Cara Mengetahui Jumlah Postingan dan Komentar Blog Orang Lain

Ada tidak yah cara mengetahui jumlah postingan dan komentar blog orang lain? Hmm, selain bertanya langsung pada pemilik blog, ternyata ada script mudah yang bisa dipakai untuk melihatnya sendiri.

Sekilas mengetahui jumlah postingan orang lain merupakan hal yang sangat sepele. Namun ternyata tidak sedikit bloger yang ingin mengetahui jumlah artikel yang ada di blog milik orang lain.

Sebagai contoh, kadang kita mungkin juga penasaran ketika ada blog yang sudah berhasil memonetasi blognya. Apa sih nichenya? berapa sih jumlah trafiknya? terus berapa sih jumlah postingannya?

Dengan data-data ini, kita bisa membuat perbandingan yang akan memudahkan kita dalam menentukan target blog kita sendiri.

Untuk mengetahui hal tersebut, sebenarnya kita bisa saja bertanya langsung kepada pemilik blog. Sayang kadang kita merasa tidak enakan menanyakan hal-hal penting seperti ini. Belum lagi rasanya banyak pemilik blog yang mungkin tidak akan membuka data-data sensitif semacam ini.

Nah, buat kamu yang penasaran untuk melihat jumlah postingan blog orang lain, ternyata ada cara mudahnya lho! Tidak hanya jumlah artikelnya saja, kita juga bisa tahu jumlah komentar yang ada di blog tersebut.

Untuk melakukannya, kita cuma butuh kode ini aja,

<script style="text/javascript"> function showpostcount(json) { document.write('Jumlah Artikel : <u><b>' + parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10) + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://bisablogdemo.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=showpostcount"></script><script style="text/javascript"></script> <script style="text/javascript"> function numberOfComments(json) { document.write('Jumlah Komentar : <u><b>' + json.feed.openSearch$totalResults.$t + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://bisablogdemo.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=numberOfComments"></script>

Ganti bisablogdemo.blogspot.com sama URL website kamu sendiri.

Terus gimana cara pakainya?

Untuk mengeksekusi kode tersebut, kita bisa memakai HTML editor online seperti CodePen.io, W3Schools, Jsfiddle.net, atau js.do . Sebagai contoh, kali ini saya akan memakai js.do, caranya,

  • Masuk ke situs js.do
  • Salin kode di atas (jangan lupa ganti nama blognya!)
  • Klik tombol ► RUN CODE
  • Kalau sudah, nanti akan muncul keterangan berapa jumlah artikel dan jumlah komentar yang ada di blog tersebut secara otomatis. Selesai
Cara mengetahui jumlah artikel dan jumlah komentar blog orang lain

INFO: Jika kamu menggunakan Codepen.io atau JSfiddle.net, salin kode di atas pada kolom HTML.


Nah, selain mengetahui trafik blog orang lain, ternyata kita juga bisa melihat jumlah postingan blog orang lain juga.

Sebagai informasi tambahan, script ini cuma bisa dipakai di blog Blogger saja. Jadi kalau website yang mau dicek ternyata pakai WordPress, Joomla, Hugo, dll, script ini tidak akan bisa bekerja.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like