah font di hp samsung tanpa root

2. Aplikasi Launcher

Cara mengubah font di Android tanpa harus root berikutnya adalah menggunakan launcher yang bisa kamu download di Google Play. Salah satu launcher yang direkomendasikan adalah yang menyediakan opsi untuk menggunakan custom font adalah Smart Launcher 5. Tidak hanya gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan dan menyediakan banyak pilihan gaya tulisan.

Berikut adalah cara mengubah font Android tanpa root menggunakan aplikasi Smart launcher 5:

  • Terlebih dahulu download “Smart Launcher 5” dari Google Play
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu pengaturan
  • Masuk ke menu Global Appearance ► Font
  • Simpan

Perlu diketahui bahwa mengganti font dengan aplikasi seperti Smart Launcher 5 hanya akan mengubah tampilan font pada aplikasi tersebut saja. Sebagai contoh, tampilan font saat membuka WhatsApp atau SMS akan tetap menggunakan font default. Namun menggunakan aplikasi semacam ini tetap menjadi opsi yang lebih baik, terutama jika kamu tidak memiliki menu pengaturan bawaan untuk mengubah font dan belum me-root hp.

Selain Smart Launcher 5, beberapa aplikasi serupa yang punya fitur custom font adalah XOS Launcher serta HiOS Launcher.

3. Custom Keyboard

Jika kamu hanya ingin mengganti teks di WhatsApp atau Instagram dengan huruf keren tanpa ingin mengubah semua font di hp Android, kamu bisa coba aplikasi custom keyboard.

Aplikasi ini nantinya akan menggantikan keyboard default hp kamu dan bisa digunakan seperti menggunakan keyboard biasa. Bedanya akan ada lebih banyak pilihan font yang bisa dipilih. Selain itu ada lebih banyak emoji yang bisa kamu gunakan dalam percakapan.

aplikasi fancy keyboard untuk menggunakan custom font di Android

Saat ini ada banyak aplikasi semacam ini, salah satunya adalah Fancy Keyboard yang sudah diinstall oleh lebih dari 10 juta pengguna. Selain itu ukurannya juga tidak terlalu besar dan tidak akan memberatkan hp kamu.

Cara Mengubah Font Android dengan Root

Meski terlihat sepele, mengganti font sistem tidak bisa dilakukan sembarangan di Android. Karena itulah kita perlu melakukan rooting terlebih dahulu agar ponsel Android dapat dimodifikasi.

Untuk melakukannya, kamu bisa mencari referensi lengkap di forum XDA Developer. Jika sudah, kamu bisa mengubah font Android dengan salah satu aplikasi berikut ini.

4. Menggunakan Aplikasi iFont

Cara mengubah gaya tulisan di Android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi iFont. Aplikasi ini menyediakan ratusan jenis font yang berbeda-beda dan bisa kamu terapkan langsung di HP tanpa ribet.

Penasaran ingin menggunakan iFont? Jika iya, kamu bisa download aplikasinya di Google Play secara gratis. Berikut tutorial selengkapnya menambahkan font di Android menggunakan iFont :

  • Pertama download iFont
  • Jika sudah terpasang di Android, buka iFont dan scroll untuk memilih font yang ingin kamu terapkan
  • Setelah menemukan font yang kamu sukai, klik font tersebut lalu pilih “Download” untuk menambahkannya ke Android
  • Setelah berhasil didownload, klik “Set” untuk menerapkannya ke Android
  • Selesai, kamu bisa menerapkan cara yang sama jika ingin menggantinya dengan font lain

5. Menggunakan Aplikasi HiFont

Cara mengubah font online di Android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi HiFont. Sama seperti Smart Launcher 5 dan iFont, aplikasi ini bisa kamu download gratis dari Google Play.

Melalui HiFont ini, kamu bebas memilih dan menerapkan font favorit ke Android dengan mudah. Jika tidak puas dan bosan dengan font tertentu, kamu bisa menghapusnya dan download font lain yang lebih menarik. Dengan banyaknya pilihan font di aplikasi ini, tampilan Android kamu bahkan bisa mirip iPhone juga lho!

Berikut cara mengubah font menggunakan aplikasi HiFont :

  • Pertama download HiFont dari Google Play (jika belum memasangnya)
  • Setelah didownload, buka aplikasinya lalu pilih font yang ingin kamu terapkan di HP Android
  • Setelah menemukan font yang menarik, kamu bisa klik font tersebut lalu pilih “Download”
  • Selanjutnya tunggu proses download hingga selesai, jika sudah kamu bisa klik “Use” untuk menerapkannya
  • Setelahnya kamu akan diarahkan untuk mendownload Swift Launcher-Custom Font, langsung saja klik “Install”
  • Jika sudah, buka aplikasi HiFont, lalu pilih font yang baru saja kamu download
  • Selanjutnya kamu bisa memilih “Use”
  • Setelah itu, pilihlah “Change Swifts Fonts”
  • Selesai, sekarang kamu bisa mengganti font bawaan Android dengan font yang lebih menarik dari aplikasi HiFont

6. Menggunakan PerAppFonts

PerAppFont dapat mengubah font di android dengan root terlebih dahulu

Sesuai dengan namanya, PerAppFonts adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengganti font pada masing-masing aplikasi secara terpisah. Jadi jika kamu hanya ingin mengubah font WA, Youtube, atau instagram agar berbeda dengan font utama, maka aplikasi ini bisa jadi pertimbangan.

Sayangnya butuh sedikit pengetahuan teknis untuk menggunakannya. Selain itu kita harus memasang Xposed Framework terlebih dahulu agar aplikasi tersebut bisa digunakan. Namun font yang bisa digunakan tidak terbatas karena kita bisa menambahkan font sendiri melalui SD Card.

Aplikasi ini sendiri tidak dapat kamu temukan di Google Play Store. Untuk mendapatkannya, kamu bisa download PerAppFonts melalui forum XDA Developer.


Ada banyak cara untuk mengganti tampilan huruf di Android. Jika kamu memiliki hp keluaran terbaru dari Samsung atau HTC, ada menu pengaturan bawaan yang bisa mempermudah hal tersebut.

Namun jika kamu menggunakan ponsel merek lain seperti Oppo, Xiaomi, atau Realme, ada banyak cara alternatif baik dengan root maupun tanpa root hp terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like