Cara Mengecek Backlink Website Gratis

Last Updated on

Istilah backlink merujuk kepada link yang mengarah ke website atau blog kita. Dan untuk mengetahui jumlah backlink, ada lho cara mengecek backlink website gratis dengan tools online.

Meski sulit, meraih posisi terdepan di halaman pencarian bukanlah hal yang mustahil. Namun untuk melakukannya, kita memerlukan pengetahuan lebih mengenai SEO.

Sayangnya menjelaskan dan mengerti SEO secara keseluruhan bukanlah hal yang mudah. Mungkin butuh satu buku (atau lebih dari itu) untuk membahas SEO secara tuntas.

SEO sendiri dibagi menjadi dua, SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya, dan masing-masing memiliki bobot yang berbeda.

Salah satu faktor penentu ranking yang memiliki bobot cukup tinggi adalah backlink.

Backlink adalah link yang didapat sebuah website dari website lainnya. Sebagai contoh, jika saya mencantumkan situs contoh.com dengan link hidup (bisa di-klik), artinya situs tersebut sudah mendapatkan satu backlink dari bisablog.com.

Manfaat backlink sendiri bermacam-macam, mulai dari meningkatkan nilai DA/PA, sebagai sumber trafik, hingga mempercepat proses indexing. Yang jelas, semakin banyak backlink yang didapat, semakin bagus pula reputasi (authority) kita di mata mesin pencari seperti Google.

Untuk mendapatkan backlink, ada beragam cara yang bisa kita gunakan. Selain membuat tulisan yang patut dijadikan referensi, kita bisa melakukan guest posting, submit artikel ke web directories, atau sekedar meninggalkan komentar di blog orang lain.

Nah, jika kamu baru saja mengetahui apa itu backlink, mungkin kamu bertanya-tanya. “Bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang kita punya?” “Bagaimana cara mengecek backlink website?” Atau, “Bagaimana kualitas backlink yang dimiliki website kita?”

Tenang, untuk mengetahuinya bukanlah hal yang sulit. Cukup dengan dua tools online ini, kamu bisa mengecek backlink website gratis lho!

2 Cara Mengecek Backlink Website Gratis

Salah satu cara termudah untuk melihat backlink adalah dengan mengetik entry intext:URL di browser kamu.

Misalnya jika saya ingin mencari backlink situs ini, saya hanya perlu mengetik “intext:bisablog.com” di browser. Sayang, meski saya bisa melihat ada beberapa backlink, hasil pencarian tercampur dengan teks biasa yang mengandung kata tersebut. Selain itu backlink dengan anchor text berbeda juga tidak muncul.

Sebagai alternatif, ada cukup banyak tools online berbasis web yang bisa dipakai untuk mengecek backlink website gratis. Tidak hanya backlink website kita sendiri, tetapi juga website pesaing (kompetitor) kita.

Meski begitu, kebanyakan tools yang ada merupakan tools berbayar. Tapi jangan khawatir, ada juga kok yang gratisan. Meski fiturnya terbatas, tools ini sudah cukup untuk mengetahui jumlah backlink yang kita punya.

1. Google Search Console

Jika kamu hanya ingin mengecek backlink website milik kamu sendiri, rasanya tidak ada tools gratis lain yang lebih akurat dibanding Google Webmaster Tools atau Google Search Console (GSC).

Sebelum melihat/memeriksa backlink, pastikan kamu sudah mendaftarkan blog kamu ke GSC. Jika sudah, masuk ke dasbor Google Search Console lalu pilih menu LINKS. Di sini kamu bisa melihat link apa saja yang berhubungan dengan website kamu, baik itu eksternal link, atau internal link.

Untuk melihat jumlah backlink yang kamu punya, lihat pada bagian external link. Data-data backlink yang bisa kamu lihat antara lain postingan yang paling sering diberi backlink, situs yang paling banyak memberi backlink, dan anchor text yang digunakan dalam backlink tersebut.

Cara mengecek backlink website gratis dengan Google Search Console
Cara mengecek backlink website gratis dengan Google Search Console

Meski sangat lengkap, untuk mengecek backlink website harus dilakukan satu-persatu. Selain itu kita tidak bisa membedakan mana backlink dofollow, dan mana backlink nofollow.

2. SmallSEOTools

Dengan tools online ini, kita tidak hanya bisa melihat backlink website kita saja, tetapi juga website orang lain. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena kita tidak perlu membuat akun terlebih dahulu.

Untuk cek backlink website, masuk ke link smallseotools.com/backlink-checker dan masukan nama domain yang ingin kamu lihat backlinknya. Jangan lupa sertakan URL lengkap pakai http:// atau https:// yah!

Setelah itu, kita bisa mengatur apakah kita ingin melihat backlink ke URL yang kita masukan (This page) atau semua backlink yang mengarah ke domain tersebut (All pages on this domain). Jika sudah, centang Captcha dan klik tombol GET BACKLINKS.

Cara mengecek backlink website dengan tools gratis dari SmallSEOTools.com
Cara mengecek backlink website dengan tools gratis dari SmallSEOTools.com

Laporan yang kamu dapat dari SmallSEOTools akan memperlihatkan jumlah backlink yang dimiliki website tersebut lengkap dengan persentase DoFollow/NoFollow dan jumlah domain yang memberikan semua backlink tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat URL backlink beserta keterangan apakah link tersebut DoFollow atau NoFollow, meski terbatas hanya pada 100 URL saja. Jika kita ingin melihat lebih banyak URL dan laporan yang lebih lengkap, maka kita akan diarahkan untuk mencoba free trial Ahref.

Sebenarnya tidak hanya SmallSEOTools saja yang bisa dipakai untuk mengecek backlink website gratis. Ada juga tools lain dengan fitur dan laporan yang sama seperti,

  • Free Backlink Checker dari SEOReviewTools.com, atau
  • Free Backlink Checker SEO Tool dari MonitorBacklinks.com

Penutup

Selain semua tools di atas, masih ada lagi tools lain yang juga bisa memberi gambaran mengenai backlink situs kita seperti Moz.com, SEMRush, atau Majestic. Meski lengkap, data yang ditampilkan pada akun gratis sangat sedikit. Untuk melihat semua backlink yang kita miliki, kita harus upgrade ke akun premium yang cukup mahal harganya.

Namun jika kamu ingin bersaing secara serius, tools seperti SEMRush atau Ahrefs akan sangat berguna, tidak hanya untuk melihat backlink lawan, tetapi juga keywordnya.

This Post Has One Comment

  1. Terima kasih min atas informasinya sangat membantu untuk saya bloger pemula..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu