Cara Mencari File Duplikat di PC dan Menghapusnya

File duplikat di PC akan membuat kapasitas storage berkurang. Untungnya ada cara mencari file duplikat di PC dan menghapusnya dengan mudah tanpa harus melakukannya satu-persatu.

File duplikat, atau file ganda, adalah file yang identik baik nama maupun ukurannya. Adanya file ganda seperti ini jelas akan sangat merugikan karena kita menyimpan dua file yang tidak ada bedanya. Jika file duplikat tersebut berukuran besar, maka hal ini bisa membuat hardisk kita cepat penuh.

Sayangnya mencari file duplikat secara manual bukanlah hal yang mudah, aplagi jika kita menyimpan ratusan atau bahkan ribuan file di komputer kita. Tentu sulit bukan harus membandingkan semua file tersebut satu-persatu?

Untungnya kini ada banyak tools yang bisa kita pakai untuk mencari file duplikat. Tidak hanya mencari file dengan nama yang sama saja, aplikasi duplicate finder ini juga bisa mencari dua file yang memiliki ukuran yang bernar-benar sama. Filed duplikat pun dapat ditemukan dengan mudah dan kamu hanya perlu menghapusnya saja.

Cara Mencari dan Menghapus File Duplikat di HDD Komputer

Untuk mencari file ganda di PC/laptop, kita akan memakai aplikasi duplicate finder pihak ketiga karena Windows tidak memiliki program default semacam ini. Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah CCleaner yang mungkin saja sudah terinstal di komputer kamu. Jika tidak, kamu bisa mencoba dua aplikasi duplicate checker lain di tutorial ini.

1. Cara Mencari File Duplikat dengan CCleaner

Sebagai salah satu aplikasi terpopuler di Windows, ada kemungkinan besar kalau kamu sudah memiliki aplikasi ini. CCleaner sendiri sebenarnya lebih dikenal sebagai aplikasi untuk membersihkan file sampah di komputer. Tapi tidak hanya itu, CCleaner juga memiliki banyak fitur penting lainnya, seperti mencari file duplikat di komputer kamu.

Untuk menemukan file ganda menggunakan aplikasi ini, cukup buka CCleaner lalu masuk ke menu TOOLS ► DUPLICATE FINDER. Meski bukanlah fitur utama software ini, menu pengaturan duplicate finder di CCleaner sudah cukup baik, misalnya saja:

  • File duplikat dapat dicari berdasarkan nama, ukuran, tanggal modifikasi, konten, atau gabungan semua parameter tersebut.
  • Kita bisa mengecualikan file sistem, read-only files, dan hidden files.
  • Ada opsi untuk mencari file dalam rentang ukuran tertentu saja.
  • Mencari file duplikat pada drive tertentu saja.
  • Memfilter hasil pencarian berdasarkan ekstensi file
Cara Mencari File Duplikat dengan CCleaner

Dari pengalaman saya, CCleaner mampu mencari file duplikat dalam waktu yang cukup cepat. Filter yang ada pun dapat digunakan untuk mencari file ganda secara akurat. Untuk menghapus file yang sama juga bisa dilakukan langsung dari aplikasi CCleaner.

Jadi jika kamu ingin mencari file duplikat di kompute dan sudah memiliki aplikasi CCleaner, rasanya kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi duplicate checker yang lainnya.

2. Cara Menghapus File Duplikat dengan Auslogics Duplicate File Finder

Auslogics Duplicate File Finder adalah software yang sudah dikenal lama sebagai salah satu aplikasi pencari file duplikat terbaik. Beda dengan CCleaner, aplikasi ini meman khusus dipakai untuk menemukan dan menghapus file ganda saja.

Beberapa fitur yang bisa kamu temui di aplikasi ini antara lain

  • Mencari file duplikat di drive tertentu, atau bahkan folder tertentu saja
  • Mencari file duplikat berdasarkan kategori seperti gambar, video, audio, dll
  • Mencari file duplikat berdasarkan rentang ukuran tertentu
  • Memeriksa file duplikat berdasarkan nama file atau sebagian nama file
  • Mengatur file terhapus agar dipindahkan ke Recycle Bin, Rescue Center, atau dihapus secara permanen
Cara Menghapus File Duplikat dengan Auslogics Duplicate File Finder

Sama seperti CCleaner, aplikasi ini juga bisa menemukan file duplikat dengan cepat dan akurat. File yang dihapus pun bisa dipindahkan ke recycle bin atau langsung dihapus secara permanene. Jika kamu belum memiliki aplikasi CCleaner dan hanya ingin mencari file duplikat saja, maka kamu bisa memasang aplikasi Auslogics Duplicate File Finder.

Satu informasi penting, aplikasi ini adalah bundleware yang akan menginstal aplikasi lainnya. Jadi saat memasang aplikasi ini, gunakan opsi CUSTOM INSTALL agar kamu bisa membloknya.

3. Cara Menemukan File Ganda dengan SearchMyFiles

SearchMyFiles sebenarnya adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari file tertentu pada Windows. Namun pada aplikasi buatan Nirsoft ini juga terdapat menu untuk mencari file duplikat.

Beda dengan dua aplikasi sebelumnya, SearchMyFiles dapat digunakan secara portable. Selain itu, menu pencarian di aplikasi ini jauh lebih lengkap dibanding software lain yang sejenis.

Beberapa fitur yang tidak ditemukan di aplikasi sejenis antara lain fitur untuk mencari file dengan nama yang Case Sensitive, scan subfolder hingga kedalaman tertentu, hingga mencari file berdasarkan tanggal aksesnya. Untuk melihat semua menu pencarian di software ini, kamu bisa melihat screenshot di bawah ini.

Cara Menemukan File Ganda dengan SearchMyFiles

Bagaimana, mudah bukan cara mencari file duplikat di Windows dan menghapusnya?

Pada beberapa kasus, CCleaner rasanya sudah lebih dari cukup, apalagi jika kamu memang sudah memiliki aplikasi ini. Namun jika kamu hanya ingin mencari file ganda secara berkala, Auslogic juga bisa menjadi piihan bagus meski kamu harus berhati-hati dengan bundleware yang coba mereka install. Dan jika kamu butuh aplikasi yang jauh lebih advanced, SearchMyFiles memiliki banyak opsi yang tidak kamu temui di aplikasi lain yang sejenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like