Cara Menghapus Akun WhatsApp

Ini adalah tutorial singkat mengenai cara menghapus akun WhatsApp. Namun sebelum memulainya, cari tahu dulu apa yang akan terjadi jika kamu menghapus akun WhatsApp dari hape kamu!

Saat kita menghapus akun WhatsApp, maka semua hal yang terkait dengan akun tersebut akan hilang selamanya. Sebagai contoh, riwayat pesan, group WhatsApp, dan cadangan data di Google Drive akan ikut terhapus juga.

Selain hal-hal tersebut, kamu juga akan mendapati hal ini saat menghapus akun WhatsApp (Sumber: Whatsapp.com):

  • Kita tidak bisa memperoleh kembali akses ke akun kita.
  • Dibutuhkan waktu hingga 90 hari sejak proses penghapusan dimulai untuk menghapus informasi WhatsApp. Salinan informasi kita juga mungkin tetap ada setelah 90 hari di penyimpanan cadangan yang akan digunakan untuk memulihkan jika terjadi peristiwa bencana, kesalahan perangkat lunak, atau data hilang. Informasi kita tidak dapat diakses di WhatsApp selama periode tersebut.
  • Proses ini tidak akan memengaruhi informasi yang dimiliki pengguna lain yang terkait dengan kita, misalnya salinan pesan yang kita kirim kepada orang lain.
  • Salinan beberapa materi, misalnya rekaman log, mungkin berada di database milik WhatsApp, tetapi tidak diasosiasikan dengan tanda pengidentifikasi pribadi.
  • Informasi pribadi kita yang dibagikan kepada Perusahaan Facebook lainnya juga akan dihapus.

Jika kamu sudah tahu konsekuensinya, saatnya lanjut!

Cara Menghapus WhatsApp dari Handphone

Cara menghapus WhatsApp dari hape Android dan iOS tidak jauh berbeda. Cara in juga sama apakah kita memakai aplikasi WhatsApp biasa atau WhatsApp Business.

  1. Buka WhatsApp
  2. Pilih menu SETTINGS ► ACCOUNTS ► DELETE MY ACCOUNT
  3. Jika kita hanya ingin mengganti nomor WA, maka kita bisa menekan tombol CHANGE NUMBER.
  4. Namun jika kita benar-benar ingin menghapus akun WA, masukan nomor telepon (tanpa angka nol di depannya) lalu klik tombol DELETE MY ACCOUNT
Cara menghapus akun wa di hape android dan iOS

JIka sudah, maka nomor kamu tidak lagi terdaftar sebagai nomor WhatsApp. Nomor WhatsApp kamu pun tidak akan muncul lagi di hape orang lain yang menyimpan nomor WA tersebut.

Dan jangan takut nomor kontak kamu akan hliang saat menghapus akun WhatsApp yah! Nomor kontak kamu tetap aman. Meski orangnya itu-itu juga, kontak WhatsApp disimpan secara terpisah dari kontak hape kamu.

Sebagai informasi terakhir, nomor WhatsApp yang sudah dihapus bisa didaftarkan kembali. Hanya saja profil, percakapan lama, dan semua data lain yang ada di akun WA lama kamu akan hilang. Jadi rasanya seperti memulainya lagi dari awal.

Dah, itu saja tutorial singkat kali ini, mudah-mudahan kamu tidak bingung lagi saat akan menghapus akun WhatsApp kamu yah!

This Post Has One Comment

Leave a Reply