Cara Menggunakan VPN Tanpa Aplikasi di Android

Menggunakan VPN adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengakes situs yang diblokir. Tidak hanya itu, beberapa VPN premium juga bisa digunakan untuk mengamankan data-data kita saat berselancar di dunia maya.

VPN sendiri merujuk pada istilah virtual private network di mana data yang akan kita kirimkan ‘dibungkus’ terlebih dahulu menggunakan enkripsi tertentu. Tidak hanya itu, VPN juga akan menyembunyikan alamat IP dan meminjamkan kita alamat IP baru. Hal ini membuat VPN menjadi solusi untuk mengakses konten yang tidak dapat diakses dari negara asal kita.

Jika kita ingin menggunakan VPN di hape Android, kita cukup menginstall aplikasi VPN gratis seperti Turbo VPN atau Proton VPN.

Meski begitu, mungkin tidak banyak yang tahu kalau hape Android memiliki aplikasi VPN bawaan yang sama-sama gratis. Pemakaiannya memang tidak semudah aplikasi VPN biasa karena ada data-data VPN yang harus diisi secara manual. Tapi secara performa, aplikasi VPN bawaan Android ini tidak kalah dibanding aplikasi VPN biasa.

Lalu bagaimana cara menggunakan VPN tanpa aplikasi di Android? Simak tutorialnya berikuti ini yah!

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Sebagai informasi pembuka, yang akan kita lakukan di sini adalah mengaktifkan fitur VPN bawaan Android saja. Fitur VPN ini bisa ditemukan di seluruh hape berbasis Android mulai dari Xiaomi, Oppo, Realme, hingga Meizu. (Jika ada merek hape Android lain yang tidak memiliki fitur VPN tolong beri tahu saya yah!)

Enaknya lagi, kita tidak perlu me-root hape Android terlebih dahulu untuk bisa menggunakan VPN bawaan Android ini.

Untuk data-data VPN-nya sendiri, saya akan menggunakan VPNBook, salah satu layanan VPN gratis yang cukup populer. Jika kamu ingin mencari alternatif lainnya, kamu bisa juga mengecek situs Freevpn.me, Mybestvpn.com, atau VPNjantit.

Untuk langkah lengkap cara menggunakan vpn bawaan android, simak caranya berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan di hape kamu
  • Cari menu PENGATURAN KONEKSI LAINNYA atau OTHER WIRELESS CONNECTIONS
cara mengakses fitur VPN di hape Android
  • Pilih menu VPN lalu klik tombol ADD untuk menambahkan VPN baru di hape kita.
  • Setelah itu kita harus mengisi data-data VPN. Untuk Name bisa kamu isi dengan sembarang nama VPN, lalu untuk Server Address bisa kamu isi dari salah satu server yang disediakan vpnbook seperti:
PL226.vpnbook.com
DE4.vpnbook.com
us1.vpnbook.com (USA)
us2.vpnbook.com (USA)
ca222.vpnbook.com (Canada)
ca198.vpnbook.com (Canada)
fr1.vpnbook.com (France)
fr8.vpnbook.com (France)
  • Untuk data-data lainnya bisa menggunakan nilai default seperti VPN Type (PPTP), PPP Encryption (MPPE) diaktifkan, DNS Server (8.8..8.8 atau 8.8.4.4)
cara setting vpn android tanpa root
  • Jika sudah selesai, klik tombol SAVE untuk menyimpan settingan VPN.
  • Untuk menggunakannya, kembali ke menu VPN dan klik pada nama VPN yang baru kita buat.
  • Saat diminta Username dan Password, Isi dengan username dan password yang bisa kamu temukan di link vpnbook.com/freevpn seperti contoh Username (vpnbook) dan Password (7kf2zm7). Username dan password ini akan diubah secara berkala, jadi cek halaman tersebut sebelum login.
cara menggunakan vpn bawaan android

Setelah tersambung, kamu pun bisa terhubung ke internet melalui jaringan VPN yang sudah disediakan VPN Book. Kamu pun kini bisa mengakses situs yang diblokir atau mengakses konten yang tidak tersedia dari Indonesia.

Jika sudah selesai menggunakannya, tinggal masuk ke menu VPN lalu klik tombol DISCONNECT.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like