9+ Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi, Instagram kini cukup banyak digunakan untuk mencari keuntungan. Jika kamu mau ikutan juga, simak dulu yuk berbagai cara mendapatkan uang dari Instagram berikut ini!

Berdasarkan data dari Statista.com, jumlah pengguna Instagram di Indonesia ada lebih dari 60 juta. Hal ini membuat Indonesia berada di peringkat keempat dan hanya kalah dari Amerika Serikat, India, dan Brazil saja.

Dengan persentase sekitar 22.6%, artinya hampir seperempat penduduk Indonesia memiliki akun Instagram. Melihat jumlah tersebut, Instagram menjadi market potensial bagi siapa saja yang ingin mencari keuntungan.

Nyatanya, Instagram kini tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi saja. Selain menjadi media promosi bagi brand-brand terkenal, Instagram juga seringkali menjadi lapak bagi para pedagang online.

Namun tidak hanya berjualan, kini ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Instagram. Modalnya pun tidak berat, kamu hanya perlu punya smartphone dan kuota internet saja.

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Untuk Pemula

1. Menjual Produk

Menjual produk rasanya menjadi cara paling umum untuk mendapatkan uang dari Instagram. Selain itu cara ini mungkin menjadi cara paling cepat dan langsung bisa kamu rasakan hasilnya.

Produk yang bisa kamu jual melalui Instagram sangat beragam. Mulai dari produk fashion, kosmetik, obat-obatan, perhiasan, hingga produk digital. Selain itu kamu juga bisa menjual jasa melalui Instagram.

Meski kini sudah ada banyak online marketplace populer seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, masih banyak calon pembeli yang lebih senang browsing barang-barang di Instagram. Transaksi bahkan dilakukan secara langsung meski tidak ada fitur escrow yang menjamin keamanan transaksi kedua belah pihak.

Dengan potensi semacam ini, Instagram menjadi platform yang harus kamu pertimbangan saat akan mulai jualan online.

cara mendapatkan uang dari instagram dengan cepat melalui jualan online

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki produk?

Ada banyak solusi jika kamu ingin berjualan tapi tidak punya produk sendiri. Sebagai langkah awal, kamu bisa ikutan jual produk milik orang lain.

Cara paling mudah adalah dengan mengamati produsen potensial di sekeliling daerah kamu. Jika mereka belum memasarkan dagangan mereka secara online, kamu bisa membantu mereka mempromosikan barang-barang tersebut melalui Instagram.

Jika ingin cara yang lebih mudah lagi, kamu bisa juga bergabung untuk menjadi reseller atau dropshipper.

Meski sama-sama menjual produk milik orang lain, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jika pada dropship kamu tidak perlu membeli produk dan menyetoknya sendiri, reseller umumnya akan membeli produknya terlebih dahulu sebelum dijual kembali.

Saat kamu sudah mahir menjadi reseller/dropshipper, kamu bisa naik level dan memproduksi barang sendiri dan mempromosikannya di akun Instagram.

2. Affiliate Marketing

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Instagram adalah dengan menjadi affiliate marketer.

Affiliater marketing sendiri adalah sistem penjualan di mana kita bisa mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang diadakan melalui link afiliasi kita. Jadi tugas kita hanya mempromosikan dan menyakinkan orang lain untuk membeli melalui kita.

Sama seperti dropship atau reseller, kita tidak perlu memiliki produk terlebih dahulu. Bedanya, proses negoisasi, transaksi, hingga support akan langsung di-handle oleh pemilik produk. Selain itu komisi yang kamu dapat fix dan tidak dapat di mark up.

3. Endorse

Selain jualan, endorsment juga menjadi cara menghasilkan uang yang paling populer di Instagram. Dengan menjadi Endorser, pemilik akun Instagram hanya perlu mempromosikan sebuah produk atau jasa pada para followersnya.

Imbalan yang bisa didapat bermacam-macam tergantung kesepakatan dengan pemilik produk. Ada yang berupa barang-barang yang di-endorse, atau kombinasi produk dengan uang dalam jumlah tertentu. Jumlah uang yang didapat bervariasi tergantung jumlah followers atau tingkat interaksi.

cara menghasilkan uang dari instagram dengan menerima endorse dari pemilik produk

Meski kelihatannya menggiurkan, hati-hati dalam memilih produk yang akan diendorse. Bagaimanapun mengendorse produk setara dengan menyarankan followers untuk mencoba produk tersebut. Jadi sebelum menerima tawaran endorsement, cari tahu dulu seluk beluk produk. Akan lebih bagus lagi jika kita bisa mencoba produk tersebut terlebih dahulu.

3. Menerima Jasa Paid Promote

Cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse yang bisa kamu coba adalah paid promote. Sesuai dengan namanya, paid promote adalah konten yang dipromosikan melalui akun Instagram kita dengan bayaran tertentu.

Meski kini trennya sedikit menurun, cara ini masih cukup banyak dinikmati. Bukan hanya oleh pemilik produk saja, tetapi juga bagi mereka yang ingin menambah jumlah followers secara organik.

4. Menjadi Buzzer/Influencer/Media partner

Hampir mirip dengan dua poin sebelumnya, kamu bisa menggunakan Instagram sebagai ladang uang dengan menjadi buzzer, influencer, ataupun media partner.

Dengan cara ini, pemilik akun Instagram akan diminta untuk mempromosikan topik tertentu yang coba diangkat pengiklan. Tujuannya? agar mendapat exposure yang lebih luas dan dibicarakan banyak orang.

Beda dengan endorsment dan paid promote yang waktunya singkat, job menjadi buzzer biasanya berupa campaign yang durasinya cukup lama. Setidaknya hingga isu yang diangkat menjadi populer atau ketika event tertentu yang berkaitan dengan topik yang diangkat sudah selesai.

Meski begitu, tidak mudah untuk menjadi influencer. Selain harus memiliki akun dengan followers yang banyak, pengiklan juga akan melihat tingkat interaksi kamu dengan para pembaca. Kamu juga harus memutar otak agar kampanye yang kamu lakukan bisa mencapai target.

5. Menjual Jasa yang berhubungan dengan Instagram

Semakin banyaknya orang yang ingin memanfaatkan Instagram, membuat peluang kerja seputar media sosial tersebut juga menjadi besar.

Sebagai contoh, tidak semua orang mengerti bagaimana cara membuat atau menggunakan akun Instagram. Selain itu, mungkin tidak semua orang memiliki waktu untuk mengurus sendiri akun Instagram dan berinteraksi dengan followers mereka.

Dengan peluang ini, kamu bisa menawarkan jasa-jasa seputar Instagram seperti:

  • Menjadi admin
  • Jasa pengelolaan konten
  • Jasa menulis caption Instagram
  • Jasa desain feed dan story Instagram
  • Jasa edit foto dan video untuk Instagram
  • Jasa meningkatkan followers

6. Menjual Foto/Gambar/Ilustrasi

Sebagai media sosial yang fokus pada tampilan visual, Instagram adalah platform yang sempurna bagi kamu yang ingin memajang hasil karya berupa foto, gambar, atau ilustrasi digital. Dengan memanfaatkan hashtag tertentu, karya kamu bahkan bisa di notice orang lain yang berminat.

Tapi sebelum mengunggah foto atau gambar ke Instagram, ada baiknya diberi watermark terlebih dahulu agar karya kamu tidak bisa dengan mudah dicuri orang lain. Berikan juga keterangan pembelian pada calon buyer di caption, profil, atau link profil bio Instagram.

7. Berburu Kuis

Di antara semua cara di atas, berburu kuis adalah cara yang paling mudah. Dengan mengikuti kuis, kamu bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan followers yang sedikit.

Kuis sendiri cukup banyak betebaran di Instagram. Mulai dari giveaway kecil-kecilan, hingga kuis berhadiah fantastis yang diadakan oleh brand atau perusahaan tertentu.

Cara ikutannya pun gampang. Biasanya kamu hanya perlu menjawab pertanyaan singkat, repost dan mention teman kamu saja. Namun pada kuis berhadiah besar, kamu juga harus menerima tantangan tertentu seperti membuat video kreatif.

8. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Buat kamu yang hobi traveling, jalan-jalan, atau belanja, membuka bisnis jasa titip di Instagram bisa jadi alternatif. Lumayan kan, sembari jalan-jalan kamu juga bisa dapat uang tambahan.

Untuk membuka bisnis jasa titip, kamu bisa mulai dengan memposting barang-barang menarik yang kamu temui saat kamu bepergian. Jangan lupa juga sertakan foto dan caption yang menarik supaya orang tertarik.

9. Jual Beli Akun Instagram

Meski membuat akun Instagram itu mudah, tidak semua orang mau bekerja keras dari nol untuk mulai bisa merasakan manfaat dari Instagram. Apalagi kalau kita ingin memakai akun Instagram untuk bisnis, pasti maunya langsung banyak followernya kan?

Melihat peluang semacam ini, kini banyak orang yang menjual akun Instagram jadi pada mereka yang berminat. Harga yang didapat pun cukup besar tergantung jumlah followers yang berhasil mereka kumpulkan. Jadi jangan heran kalau ada orang yang mulai beternak akun dan menjual banyak akun Instagram untuk mendapatkan untung.

Jadi jika kamu memiliki akun Instagram yang sudah lumayan banyak followersnya, buat saja akun-akun lainnya. Untuk memperbanyak followersnya, kamu bisa mempomosikannya melalui akun utama kamu atau mengadakan giveaway dengan syarat follow akun.

(Bonus) Menjadi Selebgram

Menjadi selebgram bisa jadi satu hal lain yang patut kamu pertimbangakan jika ingin mendapatkan uang dari Instagram. Dengan menjadi selebgram, kamu akan lebih mudah mendapatkan tawaran endorsment, paid promote, atapun menjadi influencer.

Untuk menjadi selebgram pun tidak harus memiliki penampilan di atas rata-rata karena setiap orang memiliki poin menarik mereka masing-masing. Agar kamu bisa memiliki banyak followers, kamu bisa melakukan hal-hal unik dan lucu serta mengikuti trend challenge yang sedang viral.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Belajar Cara Menghasilan Uang dari Instagram!

Bagaimana, ada banyak cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba.?

JIka kamu ingin hasil yang cepat dan lumayan besar, kamu bisa mulai dengan memakai Instagram untuk jualan online. Meski kini sudah banyak toko online, masih banyak yang memakai Instagram sebagai media promosi. Saking ampuhnya, promosi yang kamu lakukan bisa sampai hingga ke luar negeri tergantung hashtag yang kamu gunakan. Jangan khawatir repot dengan masalah pembayaran karena kini sudah ada Paypal.

Dan jika kamu lebih tertarik untuk menerima endorment atau paid promote, kamu harus mulai mengembangkan akun Instagram kamu dari sekarang. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal antara lain:

  • Isi bio Instagram dengan informasi singkat – Sisipkan informasi kontak serta apa saja yang kamu posting di Instagram. Tambahkan juga keyword atau hashtag agar kamu bisa ditemukan dengan lebih mudah oleh orang dengan minat yang sama.
  • Posting secara rutin – Salah satu cara untuk meningkatkan followers adalah dengan rutin mengupdate konten Instagram. Tidak perlu sampai posting beberapa kali setiap hari, kamu bisa mulai konsisten dengan memposting foto 1-2 hari sekali.
  • Ambil foto berkualitas – Jika ingin sukses di Instagram, kamu harus rela meluangkan waktu untuk belajar membuat foto yang baik meski hanya bermodalkan hape. JIka sudha ada modal yang cukp, kau bisa mengupgrade peralatan foto atau menyewa fotografer profesional.
  • Gunakan hashtag yang relevan – Jujur saja foto yang kamu unggah di Instagram mungkin tidak akan bisa dikenal banyak orang tanpa adanya hashtag. Dengan hashtag, orang lain yang bukan followers kamu dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari. Jika kamu masih belum familiar dengan hashtag, coba contek akun-akun Instagram terkenal yang kamu ikuti.
  • Luangkan waktu untuk berinteraksi – Jangan menunggu sampai orang lain datang dan menyapa kamu, terutama saat kita masih baru di Instagram. Coba berinteraksi dengan followers dan orang-orang lain yang memiliki minat yang sama. Selain meninggalkan komentar, kamu juga bisa me-like postingan orang lain, toh tidak ada ruginya kan?

Btw, untuk mendapatkan job sendiri tanpa harus menunggu tawaran dari orang lain, kamu bisa juga lho bergabung ke situs penyedia jasa content placement seperti Sosiago yang juga menyediakan job untuk influencer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like