Cara Mengatasi Kipas Menyala Saat Komputer Sleep

Saat mode sleep dijalankan, normalnya semua komponen komputer akan mati. Namun karena satu dan lain hal, ada saja satu komponen yang tetap berjalan seperti kipas yang menyala saat komputer sleep.

Tidak hanya fan prosesor, kipas pada kartu grafis (VGA Card) juga bisa tetap berputar saat mode sleep dijalankan. Padahal fungsi dari sleep adalah untuk mematikan daya sementara agar kita bisa lebih cepat meneruskan pekerjaan kita dan tidak perlu melakukan booting dari awal.

Tapi tenang, jika hal ini terjadi, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Kipas VGA Masih Berputar Saat Mode Sleep? Ini Solusinya!

1. Ganti Standby Mode Melalui BIOS

Kebetulan saya mengalami sendiri hal ini. Jadi ketika masuk mode sleep, kipas VGA masih menyala meski sudah masuk mode sleep. Meski sudah ditunggu cukup lama, kipas VGA masih saja berputar seperti biasanya. Dan ternyata cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti standy mode melalui BIOS.

Ada beberapa mode standby yang dimiliki sebuah PC dan dikendalikan melalui ACPI (Advanced Configuration and Power Insterface). Dua mode yang paling umum adalah,

  • S1 (POS) Standby – POS adalah singkatan dari Power on Standby. Pada mode ini CPU dan RAM masih dialiri daya sementara komponen lain yang tidak diperlukan dimatikan. Mode ini biasanya digunakan pada low-end motherboard atau komputer lama.
  • S3 (STR) Standby – STR adalah singkatan dari Save to RAM. Pada mode ini CPU tidak dialiri daya dan satu-satunya komponen yang dijalankan umumnya hanya RAM. RAM ini digunakan untuk menyimpan data sementara sehingga kita bisa melanjutkan pekerjaan kita dengan cepat.

Untuk mengubah mode standby, kita harus masuk ke dalam BIOS terlebih dahulu. Caranya?

  • Matikan komputer lalu nyalakan kembali
  • Tekan tombol DEL untuk masuk ke dalam BIOS
  • Cari menu Suspend Mode atau ACPI Suspend Type. Setiap motherboard memiliki BIOS yang berbeda-beda, jadi mungkin menu ini ada dengan nama yang berbeda.
  • Jika Suspend Mode masih mengunakan S1 (POS), ganti ke S3 (STR).
  • Tekan tombol F10 untuk menyimpan perubahan dan restart komputer.
ubah mode suspend Windows melalui BIOS
(image: heelpbook.net)

Setelah selesai, kipas VGA kini akan berhenti berputar saat komputer masuk ke dalam mode sleep. Hanya saja pada beberapa kasus akan ada PC yang bermasalah saat akan menyalakan komputer dari sleep. Jika sebelumnya kita hanya perlu menekan keyboard atau menggoyangkan mouse, sleep kini harus dilakukan dengan menekan tombol Power.

2. Disable Hybrid Sleep

Hybrid sleep adalah fitur yang mengkombinasikan sleep dan hibernate. Sayangnya fitur ini seringkali membuat pc tidak bisa sleep.

Untuk menonaktifkan fitur hybrid sleep, tekan shortcut Win+S lalu cari menu Power & Sleep Options. Jika sudah, klik tautan Additional Power Settings.

Jika sudah, kamu bisa melihat power plan yang sedang digunakan. Klik Change Plan Settings.

Setelah itu klik tautan Change Advanced Power Settings.

Terakhir, pilih opsi Off pada menu SleepAllow Hybrid Sleep, lalu simpan perubahan.

3. Cek Driver dan Update Windows

Bila sebelumnya sleep bisa berjalan tanpa masalah, mungkin kamu perlu mengecek driver kartu grafis dan update Windows yang terakhir kali dilakukan.

Untuk mengembalikan driver VGA seperti semula, kita bisa membuka aplikasi Device ManagerDisplay Adapters lalu klik kanan dan pilih menu Properties pada kartu grafis yang digunakan.

Pada menu tab driver, pilih opsi Rollback Driver untuk memasang driver yang sebelumnya.


Demikian tutorial singkat kali ini, mudah-mudahan bisa membantuk kamu jika kipas vga masih menyala saat sleep berjalan.

Jika hal ini terjadi pad komputer baru, mengubah suspend type melalui BIOS menjadi cara paling ampuh. Namun bila masalah ini terjadi setelah mengudate driver, kamu bisa mengembalikan driver seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like