Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi Photoshop

Cara menghapus background foto bisa kita lakukan dengan aplikasi edit foto seperti Photoshop. Photoshop sendiri memang dikenal sebagai aplikasi editor foto terbaik sejagat. Jadi jika kamu bisa memanfaatkan tools yang ada di software ini, maka menghilangkan background foto bukanlah pekerjaan sulit.

Sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan Photoshop. Bahkan mungkin tidak semua orang mengistall software dari Adobe ini di komputer mereka. Lagipula memasang Photoshop hanya untuk menghapus background foto saja rasanya terlalu overkill.

Bagi yang biasa pakai Photoshop pun, menghilangkan background dari sebuah foto juga sebenarnya bukan pekerjaan yang mudah karena harus dilakukan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Menghapus latar belakang dari gambar sederhana mungkin akan cukup mudah, namun untuk gambar yang lebih kompleks seperti gambar manusia prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Lalu apakah ada cara menghapus background foto tanpa aplikasi Photoshop?

Ternyata ada!

Jika kamu tidak ingin ribet menggunakan Photoshop, kamu bisa melakukannya melalui situs remove.bg.

Sesuai dengan namanya, remove.bg adalah layanan online gratis yang bisa digunakan untuk menghapus background foto (remove) dengan mudah.

Karena remove.bg adalah layanan online, kamu bisa memakainya di hape, desktop PC, laptop, atau gawai lain yang terhubung dengan internet.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengupload gambar, lalu teknologi AI pada situs ini akan secara otomatis mengenali bagian yang tidak kamu inginkan dan menghapusnya.

Dibandingkan dengan Photoshop, cara menghapus background foto dengan remove.bg memakan waktu yang jauh lebih cepat, hanya 5 detik saja!

Lalu bagaimana dengan hasilnya? lihat saja contoh foto yang sudah dihapus backgroundnya dengan remove.bg berikut ini,

Cara menghapus background foto tanpa aplikasi Photoshop
Cara menghapus background foto tanpa aplikasi Photoshop

Luar biasa bukan?

Meski hasil yang ditampilkan sudah cukup bagus, namun pada beberapa foto hasil yang ditampilkan bisa kurang memuaskan.

Permasalahannya biasanya terletak pada gambar dengan komposisi gambar yang rumit sehingga menyulitkan AI untuk membedakan antara gambar background dengan gambar yang ingin kamu simpan.

Jadi jika kamu ingin menggunakan situs ini, pastikan kamu menggunakan gambar dengan pemisah yang cukup jelas antara latar belakang dan objek utamanya.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan, situs remove.bg akan lebih mudah mengolah gambar dengan latar belakang blur atau memiliki warna yang cukup kontras dengan gambar utamanya.

Upgrade akun untuk mendapatkan lebih banyak fitur!

Btw meski di awal saya bilang layanan ini gratis, remove.bg sebenarnya merupakan layanan premium yang bisa digunakan secara terbatas.

Untuk satu akun gratis, kamu bisa menggunakan layanan ini secara cuma-cuma, hanya saja resolusi foto yang kamu dapat maksimal hanya 0.25 MP atau sekitar 625×400 pixel. Jika kamu menggunakan tools dari remove.bg, limit kamu hanya 50 gambar saja per bulannya.

Meski begitu hal ini rasanya sudah cukup lumayan mengingat kita mungkin tidak akan terlalu sering memakainya atau butuh gambar dengan resolusi tinggi. Tapi jika iya, kamu bisa mengupgradenya kapan saja kamu mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like