11 Cara Mendapatkan Banyak Followers TikTok

Meski awalnya banyak dicibir orang, TikTok kini menjelma menjadi salah satu platform sosial media yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Jumlah pengguna TikTok bahkan meningkat cukup pesat dan membuatnya menjadi penantang serius medsos lain seperti Facebook atau Instagram yang lebih dulu populer.

Pada akhirnya, jumlah penikmat video TikTok yang masif membuat orang kini berbondong-bondong mencoba peruntungan mereka pada aplikasi buatan Bytedances ini. Tidak hanya sebagai hiburan, beragam cara mendapatkan uang dari TikTok juga membuat aplikasi asal Negeri Tiongkok ini menjadi patut untuk dicoba.

Nah, buat buat kamu yang ingin sukses, simak dulu yuk tips cara mendapatkan banyak followers TikTok berikut ini.

1. Buat Profil yang Menarik

Halaman profil mungkin menjadi tempat pertama yang akan dilihat oleh orang lain yang tertarik dengan video yang kita posting di TikTok. Karena itulah, langkah pertama yang harus dilakukan untuk menambah jumlah followers TikTok adalah membuat halaman profil yang baik.

Untuk membuat halaman profil yang baik, kita bisa memulainya dengan memilih username yang singkat atau mudah diingat. Jika kita ingin menggunakan TikTok dalam niche tertentu, kita bisa menambahkan keyword pada nama pengguna tersebut.

Jika sudah, lengkapi halaman profil dengan foto dan data-data lain yang bisa kamu isi.

2. Pasang Link TikTok di Media Sosial Lain

Jika kamu memiliki akun sosial media lain yang sudah memiliki banyak pengikut, cara terbaik untuk mendapatkan banyak follwoers TikTok adalah dengan menautkan link TikTok pada akun sosial media tersebut.

Cara ini akan lebih efektif dibanding menggaet followers baru karena kamu sudah memiliki fan base sendiri yang siap mengikuti kamu ke mana pun.

3. Gunakan Metode Follow & Unfollow

Cara yang sampai sekarang cukup ampuh dalam menambah jumlah followers di sosial media adalah dengan cara follow-unfollow. Dengan cara ini, kita hanya perlu memfollow akun orang lain. Jika ia tidak memfollow-balik, kita cukup unfollow akun tersebut.

Dengan memfollow orang lain, secara tidak langsung kita juga mempromosikan akun TikTok milik kita sendiri. Jadi jika pada akhirnya mereka tidak memfollow akun kita, setidaknya kita sudah memberi tahu orang lain mengenai akun yang kita miliki.

Meski begitu, hindari perbuatan tidak terpuji seperti unfollow akun lain setelah mereka memfollow kita. Selain itu jangan lupakan interaksi dengan tiktokers lain agar hubungan kamu tidak sebatas follow-unfollow saja.

4. Ikuti Challenge yang Sedang Viral

Di TikTok seringkali ada banyak challenges viral yang bisa kamu ikuti. Cara ini memang tidak akan secara langsung menambah jumlah followers kamu, tapi setidaknya video kamu bisa muncul jika ada orang lain yang sedang mencari tantangan viral yang sama. Jika konten kamu ternyata menarik bagi orang lain, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan followers baru.

@royahrp

##senyumpalsu

♬ original sound – Roya HRP

5. Buat Konten yang Menarik dan Orisinil

Dengan semakin banyaknya pengguna TikTok, rasanya akan sulit bagi pengguna baru untuk bersaing mendapatkan view dengan konten yang sama dengan tiktokers lain. Tidak jarang bukan kita melihat isi konten yang sama meski dilakukan oleh orang yang berbeda-beda.

Nah, agar akun kamu tampak menonjol, kamu bisa terlihat beda dengan menampilkan konten-konten yang kreatif dan orisinil. Jika kamu memiliki keterampilan khusus, maka kamu bisa membuat konten seputar skill yang kau miliki tersebut. Namun jika kamu belum bisa melakukannya, cari dan gunakan gaya kamu sendiri jika ingin membuat konten yang sama dengan konten lainnya.

6. Bagikan Konten ke Media Sosial Lainnya

Jika kamu menggunakan banyak platform sosial media sekaligus, kenapa tidak menggunakan video TikTok kamu sebagai salah satu kontennya? Dengan mempromosikan konten TikTok kamu di sosial media, kamu memperbesar peluang konten tersebut agar dapat dilihat lebih banyak orang. Jika ada orang lain yang tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi followers baru kamu.

7. Buat Kolaborasi

Cara efektif lainnya untuk menambah jumlah followers TikTok adalah dengan melakukan kolaborasi dengan tiktokers lainnya. Meski ada yang menawarkan jasa untuk hal semacam ini, ada juga tiktokers yang mau bekerja sama secara gratis jika jumlah followersnya sama.

Dengan melakukan kolaborasi konten, kedua belah pihak bisa menjangkau penonton dalam lingkup yang lebih luas. Hal ini tentu berpotensi besar untuk meningkatkan jumlah followers kedua belah pihak.

Enaknya lagi, kolaborasi konten tidak perlu harus bertatap muka. Kamu bisa merekamnya langsung dari tempat masing-masing atau menggabungkannya dengan aplikasi edit video hape.

8. Upload Setiap Hari

Mengupload konten setiap hari memang tidak selalu menjamin penambahan followers yang masif. Namun dengan upload setiap hari, konten Tiktok kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat dilihat orang lain. Bukan tidak mungkin di antara banyak orang yang melihat video kamu, ada beberapa orang yang akan menjadi salah satu followers baru kamu.

9. Upload Video di Waktu yang Tepat

Selain rutin mengupload video baru, menguploadnya di waktu yang tepat juga bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam menggaet followers baru. Lagipula tidak mungkin kan video yang kamu posting di tengah malam tiba-tiba lebih banyak viewsnya dibanding video yang kamu posting di siang hari.

Jadi kenali jam tonton audiense kamu dan postinglah di jam yang tepat agar video kamu dapat terlihat oleh followers dan calon followers kamu.

10. Sertakan Hashtag yang Sesuai

Sama seperti kebanyakan sosial media, kita bisa menggunakan #hashtag untuk menandai konten yang kita buat. Dengan memakai hashtag, video kita bisa dapat dengan lebih mudah dicari orang lain yang ingin mencari konten yang serupa.

Jadi tidak hanya followers kamu saja yang bisa melihat video-video terbaru kamu, orang-orang yang mencari video dengan hashtag tertentu juga bisa ikut menemukannya. Dan jika mereka tertarik dengan konten-konten yang kamu buat, bisa jadi salah satu dari mereka akan menjadi followers baru kamu.

Meski begitu jangan sampai kamu menggunakan hashtag yang salah. Gunakan sewajarnya dan pastinya sesuai dengan konten yang kamu posting.

11. Belajar dari TikToker Lain yang Sukses

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan followers TikTok adalah dengan belajar dari orang lain. Memiliki mentor mungkin akan lebih mengasyikan, namun belajar dari akun TikTok lain yang lebih dulu sukses juga bisa jadi salah satu solusi.

Sebagai langkah awal, kamu bisa melihat akun lain di niche kamu yang memiliki banyak followers. Lihat konten apa saja yang mereka posting dan pelajari bagaimana cara mereka membuatnya. Guakan konten mereka sebagai inspirasi kamu.

Setelah itu kamu juga bisa berinteraksi dengan pemilik akun, atau bahkan mengunjungi profil followers akun superstar tersebut. Dengan target yang relatif sama, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan followers selama kamu bisa membuat konten yang sama menariknya.


Bagaimana, ada banyak cara mendapatkan followers TikTok tanpa aplikasi. Dengan semua cara di atas, tidak perlu modal tampang atau harus jadi alay dulu untuk menambah followers TikTok hingga jutaan.

Meski begitu kamu juga harus ingat kalau tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dalam waktu cepat. Jadi selain mencoba semua cara di atasm, kamu juga harus konsisten agar akun TikTok kamu semakin banyak dilirik orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like