Cara Menghilangkan Background Kuning pada Iklan Adsense

Bingung melihat adanya background kuning pada iklan Adsense yang kamu pasang? Tenang! Untuk menghilangkan background kuning pada iklan Adsense, kita hanya perlu menggunakan satu baris kode CSS saja!

Baru-baru ini saya mengalami hal yang tidak biasa. Iklan Adsense yang saya pasang pada salah satu blog saya memiliki background berwarna kuning. Padahal di blog lain (seperti blog ini), hal ini tidak pernah terjadi.

Kenapa background Adsense bisa berwarna kuning?

Usut punya usut, warna background yang cukup mencolok pada iklan Adsense tersebut terjadi karena dimensi space iklan yang tidak sesuai dengan ukuran iklan yang ditampilkan.

Hal ini biasanya terjadi pada iklan responsif di mana Adsense menampilkan iklan yang dimensinya lebih kecil dibanding ukuran space yang kita sediakan untuk iklan.

Contoh iklan adsense dengan background (latar belakang) berwarna kuning
Contoh iklan adsense dengan background kuning.

Warna kuning itu sendiri muncul bukan dari Adsense atau plugin yang kamu pakai untuk menampilkan iklan Adsense. Warna itu justru muncul dari tema di mana secara default WordPress akan memakai warna background kuning pada tag <ins>.

Tag ini sendiri cukup jarang dipakai sehingga wajar bila beberapa developer memakai warna default yang akhirnya malah membuat iklan Adsense memiliki latar belakang berwarna kuning.

Apakah hal ini akan berpengaruh apapun pada penghasilan melalui iklan Adsense tersebut?

Tidak! nilai CPC atau CPM iklan tersebut tetap sama.

Namun secara estetika, memiliki sebuah elemen yang memiliki tampilan yang berbeda dengan tema yang kita pakai akan sangat mengganggu. Apalagi hal ini terjadi pada iklan yang kita pasang.

Google Adsense sendiri memiliki menu pengaturan untuk mengubah tampilan iklan seperti mengubah warna background hingga warna link pada teks. Semua hal ini ada agar iklan yang ditampilkan bisa sesuai dengan tema yang kita gunakan.

Dengan begitu, pembaca akan melihat iklan Adsense sebagai bagian dari artikel kita dan hal ini bisa saja memperbesar peluang agar pembaca mau mengklik iklan yang kita pasang.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan warna kuning pada iklan Adsense?

Untuk mengatasinya, kita bisa mengubah warna kuning tersebut menjadi warna lain yang sesuai tema kamu atau mengubahnya menjadi transparan.

Caranya? Pada WordPress, masuk ke dasbor admin dan akses menu TAMPILAN » SESUAIKAN, lalu cari opsi CSS TAMBAHAN.

Setelah itu, masukan kode CSS berikut ini,

ins.adsbygoogle {background: transparent !important; }

Pada kode di atas, kita akan mengubah warna background tag <ins> yang khusus dipakai oleh elemen dengan class = "adsbygoogle" menjadi warna transparan. !important sendiri kita pakai untuk memaksa perubahan pada latar belakang tag <ins> yang akan kita ubah.

Bila sudah selesai, simpan dan lihat hasilnya.

Btw, dari beberapa sumber yang saya baca, hal ini ternyata banyak dialami oleh pengguna WordPress dibanding pengguna Blogger (But hey, kalau kamu juga memiliki masalah ini di Blogger kasih tahu saya yah!).
Pos Terkait:

4 thoughts on “Cara Menghilangkan Background Kuning pada Iklan Adsense”

  1. Hi mas bro.
    terimakasih sekali, saya sangat terbantu dengan adanya tulisan ini, karena blog saya juga mengalami hal demikian. sekali lagi terimakasih sekali. salam tukang nge blog.

  2. Salam hangat Bro Syafiq…
    Informasi yang sangat bermanfaat… beruntung saya tidak pernah mengalaminya…

    Btw, boleh tau nama blog lainnya… saya pingin jalan-jalan 🙂

    1. Syafiq Salman

      Hi mas Mentik, terima kasih sudah berkomentar.

      Blog lainnya, hmm, kasih tau gak yah 🙂 Soalnya nichenya sangat bertolak belakang dengan blog ini. Tapi kadang-kadang suka muncul screenshotnya di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.