Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Photoshop

Pada artikel kali ini kita akan belajar cara mengecilkan ukuran foto di Photoshop. Tidak hanya dimensinya saja, kita juga bisa mengurangi ukuran file foto lewat Photoshop.

Memperkecil ukuran foto akan sangat berguna pada beberapa kasus yang berhubungan dengan upload atau download.

Misalnya saja pada saat mendaftar CPNS. Mengupload foto dengan ukuran besar akan memakan waktu lama bukan? Karena itulah ada syarat agar foto berukuran maksimal 200kb saja.

Dan jika kamu memiliki blog, menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih kecil adalah hal yang harus kamu pertimbangkan. Semakin kecil ukurannya, semakin cepat pula loading blog kita. Loading yang cepat tidak hanya akan membuat pengunjung nyaman, tapi juga baik untuk SEO.

Nah, jika kamu memiliki Photoshop, kamu bisa mencoba cara mengecilkan ukuran foto di Photoshop berikut ini!

Cara Memperkecil Ukuran Foto di Photoshop tanpa Mengurangi Kualitasnya (Terlalu Banyak)

Rasanya terlalu overkill jika kita hanya ingin memperkecil ukuran foto dengan Photoshop, namun jika kamu sudah memiliki software ini, kenapa tidak?

Dengan Photoshop, kita bisa memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Jika kamu ingin membuat ukuran foto menjadi jauh lebih kecil, kamu bisa memperkecil dulu dimensinya. Namun jika kamu ingin memakai foto dengan dimensi yang sama, langsung lanjut ke langkah ke-2 saja yah!

1. Memperkecil Dimensi Foto di Photoshop

Dimensi foto di sini adalah lebar dan panjang foto yang kita punya. Dimensi ini bisa ditulis dalam satuan cm, inch, point, atau pixel.

Semakin besar dimensinya, maka ukurannya juga akan semakin besar. Untuk membuat dimensi foto lebih kecil di Photshop, silahkan ikuti cara berikut ini.

  • Buka foto di Photoshop
  • Pilih menu IMAGE ► IMAGE SIZE atau gunakan shortcut ALT+CTRL+I

Setelah itu kamu bisa melihat menu pengaturan untuk memperkecil gambar.

  • Width: Lebar foto/gambar. Sedikit tips untuk pemilik blog, kamu bisa menggunakan lebar sesuai dengan dimensi blog kamu. Caranya? Gunakan tools Inpect Element yang ada di browser.
  • Height: Biasanya ukurannya akan mengikuti rasio ukuran foto asli.
  • Resolution: Foto hasil jepretan kamera umumnya memiliki resolusi yang sangat tinggi. Di sini kita bisa menguranginya untuk membuat ukuran foto menjadi lebih kecil. Resolusi hingga 70 ppi sudah cukup jernih.
  • Resample: Kamu bisa memakai Automattic atau BICUBIC SHARPER (REDUCTION) jika ingin memperkecil dimensi foto atau gambar.
Cara memperkecil ukuran foto di Photoshop
Cara memperkecil ukuran foto di Photoshop

2. Mengurangi Ukuran Foto dengan Photoshop

Memperkecil ukuran foto di Photoshop dapat dilakukan saat kita akan menyimpan foto tersebut. Caranya?

  • Masuk ke menu FILE ► SAVE AS atau gunakan shortcut CTRL+SHIFT+S
  • Beri nama pada file foto lalu simpan

Jika sudah, kamu akan melihat popup JPEG OPTIONS berisi menu pengaturan file gambar sebelum disimpan di komputer.

  • Image Options: Kualitas gambar yang akan disimpan. Kamu bisa menggeser slider atau menggunakan angka 0 (low) hingga 12 (maksimum).
  • Format Options: Format file JPEG. Baseline (“Standard”) adalah format yang dipakai secara umum oleh semua web browser. Baseline Optimized akan menyimpan file dengan warna yang telah dioptimalkan dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Sedangkan Prograssive akan menampilkan gambar secara bertahap yang jumlah tahapannya bisa kita atur antara 3-5. Jika kamu menyimpan gambar untuk blog, saya lebih menyarankan untuk memakai format Progressive.

Jika sudah, simpan gambar dan lihat ukuran file foto tersebut, sudah lebih kecil bukan?


Sebagai penutup, saya akan memberi sedikit catatan mengenai opsi JPEG di atas.

Pada foto kompleks, kita bisa memakai settingan Low (0-3) tanpa melihat penurunan yang terlalu signifikan selain gambar yang kadang menjadi blurry. Namun pada foto dengan background yang homogen seperti langit atau laut, maka settingan Low akan membuat gradasi warna terlihat ‘pecah’ dan tidak menyatu. Jadi coba saja atur slider sambil Zoom In gambar untuk melihat kualitas gambar yang nanti kita simpan.

Jika kamu sudah menemukan setting terbaik, mengecilkan foto hingga 200kb rasanya sih bukan hal yang sulit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like