Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer

Tidak hanya pada hape berbasis Android, iOS, atau Windows Phone saja, WhatsApp juga bisa diakses lewat PC. Selain melalui web browser, ada juga cara menggunakan WhatsApp di komputer melalui aplikasi resmi untuk MAC dan Windows.

Rasanya aplikasi messaging yang satu ini tidak perlu saya perkenalkan lagi. Di kalangan pebisnis dan profesional, WhatsApp adalah salah satu aplikasi wajib yang tidak boleh ketinggalan.

Dibuat pada tahun 2009, aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Acton ini sudah memiliki lebih dari 35 juta pengguna di Indonesia saja[1]. Selain hanya perlu nomor telepon untuk dapat terhubung dengan orang lain, ada banyak fitur yang membuat WhatsApp begitu digandrungi penggunanya.

Salah satu fitur yang saya sukai adalah kemampuan WhatsApp untuk dapat dipakai pada berbagai macam platform. Selain bisa dipakai pada beragam perangkat genggam seperti iPhone, Android, BlackBerry, Nokia, atau Windows phone, WhatsApp juga bisa dipakai melalui laptop atau komputer biasa.

Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan cukup lama. WhatsApp web diluncurkan pada 21 Januari 2015 sementara aplikasi desktop untuk Windows dan Mac diperkenalkan di tahun berikutnya pada Mei 2016.

Namun rasanya masih banyak yang belum tahu kalau aplikasi ini bisa dipakai di luar hape, padahal memakai WhatsApp di komputer menurut saya memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Melihat foto dan dokumen dengan lebih jelas
  • Lebih mudah membaca pesan yang sangat panjang
  • Mencari pesan lebih mudah, terutama pesan dari grup yang bisa datang bertubi-tubi
  • Bagi sebagian orang, mengetik dengan keyboard biasa akan lebih cepat dibanding keyboard pada handphone. Hal ini membuat mereka bisa membalas pesan lebih cepat.
  • Bila kamu sering bekerja di depan komputer, hal ini bisa membuat kamu tidak perlu sering melongok handphone bila kamu sedang menunggu pesan WhatsApp dari orang lain.

Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer

Ada dua cara untuk mengakses WhatsApp melalui komputer. Kamu bisa membukanya melalui browser atau melalui aplikasi yang harus diinstall terlebih dahulu.

1. Cara Memakai WhatsApp Web pada Browser Desktop

Buka browser yang kamu pakai (Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge) dan buka link web.whatsapp.com. Di situ kamu bisa melihat sebuah QR Code dan bagaimana cara untuk menghubungkan WhatsApp Web dengan QR Code tersebut.

Tampilan WhatsApp web dengan QR Code yang harus kita scan untuk menghubungkan WA di handphone dan komputer
Tampilan WhatsApp web dengan QR Code yang harus kita scan untuk menghubungkan WA di handphone dan komputer

Sekarang buka WhatsApp pada smartphone kamu dan klik menu setting (titik tiga pada sudut kanan atas) dan pilih WhatsApp Web.

Setelah itu WhatsApp akan mengakses kamera dan mengaktifkan scanner. Arahkan scanner ke QR Code tadi dan dalam sekejap kamu sudah terhubung dengan layanan WhatsApp pada browser kamu dan melihat semua pesan yang ada pada WhatsApp kamu.

2. Cara Menginstal Aplikasi WhatsApp di Komputer

Selain bisa diakses lewat browser, WhatsApp juga memiliki aplikasi yang bisa kamu install di komputer. Namun sebelum dipasang, perlu diketahui bahwa WhatsApp hanya bisa diinstall pada komputer dengan OS berikut:

  • MAC OS X 10.9 ke atas
  • Windows 8 ke atas (32 bit dan 64 bit)

Untuk memasang WhatsApp di komputer, masuk terlebih dahulu ke laman download dan unduh file sesuai dengan OS kamu.

Kemudian install file WhatsApp.exe (Win) atau WhatsApp.app (MAC) yang kamu dapat lalu buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang.

Setelah itu kamu hanya perlu memindai QR Code seperti cara di atas untuk mulai menghubungkan perangkat genggam dengan aplikasi WhatsApp di komputer.

Penutup

Untuk menggunakan WhatsApp di komputer, kedua perangkat yang kamu pakai (hape dan komputer) harus tetap terhubung dengan internet. Hal ini diperlukan untuk membuat kedua perangkat tersebut tetap sinkron. Jadi pesan apapun yang kamu kirim/terima pada perangkat yang satu dapat dilihat juga pada perangkat lainnya.

Dan bila kamu memakai WhatsApp Business, aplikasi ini juga sama-sama bisa dihubungkan ke komputer kamu lho!

SUMBER:
[1]: https://www.comscore.com/Insights/Press-Releases/2017/3/comScore-Announces-Launch-of-MMX-Multi-Platform-Indonesia


Pos Terkait:

2 thoughts on “Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer”

  1. Terimakasih mas syafiq. sepertinya saya harus belajar lebih giat lagi dalam penulisan artikel karena saya melihat artikel disini sangat singkat tetapi padat sehingga mudah dimengerti. dibandingkan artikel yang ada di my blog bima hartono yang masih dari kualitas penyajiannya. sukses selalu mas syafiq salam buat blogger lainnya.

    1. Syafiq Salman

      Terima kasih mas Bima

      Hmm, singkat yah? Saya kira justru artikel-artikel di sini lumayan panjang-panjang karena saya memang mengincar penjelasan lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.