Cara Menghapus Kotak Isian Website pada Komentar WordPress

Ini adalah tutorial singkat cara menghapus isian Website pada komentar WordPress. Dengan begitu user hanya perlu memasukan nama dan alamat email saja untuk dapat berkomentar. Meski sederhana, cara ini cukup ampuh untuk menangkal spammer yang hanya mengincar backlink semata.

Bila kamu memakai sistem komentar default WordPress, username dan alamat email adalah syarat wajib sebelum kamu bisa meninggalkan komentar.

Selain kedua isian tersebut, ada lagi kolom Website/URL di mana kamu bisa memasukan alamat website yang kamu miliki. Kotak isian ini sendiri sifatnya opsional dan bisa kamu kosongkan.

Sayangnya fitur ini banyak menggoda spammer yang berusaha mendapat backlink gratis dari situs kamu (meskipun link yang didapat sekedar nofollow).

Hal ini mungkin saja terjadi di situs kamu di mana pengunjung memakai keyword sebagai nama mereka dan memasukan URL tertentu ke dalam kotak isian Website. Ini dilakukan untuk mendongkrak nilai page authority laman tersebut.

Tidak ada cara yang 100% untuk mencegah ini, apalagi bila spammer melakukannnya secara manual. Namun menghapus isian Website pada komentar WordPress bisa saja menjauhkan spammer tersebut dari web/blog kamu.

4 Cara untuk Menghapus Isian Website pada Komentar WordPress

1. Menghapus Isian Website Melalui File functions.php (recommended)

Cara untuk menghapus isian WEBSITE/URL pada komentar WordPress yang saya rekomendasikan adalah melalui file functions.php. Bila kamu belum tahu apa itu file functions.php dan bagaimana cara mencarinya, silahkan baca tips dan trik functions.php terlebih dahulu.

Untuk menghapus kotak isian WEBSITE, cukup tambahkan kode berikut pada file functions.php. Kode dapat ditambahkan langsung ke file tersebut atau melalui plugin code snippet.

function wcrb_comment_form_default_fields($fields) {
   if (isset($fields['url'])) {
     unset($fields['url']);
   }

   return $fields;
 }

 add_filter('comment_form_default_fields', 'wcrb_comment_form_default_fields');

Setelah selesai, simpan dan lihat area komentar WordPress.

Contoh area komentar WordPress tanpa kotak isian website
Contoh area komentar WordPress tanpa kotak isian website/URL.

2. Menghapus Isian Website dengan Plugin

Ada banyak plugin yang bisa kamu pakai untuk menghapus isian WEBSITE pada komentar WordPress namun sayang kebanyakan plugin yang ada sudah lama tidak diupdate.

Meski plugin yang saya coba masih bisa dipakai untuk WordPress terbaru (versi 4.9.5), hasilnya mungkin saja berbeda pada website yang kamu miliki.

Beberapa plugin yang bisa kamu gunakan antara lain:

3. Menghapus Isian Website dengan Cara Manual

Bila kamu mengerti sedikit tentang kode PHP, kamu juga bisa menghapus isian WEBSITE dengan cara manual. Namun sebelum melakukannya, ada baiknya kamu membuat child theme terlebih dahulu agar perubahan yang kamu lakukan tidak hilang bila kamu mengupdate tema.

Form komentar yang digunakan oleh WordPress biasanya terletak pada file comments.php. Namun ada kalanya form komentar diletakan di tempat lain sesuai selera developer tema tersebut.

Sebagai contoh, saya akan mencoba menghapus isian WEBSITE pada tema Baskerville. Bila saya membuka file comments.php, akan ada kode seperti ini

            'url' =>
            '<p class="comment-form-url">' . '<input id="url" name="url" type="text" placeholder="' . __( 'Website', 'baskerville' ) . '" value="' . esc_attr( $commenter['comment_author_url'] ) . '" size="30" /><label for="url">' . __( 'Website', 'baskerville' ) . '</label></p>')

Untuk menghilangkan isian Website, saya hanya perlu menghapus array URL tersebut. Setelah saya simpan, kotak isian Website segera menghilang.

Bila kamu tidak menemukan form komentar pada file comments.php, coba cari form tersebut pada link berikut

/wp-includes/comment-template.php

4.  Menghilangkan Isian Website dengan CSS

Dengan metode CSS, kotak isian WEBSITE akan tetap ada namun tersembunyi dari pandangan mata user. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan kode custom CSS berikut:

.comment-form-url {display: none;}

Penutup

Menghapus isian WEBSITE/URL dari komentar WordPress adalah cara yang cukup ampuh untuk mencegah spammer. Ini karena pintu akses yang bisa mereka gunakan untuk melancarkan aksinya sudah kamu tutup rapat.

Sayangnya hal ini juga mencegah rekan-rekan blogger lain yang serius ingin melakukan blogwalking. Namun bila kamu tidak melihat manfaat dari fitur tersebut, tidak ada salahnya juga bila kamu menghilangkan isian WEBSITE pada komentar WordPress.

Apakah kamu berhasil melakukannya? Jangan segan untuk menulis saran dan pertanyaannmu pada kolom komentar di bawah ini.
Pos Terkait:

4 thoughts on “Cara Menghapus Kotak Isian Website pada Komentar WordPress”

  1. Kalau menurut saya sih mas, kolom url kadang berguna agar menarik komentar pembaca jg. Artinya selain dapat ilmu dr bacaan, kita juga bs meninggalkan bl.

    1. Syafiq Salman

      Yup, kalau masalah itu memang pilihan masing-masing, saya cuma menyediakan caranya saja 🙂

      Tapi lucu sebenarnya kolom komentar itu. Di satu sisi memang ada untuk memfasilitasi pemilik blog lain yang serius blogwalking tapi di sisi lain juga sering di-abuse oleh orang-orang yang memang mengincar backlink saja.

      Saya sendiri dilema juga kalau membahas masalah ini, karena bisablog lumayan sering dapat komentar yang kesannya memang untuk mencari backlink saja. Padahal saya senang sekali kalau ada yang membaca artikel yang saya buat dan nanya dengan serius. Saya bahkan tidak segan untuk memberi link dofollow kalau memang ada koreksi yang dilakukan pembaca bisablog seperti yang baru-baru ini saya lakukan di artikel Cara Menggunakan Link Cloaking Untuk Menyembunyikan Link Afiliasi Pada Blog Blogger.

      Karena itu saya sempat kepikiran untuk menghapus kolom komentar bisablog. Tapi di satu sisi saya juga berkaca pada kegitan blogwalking yang saya lakukan. Kalau ada situs yang tdk menyediakan kolom komentar biasanya saya ngeloyor aja, kecuali situsnya memang benar-benar bagus isinya. hahaha 🙂 Makanya saya nggak mau munafik dan malah menghapus kolom komentar di situs ini.

      Btw terima kasih yah mas dari Tipscara atas komentarnya, maaf nih kalau sy agak meracau sedikit ….. dan mungkin lain kali bisa ditulis aja mas namanya supaya saya lebih enak manggilnya 🙂

    1. Syafiq Salman

      Hi Mas Irwin

      Iy mas, saya juga buat tutorial ini setelah lihat teman-teman blogger lain yang menghapus kolom isian website di komentarnya…tapi klo ada kasus begitu y saya tetep blogwalking juga sebenarnya 🙂

      Untungnya bisablog masih ada isian websitenya, masih enak buat blogwalking kan mas? hihihi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.