Cara Menambah Lokasi di Google Maps

Kamu harus tahu cara menambah lokasi di Google Maps sehingga banyak pengguna internet yang mengetahui lokasi fisik usaha yang kamu kelola. Jika lokasi bisnis bisa ditemukan lewat Google Maps, calon pelanggan akan mudah menemukannya ketika mereka berminat terhadap produk/jasa tersebut.

Menambahkan lokasi di Google Maps juga berpengaruh dalam meningkatkan penjualan, karena biasanya akan muncul di mesin pencarian begitu keyword relevan dimasukkan oleh pengguna internet. Ingin bisnis muncul di Google Maps? Simak di bawah ini cara-caranya!

Mengapa Harus Menambah Lokasi di Google Maps

1. Meningkatkan Ranking Local di Mesin Pencari

Salah satu manfaat menambahkan lokasi bisnis di Google Maps adalah untuk meningkatkan ranking di mesin pencari, khususnya dalam pencarian lokal. Ini sangat bermanfaat untuk UMKM, yang sasaran pasarnya masih terbatas.

Kamu harus tahu, bahwa Google memprioritaskan bisnis lokal agar muncul terlebih dahulu dalam mesin pencari. Karena itu akan sangat rugi jika kamu tidak menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku agar hasilnya maksimal.

2. Memudahkan Konsumen Menemukan Alamat Fisik Bisnis

Alasan harus menambahkan lokasi di Google Maps berikutnya adalah agar konsumen dimudahkan dalam menemukan alamat fisik dari bisnis. Jadi jika mereka berminat terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan, mereka bisa langsung menuju lokasi tersebut untuk melakukan transaksi.

Mereka juga akan percaya jika harus melakukan delivery order, berkat Google Maps konsumen akan tahu apakah sebuah bisnis fiktif atau tidak. Kemudahan dan kepercayaan konsumen inilah yang akan membantu eksistensi di dunia usaha.

3. Untuk Tampilan Terbaik di Mesin Pencari Google

Jika lokasi usaha yang kamu daftarkan di Google Maps sudah diverifikasi, maka bisnis akan muncul di mesin pencari Google dengan tata letak yang baik. Jika keyword yang dimasukkan pengguna internet relevan dengan bisnis, maka lokasi usaha akan muncul di sisi kanan di halaman hasil pencarian.

Lokasi bisnis tersebut dikemas di dalam sebuah kotak, dimana di dalamnya terdapat foto, alamat fisik, website, jam operasional dan masih banyak lagi. Di sana juga akan ada review dari pengguna internet yang pernah merasakan produk/jasa, baik buruknya tergantung kualitas yang kamu berikan.

Nah, jika review dan testimoni pelanggan positif, maka akan bermanfaat untuk menarik konsumen baru. Testimoni adalah salah satu bentuk promosi dari mulut ke mulut, yang efektif untuk menarik minat calon pelanggan potensial lainnya.

4. Mendapatkan Wawasan dan Fasilitas Analitik

Jika kamu sudah mendaftar bisnis di Google Bisnisku dan menambahkan lokasi di Google Maps, maka kamu bisa mendapatkan data dan informasi penting. Data-data tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai bahan acuan membuat strategi marketing yang lebih efektif.

Beberapa informasi bermanfaat yang bisa kamu dapatkan di antaranya adalah jumlah kunjungan, sumber kunjungan, tingkah laku kunjungan dan masih banyak lagi. Data semacam ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis, yang mana bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak penjualan dengan signifikan.

Cara Menambah Lokasi di Google Maps di Smartphone

Kamu bisa menambahkan lokasi di Google Maps dengan HP, Android maupun iPhone. Syarat hanya satu, yaitu kamu sudah memasang aplikasinya di perangkat tersebut. Berikut bisa kamu simak cara menambahkan lokasi di google map Android atau iPhone :

  • Buka Google Maps (biasanya sudah langsung terpasang di smartphone), untuk hasil yang lebih akurat mungkin kamu juga perlu memperbaruinya
  • Selanjutnya pilih Akun Google yang akan digunakan
  • Jika sudah, kamu klik menu (ikon tiga garis vertikal) yang berada di pojok kiri atas (Pada beberapa perangkat tertentu, kamu juga bisa klik “Contribute”)
  • Selanjutnya klik “Add Missing Place”
  • Jika sudah, kamu akan dialihkan ke halaman “Add a Place”, di sana kamu bisa mulai menambahkan detail lokasi yang ingin ditambahkan, dengan alamat, jam buka, foto dan seterusnya
  • Di halaman “Add a Place”, kamu bisa menambahkan “Name” (nama lokasi), “Address” (alamat lokasi, selengkap mungkin), “Category” (bisa restoran, UMKM dst), “Nomor telepon”, “Website”, dan “Hours” (jam buka tutup)
  • Jika sudah, kamu juga bisa menambahkan foto lokasi toko dengan klik “+” di bagian “Photos”, usahakan untuk menambahkan foto terbaru selengkap mungkin
  • Sekarang lakukan pengecekan ulang, apakah data yang kamu input tidak ada kesalahan
  • Jika sudah benar semua, kamu bisa mengirimkan permintaan penambahan lokasi ke Google dengan klik ikon pesawat terbang dari kertas di bagian atas
  • Selesai, sekarang kamu tinggal menunggu hasil verifikasi oleh Google, biasanya memakan waktu hingga 2 minggu
  • Semakin lengkap data yang kamu input, semakin cepat pula waktu verifikasi yang dibutuhkan oleh Google

Cara Menambah Lokasi di Google Maps di PC /Laptop

Selain dengan HP, menambahkan lokasi di Google Maps juga bisa kamu lakukan di PC atau komputer. Jika di HP menggunakan aplikasi Google Maps, maka di PC kamu bisa langsung mengakses website Google Maps.

Berikut bisa kamu pelajari cara menambahkan tempat di google map lewat PC :

  • Buka browser favorit di PC
  • Masukkan alamat https://www.google.com/maps di address bar lalu tekan “Enter”
  • Jika belum pernah mendaftar, kamu bisa sign up menggunakan salah satu Akun Google yang kamu miliki
  • Jika sudah mendaftar, sekarang klik menu (ikon tiga baris) yang berada di pojok kiri atas dan pilih “Add Missing Place”
  • Setelahnya kamu akan dibawa ke halaman “Add a Place”
  • Sekarang tambahkan detail lokasi yang ingin kamu tambahkan, seperti nama, alamat fisik, kategori, nomor telepon, website, jam operasional (jika bukan 24 jam, kamu bisa centang “Open 24 Hours”)
  • Jika kamu sudah yakin dengan semua data yang kamu input, klik “Submit”
  • Jika koordinat lokasi yang kamu daftarkan belum ada di Google Maps, maka kamu harus menunggu selama beberapa minggu agar Google bisa memverifikasinya
  • Jika sudah ada, maka akan muncul jendela yang memberitahukan alamat lokasi saat ini, namun jika jendela tersebut memberitahukan bahwa tempat tersebut berada di tempat yang salah, klik saja “Submit Anyway”

Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan Google My Business

  • Download dan pasang Google My Business
  • Klik “Start Now”
  • Tulis nama bisnis yang ingin kamu daftarkan ke Google Maps
  • Klik “Yes” untuk memunculkan lokasi di mesin pencarian
  • Sekarang tulis alamat fisik bisnis
  • Selanjutnya Google akan mengecek apakah bisnis sudah pernah didaftarkan atau belum, jika belum pernah klik “None  of These”
  • Selanjutnya tentukan titik lokasi bisnis
  • Jika kamu melayani konsumen di luar area tersebut, klik “Yes, i also serve them outside my location”, jika tidak kamu klik “No. I don’t”
  • Sekarang masukkan kategori, nomor telepon, website, foto dan seterusnya
  • Selesai, jika disetujui, Google akan mengirimkan surat fisik ke alamat bisnis yang kamu daftarkan

Cara menambahkan lokasi di Google Maps sangat mudah, karena kamu bisa menggunakan HP, PC atau melalui aplikasi Google My Business. Dengan menambahkan lokasi di Google Maps, bisnis akan diketahui banyak orang, yang juga bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Jika kamu memiliki blog, jangan lupa juga untuk memasang peta Google Maps agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat yang sedang kamu bicarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like