Cara Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Kode dan Blockquote

Mencegah aksi kopas artikel dapat dilakukan dengan mudah dengan plugin atau script tertentu. Lalu bagaimana cara mencegah kopi paste kecuali blockquote atau kode yang ada pada artikel tersebut? Hmm, ternyata ada cara mudahnya lho!

Aksi kopas alias kopi paste konten blog orang lain mungkin bukan hal yang aneh lagi. Saat ini ada banyak blogger yang ingin meraih kesuksesan instan tanpa mau bekerja keras.

Untuk mendapatkan uang dari blog kita memerlukan trafik. Trafik bisa didapat dengan menyuguhkan konten viral atau konten berkualitas. Sayangnya tidak semua blogger yang mengharapkan hasil instan mau bersusah payah untuk membuat konten mereka sendiri.

Kalau ada yang gampang kenapa harus repot, lagian semua yang ada di internet kan gratis, memang dah resikonya begitu,” Kira-kira begitulah pembelaan banyak blogger yang melakukan tindak kecurangan ini.

Saya sendiri sering memergoki blogger lain yang mengkopi konten dari situs ini tanpa memberikan kredit. Dikopi lengkap sama gambar-gambarnya? ada! Dikopi sebagian cuma diubah sedikit kata-katanya? ada juga! (mungkin ini pakai article spinner atau semacamnya). Bahkan yang sampai diterjemahkan ke bahasa Inggris juga ada.

Cara Mencegah Kopi Paste Postingan Blog

Ada cara yang mudah untuk mencegah orang lain menyalin artikel yang kita buat. Bisablog sendiri pernah membuat cara untuk mencegah copy paste konten blogger dengan menambahkan script tertentu. Cukup dengan menambahkan kode berikut ini ke dalam gadget HTML/JAVASCRIPT, pengunjung tidak akan bisa menggunakan shortcut CTRL+A untuk menyeleksi isi sebuah artikel.

<script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script> <script type='text/javascript'> if (typeof document.onselectstart!="undefined" ) { document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else { document.onmousedown=new Function ("return false" ); document.onmouseup=new Function ("return true" ); } </script>

Selain itu, kita juga bisa menambahkan kode berikut ini untuk mencegah pencuri mengambil gambar pada artikel kita dan menonaktifkan aksi KLIK KANAN menggunakan mouse.

<script language=JavaScript>
var message="©Bisablog.com 2018"; //Ganti dengan pesan kamu sendiri
function clickIE4() {
 if (event.button==2) {
 alert (message);
 return false;
 }
}
function clickNS4(e) {
 if (document.layers||document.getElementById&&!document.all) {
 if (e.which==2||e.which==3) {
 alert(message);
 return false;
 }
 }
}
if (document.layers) {
 document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
 document.onmousedown=clickNS4;
} else if (document.all&&!document.getElementById) {
 document.onmousedown=clickIE4;
}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")
</script>

Meski judulnya dikhususkan untuk pengguna Blogger, cara ini bisa juga kok’ dipakai oleh pengguna WordPress. Cukup tambahkan widget CUSTOM HTML di sidebar atau footer, lalu salin kode di atas kemudian simpan.

Untuk kamu yang lebih memiih untuk memakai plugin, mencegah kopi paste artikel juga bisa dilakukan dengan plugin khusus seperti WP Content Copy Protection with Color DesignWP Content Copy Protection, atau WP Content Copy Protection & No Right Click. Tinggal pasang, aktifkan, kamu sudah bisa melindungi konten blog kamu secara otomatis.

Cara Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Kode dan Blockquote

Satu masalah yang saya temui pada kedua cara di atas adalah tidak adanya kontrol terhadap apa yang bisa saya blok. Baik menggunakan script atau plugin akan membuat semua elemen blog tidak dapat disalin, lalu bagaimana bila saya membagikan artikel berisi quote/blockquote atau kode? Akan sangat merepotkan pembaca bukan bila mereka tidak bisa menyalinnya?

Pada beberapa plugin, ada fitur untuk memfilter bagian artikel mana saja yang bisa disalin oleh pembaca. Namun sayang fitur tersebut hanya ada pada versi premium saja. Untung saja ada cara yang murah meriah!

Untuk mencegah kopi paste artikel kecuali kode dan blockquote, kita bisa menambahkan kode CSS berikut ke dalam template Blogger,

.post-outer {
    -webkit-touch-callout:none;
    -webkit-user-select:none;
    -khtml-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
}
.post blockquote,.post pre,.post code{
    -webkit-touch-callout:text;
    -webkit-user-select:text;
    -khtml-user-select:text;
    -ms-user-select:text;
    -moz-user-select:text;
}

Sedangkan untuk pengguna WordPress kamu bisa menggunakan kode berikut,

.entry-content {
    -webkit-touch-callout:none;
    -webkit-user-select:none;
    -khtml-user-select:none;
    -ms-user-select:none;
    -moz-user-select:none;
}
.entry-content blockquote, .entry-content pre, .entry-content code {
    -webkit-touch-callout:text;
    -webkit-user-select:text;
    -khtml-user-select:text;
    -ms-user-select:text;
    -moz-user-select:text;
}

CATATAN: Setiap tema/template memiliki class CSS yang berbeda-beda. Pada kode di atas saya menggunakan contoh yang paling umum. Jadi bila kode ini tidak berhasil, gunakan fitur INSPECT pada browser kamu untuk menentukan class yang tepat.

Bila kalian berhasil melakukannya, maka blog kalian akan seperti blog ini di mana kamu tidak bisa menyalin tulisan kecuali kode-kode di atas atau quote di bawah ini.

“Tell me and I forget. Teach me and I remember. Involve me and I learn.” -Benjamin Franklin


Pos Terkait:

1 thought on “Cara Mencegah Kopi Paste Artikel Kecuali Kode dan Blockquote”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.