7+ Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Penasaran gak sih apakah main TikTok dapat uang? Dengan tingkat popularitasnya yang tinggi, ternyata kini ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari TikTok dengan mudah.

TikTok adalah aplikasi buatan Bytedances yang sudah dirilis sejak September 2016. Meski sempat dipandang sebelah mata, aplikasi asal Negeri Tiongkok ini kini menjadi salah satu aplikasi paling populer di kalangan warga Indonesia. Tidak hanya dari kalangan orang biasa, TikTok juga menjadi platform yang banyak digemari oleh para selebritis tanah air.

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, muncul pertanyaan apakah TikTok bisa dimonetasi seperti platform sosial media lain seperti Youtube atau Facebook.

Meski sampai saat ini belum ada jaringan iklan khusus seperti Adsense yang bisa dipasang di Youtube, ada banyak cara lain yang bisa dipakai untuk mendapatkan uang dari TikTok. Jika kamu memiliki akun TikTok dengan followers yang lumayan banyak, kamu bisa mencoba beberapa cara monetasi berikut ini.

1. Product Placement / Endorse

Sama seperti platform sosial media lainnya, akun dengan jumlah followers yang banyak selalu diminati pengiklan yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Dengan hanya menampilkan sebuah produk saja, pemilik akun TikTok dapat menerima imbalan yang cukup besar tergantung tingkat popularitas akun mereka.

2. Sponsor

Selain berupa endorsement, kita juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan menerima sponsor. Jika jumlah followers kita cukup banyak, kadang akan ada digital agency yang menawarkan kerjasama jangka panjang.

Selain mendapatkan penghasilan dari kerjasama ini, pemilik akun juga bisa memperoleh benefit lain seperti pelatihan, promosi, dan banyak lagi.

3. Jual Merchandise

Bagi pemilik akun dengan followers yang aktif, salah satu cara lain untuk mendapatkan uang dari TikTok yang cukup efektif adalah dengan menjual merchandise seperti baju, hoodie, topi, dan masih banyak lagi. Link untuk pembelian merchandise nantinya bisa ditautkan pada video atau bio profil.

Selain merchandise, kita juga bisa menautkan link afiliasi. Dengan program afiliasi, kita bisa menjual produk/jasa tanpa perlu memiliki atau membuat produk itu sendiri. Cukup tautkan link afiliasi, maka kita bisa mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui link tersebut.

Sebagai contoh, jika kita mempromosikan produk tertentu, kita bisa meletakan link pembelian (afiliasi) yang bisa kita dapat dari online marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau Blibli. Jika ada yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, kita bisa mendapatkan komisi dari situs e-commerce tersebut.

4. Upload Konten ke Media Sosial Lain

Jika kita sudah membuat video yang banyak disukai orang, rasanya akan sayang jika kita hanya mempostingnya di aplikasi TikTok saja. Sebagai alternatif, kamu bisa memposting video-video keren kamu di platform sosial media lain seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Youtube.

Selain berpotensi menambah jumlah trafik dan followers, membagikan video TikTok kamu ke sosial media lain juga bisa membuka peluang untuk menambah penghasilan melalui platform sosial media lainnya.

5. Live Streaming

Mungkin banyak yang belum tahu kalau TikTok memiliki fitur yang mirip dengan Twitch di mana kita bisa melakukan live streaming untuk mendapatkan uang.

Dengan fitur ini, pengguna TikTok dapat membeli gift item seperti animasi kodok, bunga, gitar, atau boneka. Masing-masing gift item ini memiliki harga yang berbeda-beda dan bisa dibeli dengan uang sungguhgan. Item-item ini nantinya bisa diberikan kepada pengguna TikTok lain saat live streaming sebagai bentuk apresiasi.

cara dapat uang dari tiktok melalui live streaming

Item yang kita dapat dari penonton nantinya bisa dikonversi kembali menjadi uang. Minimum penarikan yang bisa dilakukan adalah $100 per hari dengan maksimum penarikan $1.000. Sayangnya untuk saat ini penarikan dana hanya bisa dilakukan melalui Paypal saja.

6. Mempromosikan Akun Tiktok Orang Lain

Dengan semakin populernya TikTok, kini banyak pengguna baru yang juga ingin mencoba aplikasi ini. Beberapa di antara mereka lebih memilih untuk bisa langsung terkenal dan mendapatkan banyak followers TikTok tanpa harus melewati proses dari nol.

Nah, hal ini bisa menjadi peluang bagi pemilik akun TikTok yang memiliki banyak followers. Dengan imbalan biaya tertentu, pemilik akun tersebut dapat membantu mempromosikan akun TikTok milik orang lain. Caranya sendiri pun bermacam-macam mulai dari menautkan link video, menampilkan username, atau melakukan kolaborasi konten bersama-sama.

7. Ternak Akun

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan membuat akun dan menjualnya. Cara ini mungkin tidak bisa dilakukan semua orang, tapi bisa kamu coba sebagai salah satu alternatif.

Jika kamu sudah memiliki akun TikTok dengan jumlah followers yang cukup banyak, kamu bisa mem-boost akun lainnya agar lebih cepat berkembang. Setelah cukup besar, akun tersebut nantinya bisa kamu pasarkan pada mereka yang membutuhkan.

8. (BONUS) Ikutan Kontes dan Giveaway

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan ikutan lomba, giveaway, dan kontes
Contoh lomba yang diadakan di TikTok

Selain semua cara di atas, alternatif lain untuk dapat uang dari TikTok adalah dengan ikutan kontes dan giveaway yang dilakukan oleh brand-brand tertentu. Sama seperti di platform sosmed lainnya, kontes dan event GA semacam ini biasanya punya banyak hadiah menarik.

Untuk ikutan kontes dan giveaway pun caranya mudah. Cukup masuk ke menu pencarian Tik Tok lalu cari kata kunci “lomba”, “giveaway”, atau “kontes” lalu baca syarat dan langsung saja ikutan. Persaingannya memang bisa cukup ketat, namun tidak ada salahnya juga kan mencoba.


Nah, ada banyak kan cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba. Jadi daripada dipakai untuk hiburan saja, lebih baik dioptimalkan agar kamu juga bisa mendapatkan untung dari platform sosial media ini.

Ke depannya prospek Tik Tok bisa saja semakin baik. Apalagi kini TikTok sudah mulai mengkampanyekan TikTok Ads di mana orang bisa memasang iklan di jaringan yang mereka miliki. Bukan tidak mungkin ke depannya TikTok akan memiliki sistem monetasi mereka sendiri seperti Adsense pada Youtube. Lumayan kan kalau bisa dapat uang hingga jutaan rupiah lewat TikTok!

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like