Cara Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File / Folder di Windows 8 & 10

Pada Windows versi sebelumnya, saat kita menghapus file atau folder biasanya akan ada kotak dialog yang menanyakan apakah kita ingin benar-benar menghapus data tersebut, “Apakah Anda yakin memindahkan file/folder ini ke Recycle Bin”

Meski terlihat sepele, kotak dialog konfirmasi ini akan sangat berguna jika kita tidak sengaja menghapus file atau folder di Windows. Tanpa adanya konfirmasi ini, kita mungkin tidak akan pernah mengetahui file apa yang tiba-tiba hilang dari komputer kita.

Sayangnya pada Windows 8 dan 10, dialog konfirmasi saat menghapus file ini tidak muncul secara default. Jika kamu baru pertama kali menggunakan Windows versi ini, bukan berarti konfirmasi tidak berfungsi atau ada yang salah (error) pada OS kamu yah!

Untungnya ada cara mudah untuk memunculkan popup konfirmasi ini.

Cara Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File di Windows 10

Untuk menampilkan konfirmasi saat kita menghapus file atau folder di Windows 8 dan 10, kita hanya perlu mengaktifkan satu opsi yang terletak di Recycle Bin, caranya:

  • Klik kanan pada ikon Recycle Bin yang ada di desktop
  • Pilih PROPERTIES
  • Centang opsi “Display delete confirmation dialog”
  • Klik APPLY/OK
Cara mengaktifkan konfirmasi saat menghapus file/folder di Windows 10
Cara mengaktifkan konfirmasi saat menghapus file/folder di Windows 10

Jika sudah, maka sekarang akan muncul konfirmasi jika kita menekan tombol DELETE saat menghapus file atau folder di Windows 10.

Muncul konfirmasi delete saat menghapus file/folder Windows 8 & 10
Muncul konfirmasi delete saat menghapus file/folder Windows 8 & 10

Bagi sebagian orang, rasanya tidak ada masalah jika konfirmasi delete tidak muncul saat mereka menghapus file/folder di Windows 10. Enak kan tidak perlu repot mengklik OK lagi hanya untuk menghapus file. Toh kalau kita salah menghapus pun, file masih bisa direstore dari Recycle Bin.

Meski begitu adanya popup konfirmasi saat kita menghapus file dari Windows tentu akan berguna jika kita menghapus file tanpa sengaja. Jangan sampai kita sudah membersihkan Recyle Bin kita justru baru sadar ada file penting yang hilang.

This Post Has 2 Comments

  1. Nama tamplate blog yg dipakai apa yah?

    1. Saya pakai tema gratis untuk WordPress, WP Astra

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu