7 Cara Mendapatkan Uang Dari Main Game

Selama ini game hanya dianggap sebagai hiburan dan kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu luang saja. Tidak jarang, bahkan ada stigma negatif jika bermain game hanya menghabiskan waktu dan uang saja.

Nyatanya, kini gaming tidak lagi dimainkan sebagai hiburan saja. Dengan jumlah peminat yang sangat banyak, gaming kini bisa dimainkan untuk mendatangkan uang.

Tidak percaya? Coba tengok pendapatan dari jagoan-jagoan DoTA 2 yang berhasil mengumpulkan hadiah jutaan dollar. Dari Indonesia ada beberapa nama seperti Miawaug atau Jess no Limits yang ditaksir memperoleh pendapatan puluhan ribu dollar tiap bulannya dari Adsense dengan Youtube berisi konten gaming.

Bagaimanapun cara monetasinya, niche gaming rasanya masih sangat gurih untuk dicoba. Jika kamu juga tertarik untuk ikutan, berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari main game yang bisa jadi inpsirasi.

1. Menjual Akun dan Item

Menjual akun dan item dalam permainan adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari main game.

Dengan semakin populernya beberapa game, banyak pemain baru yang tidak mau repot memulai permainan dari level terendah. Jadi tidak heran jika banyak dari mereka yang lebih memilih untuk membeli akun jadi yang levelnya sudah cukup tinggi. Dengan peluang ini, ada cukup banyak orang yang akhirnya beternak akun game-game populer untuk dijual kembali.

Meski begitu ada satu hal penting yang harus kamu ketahui sebelum menjual akun game seperti ini. Jual-beli akun semacam ini sebenarnya dicap ilegal oleh kebanyakan developer game, jadi kamu harus mengerti peraturannya dulu sebelum mulai menjual akun.

JIka kamu tidak mau repot jual-beli akun, kamu juga bisa mendapatkan uang dari game dengan menjual item-item yang dibutuhkan dalam sebuah game.

Sebagai contoh, dalam game dengan genre RPG seringkali ada item yang cukup sulit didapat. Jika kamu berhasil memperolehnya, ada harga tinggi yang rela dibayarkan oleh pemain-pemain lain di game tersebut.

Tidak melulu item langka, kamu bahkan bisa menukar item biasa seperti resource yang dibutuhkan di game AOV dengan imbalan uang.

2. Menjadi Joki Game

Jika kamu memiliki skill yang mumpuni dalam sebuah game, maka menjadi joki game bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari game yang bisa kamu coba.

Sama seperti jual-beli akun game, ada banyak orang yang tidak mau capek untuk mengembangkan karakter game yang diinginkannya, faming item, atau sekedar menambah experience hero mereka. Jadi untuk mempermudah, mereka lebih suka menyewa jasa joki game.

3. Menjadi Youtuber dengan Konten Gaming

Menjadi youtuber adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet. Dan jika kamu memiliki skill dan passion dalam gaming, kamu bisa membuat kanal Youtube di niche tersebut. Saat sudah memenuhi syarat, kanal Youtube kamu antinya bisa dimonetasi dengan beragam cara mulai dari Adsense, link afiliasi, hingga menjual merchandise.

Untuk membuat konten gaming di Youtube sendiri tidak perlu harus memiliki skill gaming yang handal. Ada beberapa skenario konten gaming yang bisa kamu buat seperti,

  • Tutorial
  • Walkthrough
  • Review game terbaru
  • Berita seputar dunia gaming
  • Membuat video dubbing, dll.

Agar pendapatan kamu bisa lebih optimal, pastikan kamu mengisi konten Youtube dengan game-game populer seperti PUBG, Free Fire, Overwatch, League of Legends, atau Mobile Legends.

cara mendapatkan uang dari main game dengan membuat youtube dengan konten gaming
Milyhya, contoh Youtuber yang populer dengan konten gaming

4. Melakukan Live Streaming Sambil Bermain Game

Melakukan live streaming sambil bermain game mungkin menjadi cara yang masih kurang populer. Namun dengan cara ini kamu juga bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain game saja.

Di luar negeri sendiri hal ini cukup sering dilakukan. Platform yang cukup banyak digunakan adalah Twitch, meski ada juga yang menggunakan Youtube. Jika kita memakai Twitch, kita bisa mendapatkan uang dengan live streaming game dengan beberapa skenario.

Pertama, pengguna Twitch bisa mendapatkan uang dari subscriber. Subscriber sendiri adalah orang-orang yang membayar biaya bulanan untuk berlangganan akun kita. Meskipun biayanya akan dipotong 50% oleh pihak Twitch, cara ini bisa mendatangkan income yang relatif stabil jika kita memiliki ribuan atau puluhan ribu subscriber.

Kedua, pengguna Twitch juga bisa mendatangkan uang dari donasi. Beda dengan cara sebelumnya, uang donasi 100% akan masuk ke kantong streamer.

Ketiga, pengguna Twitch bisa mendatangkan uang dari Twitch Bits. Bits sendiri adalah token yang dapat dibeli dengan uang sungguhan. Bits biasanya diberikan kepada streamer sebagai bentuk apresiasi saat mereka melakukan live streaming. Setelah terkumpul, bits ini nantinya bisa diuangkan kembali oleh para streamer.

Selain ketiga cara di atas, masih ada cara monetasi lain dengan jaringan iklan yang berafiliasi dengan Twitch. Namun tanpa iklan pun rasanya pendapatan kamu akan cukup optimal, apalagi jika kamu sudah memiliki ribuan subscriber.

5. Menjadi Gamer Profesional

Dulu mungkin kita tidak akan terbayang jika gamer bisa menjadi sebuah profesi. Nyatanya, gamer kini bisa disejajarkan dengan atlet yang bisa berkompetisi di laga resmi. Tidak hanya level regional saja, kini ada banyak turnamen yang berskala internasional, bahkan muncul di ajang olahraga multi-event seperti SEA GAMES.

Dengan semakin populernya gaming/mobile gaming, kini banyak bermunculan kompetisi atau turnamen yang bisa diikuti oleh para gamer profesional. Hal ini merangsang munculnya banyak tim e-sports di Indonesia. Apalagi hadiah yang bisa didapat dari kompetisi semacam ini tidak main-main. Sebagai contoh, hadiah MPL Season 4 tahun 2019 kemarin saja mencapai Rp4 miliar. Dan untuk level internasional, turnamen seperti “The International” atau “League of Legends World Championship” bahkan menyediakan hadiah hingga jutaan dollar untuk pemenangnya.

Meski begitu bukanlah hal yang mudah untuk bisa bersaing di level teratas karena ada begitu banyak kompetitor dengan skill yang luar biasa baik. Namun jika sudah berhasil di level ini, penghasilan yang didapat sangat menjanjikan. Selain uang bulanan dari klub, pemain yang menonjol juga bisa mendapatkan sponsor atau endorse dari pihak tertentu.

6. Mencoba Game Berhadiah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari main game adalah dengan mencoba game berhadiah. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, ada game yang menyediakan hadiah langsung hanya dengan memainkannya saja.

Salah satu contoh game seperti ini adalah Mobile Premier League (MPL). Pada game ini, kita bisa memainkan game dan bersaing dengan user lainnya dari seluruh Indonesia. Jika kita berhasil meraih peringkat yang baik, akan ada hadiah diamond yang nantinya bisa dicairkan via Gopay. Lumayan, cuma main game bisa dapat saldo Gopay gratis!

Game yang ada di MPL sendiri adalah game-game sederhana yang mungkin sudah sering kita mainkan. Sebagai contoh, pada MPL terdapat game seperti Chess, Fruit Chop, Zuma, atau Runner No.1. Dengan game ringan seperti ini, siapapun bisa ikut bermain dan bersaing untuk mendapatkan hadiahnya.

Psst, saat mendaftar, masukan kode BD3VU6TPX untuk mendapatkan bonus 20 Diamond dan 20 token di MPL yah!

BD3VU6TPX

7. Game Tester

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari game adalah dengan menjadi game tester. Pekerjaan ini rasanya masih sangat jarang di Indonesia, namun kamu bisa mencari job semacam ini di beberapa situs freelance berbahasa Inggris.

Dengan mejadi seorang game tester, kita akan ditugaskan untuk menguji game yang sedang dikembangkan atau game yang akan dirilis dalam waktu dekat. Meski kelihatannya cukup mudah, seorang game tester yang baik harus bisa mencari celah, bug, atau glitch pada sebuah game. Jadi selain memainkan game dengan normal, game tester juga harus memainkan game berulang-ulang dengan cara bermain yang berbeda-beda.

Semakin banyak cacat yang bisa kamu temukan, semakin baik pula reputasi kamu sebagai seorang game tester.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like