7+ Cara Menghasilkan Uang dari Blog WordPress.com

Bingung cara monetasi blog WordPress.com? Tidak melulu lewat iklan, ada banyak cara menghasilkan uang dari blog WordPress.com yang bisa kamu coba lho!

Meski sama-sama gratis, popularitas blog WordPress.com di Indonesia rasanya masih kalah oleh Blogger. Salah satu penyebabnya adalah masalah monetasi di mana ada anggapan lebih sulit untuk menghasilkan uang dari blog gratisan WordPress.com.

Hal ini rasanya cukup wajar mengingat Adsenselah yang menjadi cara monetasi yang lazim diincar.

Beda dengan Blogger yang bisa dipasangkan dengan Adsense tanpa ada biaya tambahan, untuk menggunakan Adsense di WordPress.com kita harus upgrade ke akun Business dulu. Dan harganya tidaklah murah.

Untungnya masih ada banyak cara menghasilkan uang dari blog WordPress.com selain Adsense. Jadi jangan ragu jika kamu ingin menggunakan platform blog gratis ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog WordPress Gratisan

1. Menjual Produk Fisik/Digital

Sama seperti pada umumnya, kita bisa memanfaatkan blog untuk mempromosikan produk apa saja mulai dari produk fisik seperti kerajinan tangan atau buku, hingga produk digital seperti ebook atau kursus.

Hanya saja pada versi gratis kita tidak bisa memasang plugin seperti WooCommerce yang bisa membantu membuat toko online dengan mudah. Jadi jika ingin menghasilkan uang dengan cara jualan, kita hanya bisa membuat halaman khusus atau landing page untuk produk yang kita jual.

2. Menerima Donasi

Cara ini mungkin masih jarang dilakukan, namun menerima donasi menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari tulisan yang kita buat di blog WordPress gratisan. Donasi nantinya bisa dikirim melalui transfer, dalam bentuk pulsa, atau melalui PayPal.

Untuk melakukannya, kita bisa membuat widget donasi sendiri. Khusus untuk donasi lewat Paypal, WordPress.com sudah membuat panduan lengkap untuk membuat tombol donasi Paypal di SINI.

3. Affiliate Marketing

Cara menghasilkan uang dari blog gratisan WordPress selanjutnya adalah lewat affiliate marketing. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui link afiliasi kita. Metode affiliate marketing akan sangat efektif pada blog yang artikelnya banyak berisi review atau rekomendasi sebuah produk.

WordPress.com sendiri memperbolehkan pengguna blog gratisan mereka untuk mencari uang dengan cara tersebut selama tautan afiliasi yang digunakan tidak terkait dengan j*di, skema kaya raya dalam waktu singkat, MLM, p*rnografi, malware, atau tindakan scamming lainnya.

Jika ingin mencobanya, saat ini ada banyak penyedia produk/jasa yang juga menyediakan program afiliasi yang bisa diikuti siapa saja. Sebagai contoh, produk fisik di Blibli, Bukalapak, dan Lazada bisa kamu rekomendasikan lewat affiliate marketing. Dan jika ingin memasarkan produk digital, kamu bisa mencoba mencari produknya di situs Ratakan.

4. Ikut Lomba Blog

Lomba blog adalah lomba menulis yang bisa diikuti oleh siapa saja yang memiiki blog. Jika berhasil menang, ada banyak hadiah menarik mulai dari uang tunai, voucher belanja, merchandise, produk sponsor, hingga kendaraan bermotor.

Untuk bisa mengikuti lomba semacam ini, blog yang digunakan tidak memiliki syarat yang berat. Blog yang boleh digunakan umumnya harus berusia 3-6 bulan dan sudah memiliki postingan sebelumnya. Jadi kalau punya blog gratisan WordPress.com yang rutin kamu gunakan, blog tersebut sudah memenuhi syarat untuk digunakan dalam lomba blog.

5. Menerima Sponsored Posts

Sponsored post atau content placement adalah pos pesanan yang kita posting dengan imbalan/fee dengan tujuan promosi atau mendongkrak reputasi klien tertentu. Sponsored post sendiri adalah hal yang lumrah dan bisa kamu dapat saat blog sudah memiliki reputasi yang cukup baik.

Tidak hanya menunggu dihubungi oleh klien yang berminat, job semacam ini juga bisa kita dapat melalui situs yang menyediakan content placement. Beberapa di antaranya adalah Sosiago, BlogPartner, atau RajaBacklink.

WordPress.com memperbolehkan layanan blog gratis mereka untuk dipakai menerima sponsored post dengan beberapa syarat. Selain memiliki konten yang tidak melanggar ketentuan layanan mereka, blog WordPress.com juga tidak boleh seluruhnya digunakan untuk diisi dengan konten bersponsor.

Jadi jika kamu menerima postingan berbayar, jangan lupa diisi dengan artikel biasa juga yah!

6. Pasang Spot Iklan Mandiri

Punya spot kosong yang tidak kamu gunakan? Coba tulis keterangan ‘disewakan’ saja. Siapa tahu ada pengunjung yang tertarik untuk memasang iklan mandiri di blog WordPress gratisan kamu.

7. Ikut Program Rujukan WordPress.com

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ada program referal/rujukan untuk layanan milik Automattic seperti WordPress.com, Jetpack, dan Woocommerce. Jika memenuhi syarat, blog kita bisa terpilih untuk mengikuti program ini dan berpeluang untuk mendapatkan komisi langsung dari WordPress.

Sayangnya program referal ini memiliki syarat yang lumayan berat dan rasanya jarang ada blog lokal yang bisa mengikutinya. Tidak hanya itu, setelah terdaftar pun kita harus bisa mengumpulkan reward setidaknya $100 secara konsisten agar terus bisa mengikuti program ini.

Namun jika blog wordpress memiliki niche yang pas dan bertrafik tinggi, tidak ada salahnya ikut mencoba program referal dari Wordpres.com tersebut.

8. (Bonus) Pasang Iklan

Penasaran gak sih kenapa dari tadi tidak ada bahasan cara memasang iklan di blog gratis WordPress.com?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa blog gratisan wordpress.com akan sulit untuk dimonetasi dengan iklan karena opsi ini hanya tersedia jika kamu mengupgrade akun saja. Alasannya?

Pertama, jika ingin menghasilkan uang dari blog WordPress dot com melalui iklan, maka satu-satunya opsi yang bisa dipakai hanya WordAds. Sayangnya blog gratis tidak bisa langsung menggunakannya karena harus memiiki nama domain kustom sendiri, bukan yang ada embel-embel .wordpres.com di belakangnya.

Dan untuk memasang domain kustom ini kamu minimal harus upgrade dulu ke paket Personal.

Kedua, jika ingin menggunakan jaringan iklan lain seperti Google Adsense, pengguna harus upgrade dulu ke akun Business yang harganya bisa lebih dari 6 kali lipat harga paket Personal.

Selain kedua alasan di atas, blog WordPress.com juga harus memiliki trafik yang tinggi terlebih dahulu. Tidak dijelaskan dengan gamblang berapa besarnya, namun kisarannya adalah ribuan pengunjung per bulannya.

Namun jika kamu sudah menggunakan layanan premium dari WordPress.com, tidak ada salahnya mencoba WordAds.com.

Dari pengalaman beberapa blogger yang pernah mencobanya, WordAds juga bisa mendatangkan untung yang lumayan besar. Apalagi pendapatan WordAds lebih banyak memperhitungkan impresi dibanding klik.


Dibanding Blogger, blog gratis WordPress.com memang masih kalah dalam beberapa hal. Salah satunya adalah soal monetasi yang terbentur cukup banyak aturan, apalagi jika kita ingin mendapatkan uang lewat iklan.

Meski begitu hal ini sebenarnya tidak perlu menjadi masalah besar, karena masih ada banyak cara menghasilkan uang dari blog WordPress.com lain yang bisa kita coba. Jika kamu ingin platform blog yang solid, mudah digunakan, punya tampilan yang bagus, serta tidak terlalu terpaku dengan penghasilan lewat iklan, blog gratis wordpress.com masih patut kamu pertimbangankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like