Cara Mengetahui CMS yang Dipakai Sebuah Website

Content Management System (CMS) adalah sebuah software yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan memanage sebuah website beserta konten di dalamnya.

Dengan menggunakan CMS, kita bisa membuat sebuah website tanpa perlu mengerti banyak mengenai hal teknis dan membuat website dari nol.

Salah satu contoh CMS terpopuler adalah WordPress. Berdasarkan data dari W3Techs, WordPress adalah CMS yang paling banyak dipakai dengan persentase pasar sebesar 36% (Per Maret 2020).

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, ada kemungkinan besar kalau website yang kamu baca dibuat menggunakan WordPress, seperti situs bisablog.com ini.

Padahal selain WordPress, masih ada banyak lagi CMS lain yang bisa dipakai untuk membuat website dengan mudah seperti Drupal, Jooomla, atau bahkan Blogger.

Nah, jika kamu penasaran dan ingin mengetahui CMS yang digunakan oleh website orang lain, ada cara mudahnya lho!

Cara Memeriksa CMS yang Dipakai Website Orang Lain

Untuk mengetahui CMS yang dipakai oleh sebuah website, kita bisa menggunakan cara manual. Namun jika kamu ingin cara yang lebih mudah, ada banyak tools CMS Detector yang bisa kamu pakai secara gratis.

1. Cara Manual

Untuk mengetahui CMS yang digunakan oleh sebuah website, kita bisa memeriksanya dengan melihat source code dari halaman yang ada di website tersebut.

Untuk melakukannya, cukup buka website lalu klik kanan dan pilih opsi VIEW PAGE SOURCE (pada Chrome).

Jika sudah, kamu bisa melihat tag <meta name="generator" ...> atau powered-by pada source code tersebut.

Sebagai contoh, pada situs yang dibuat memakai WordPress, kamu bisa melihat meta tag berikut:

<meta name="generator" content="WordPress.com" />

2. What CMS

Cara memeriksa CMS website orang lain dengan WhatCMS.org
Cara memeriksa CMS website orang lain dengan WhatCMS.org

What CMS adalah tools online sederhana yang bisa digunakan untuk mengetahui CMS yang dipakai sebuah website. Jadi jika hanya ingin mengetahui apakah website menggunakan WordPress atau tidak, kamu bisa memakai tools ini.

Saat tulisan ini dibuat, What CMS mengklaim bisa mendeteksi 498 CMS yang berbeda. Jika sebuah website tidak memakai CMS tertentu, situs ini juga bisa mendeteksi web framework serta bahasa pemograman yang dipakai untuk membuat situs tersebut.

Dan jika kamu sering memakai tools ini, What CMS juga memiliki ekstensi yang bisa kamu pasang pada Chrome atau Firefox.

Kunjungi WhatCMS

3. BuiltWith

Sama seperti tools What CMS, kita hanya perlu memasukan nama website untuk mengetahui CMS yang dipakai website tersebut. Bedanya, data yang kamu dapat lebih lengkap dan tidak hanya nama CMS yang dipakai saja.

Dengan BuiltWith, kamu juga bisa mengetahui tools yang dipakai oleh sebuah website. Beberapa di antaranya adalah tools tracking, widgets, CDN, JavaScript Libraries, hosting, SSL, hingga jaringan iklan yang digunakan.

Kunjungi BuiltWith

4. W3Techs

Cara mengetahui cms dan semua hal teknis lain dari sebuah website dengan W3Techs Sites Info
Selain CMS, kamu juga bisa mengetahui banyak hal lain dari sebuah website dengan W3Techs Sites Info

W3Techs adalah situs yang menyediakan informasi mengenai pemakaian berbagai macam jenis teknologi pada web. Namun siapa sangka ternbyata situs ini juga memiliki tools untuk mendeteksi CMS yang dipakai oleh sebuah website.

Meski tampilannya sederhana, data yang bisa kamu dapat cukup lengkap mulai dari ranking Alexa, demografi pengunjung, web server, hingga tools traffic analysis yang digunakan. Dan jika kamu akan sering memakainya, kamu bisa mengakses tools ini dengan mudah melalui ekstensi Chrome dan add-on mozilla.

Kunjungi W3Techs Site Info

5. Netcraft SiteReport

Netcraft adalah perusahaan layanan internet asal Inggris yang menyediakan banyak tools gratis, seperti Netcraft Sitereport yang bisa dipakai untuk mengetahui CMS yang dipakai oleh sebuah website.

Tidak hanya info CMS saja, kita juga bisa mengetahui domain registrar, hosting, nameserver, alamat IP, SSL, dan banyak hal teknis lainnya.

Kunjungi Netcraft Site Report

6. Online Web Tool

Online Web Tool adalah situs yang berisi 25+ tools online dengan fungsi yang beragam mulai dari online HTML editor, kompress HTML, Backlink Chekcer, domain age checker, hingga color picker.

Untuk mengetahui CMS yang digunakan website orang lain, kita bisa memakai tools CMS Detector. Hasilnya mungkin tidak selengkap tiga tools sebelumnya, namun cukup baik jika kamu hanya ingin tahu teknologi di balik sebuah website.

Kunjungi Online Web Tool

7. Wappalyzer

Cara mengetahui CMS yang dipakai Website lain dengan ekstensi, bookmarklet, atau aplikasi dari Wappalyzer
Cara mengetahui CMS yang dipakai Website lain dengan Wappalyzer

Jika kamu tidak ingin menggunakan tools online, kamu bisa memeriksa CMS yang dipakai orang lain dengan Wappalyzer. Wappalyzer sendiri tersedia dalam ekstensi untuk Chrome dan Mozilla, Bookmarklet, hingga API untuk menjalankannya sebagai sebuah program.

Setelah terpasang, kamu hanya perlu mengunjungi website yang akan dideteksi dan klik tombol Wappalyzer untuk mengetahui CMS, tema, dan beragam informasi lain yang terkait dengan website tersebut.

Download Wappalyzer


Bagaimana, mudah bukan cara mengetahui CMS yang dipakai oleh website orang lain? Selain cara manual, ada banyak tools online yang bisa dipakai untuk mengecek, tidak hanya CMS, tapi juga semua hal teknis lain yang dipakai oleh web atau blog tertentu. Selamat mencoba yah!

Leave a Reply