15 Cara Mendapatkan Banyak Like, Komen, dan Followers Instagram Tanpa Aplikasi

Mau tahu cara mendapatkan banyak like, komen, dan followers Instagram tanpa memakai aplikasi? Simak beberapa cara menambah jumlah followers aktif Instagram berikut ini yuk!

Tidak hanya bisa dipakai untuk memajang foto-foto kamu saja, Instagram kini juga bisa digunakan sebagai sumber penghasilan. Selain melalui endorse, kamu juga bisa menjual produk hingga menjadi influencer.

Meski begitu ada syarat utama yang harus kamu penuhi dulu agar bisa sukses menghasilkan uang dari Instagram. Salah satunya adalah jumlah followers yang banyak.

Semakin banyak followers, kesempatan kamu untuk mendapat tawaran kerjasama tentu akan lebih besar. Bayaran yang bisa kamu terima pun bisa jauh lebih tinggi dibanding micro influencer lain yang masih belum memiliki banyak followers.

Sayangnya, meningkatkan jumlah followers bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Jika kamu ingin mendapatkan follwoers instagram aktif tanpa beli atau memakai aplikasi, simak cara-caranya di bawah ini yah!

Cara Menambah Followers Instagram Aktif Tanpa Aplikasi

1. Fokus Pada Niche Tertentu

Sebenarnya tidak ada batasan mengenai apa saja yang bisa diposting di Instagram. Namun jika kamu ingin memiliki jumlah followers dengan cepat, ada baiknya jika akun kita fokus pada satu niche tertentu saja. Hal ini akan mempermudah kita untuk menggaet followers baru yang berminat pada satu bidang tertentu.

Sebagai contoh, kita bisa membuat akun food blogging yang kontennya lebih fokus pada sajian kuliner atau makanan menarik lainnya. Contoh lainnya adalah membuat akun traveling yang bisa diisi dengan foto-foto menarik mengenai destinasi wisata.

Selain kedua contoh tersebut, kamu juga bisa membuat akun berdasarkan user generated content di mana kita bisa merepost konten menarik dari akun lain sesuai dengan niche yang kita incar.

2. Buat Bio yang Memukau

Halaman profil mungkin menjadi tempat pertama yang akan dituju pengunjung baru yang tertarik dengan konten yang kamu posting. Data dari Instagram sendiri menunjukan bahwa 2/3 pengunjung halaman profil ini berasal dari non-followers. Jadi jika kamu ingin menambah jumlah followers, jangan lupa untuk membuat halaman bio yang jelas dan baik

Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat halaman profil yang baik antara lain,

  • Nama: Dengan panjang maksimal 30 karakter, kamu bisa menambahkan keyword agar nama kamu lebih unik dan kontennya dapat dengan mudah dikenali.
  • Username: Jika kamu memiliki banyak akun sosial media lainnya,, usahakan untuk menggunakan nama yang sama agar pengunjung dari media sosial lainnya dapat lebih mudah mencari username instagram kamu.
  • Website: Sebagai satu-satunya tempat di mana kita menyematkan link, kolom website bisa diisi dengan link CTA atau link profil seperti Linktree
  • Bio: Penjelasan singkat mengenai akun dan kenapa pengunjung harus menjadi followers akun tersebut. Di kolom Bio ini kamu juga bisa memasukan hashtag serta info kontak.

3. Buat Konten yang Bagus

Sama seperti media sosial pada umumnya, konten yang bagus adalah kunci untuk mendapatkan followers tanpa menambah jumlah following. Konten yang bagus akan lebih menarik orang lain untuk berkomentar, menekan tombol like, dan membagikan postingan kita. Dengan level engagement yang tinggi, konten kita pun akan punya peluang besar untuk bisa dipromosikan oleh Instagram yang bisa membantu kita mendapatkan followers baru.

Sebagai media sosial yang fokus pada konten visual, memiliki konten dengan tampilan yang baik tentu akan sangat membantu. Namun jika kamu masih memiliki keterbatasan dalam membuat konten semacam ini, kamu juga bisa membuat konten sederhana yang dapat menghibur followers kamu.

Satu hal penting lagi, hindari konten yang kontroversial seperti konten politik atau konten berbau SARA. Kalau perlu, pisahkan akun berisi opini pribadi kamu dengan akun Instagram lain yang ingin kamu kembangkan.

4. Tambahkan Caption yang Menarik

Sama seperti foto/video, caption juga menjadi elemen penting dalam membuat konten Instagram yang bagus. Lagipula siapa yang tidak tertarik dengan konteks atau cerita menarik di balik sebuah foto/video?

Foto dan video yang diposting tanpa caption hanya akan menjadi konten biasa yang cepat terlupakan. Namun menambahkan caption yang menarik akan membuat foto/video yang kita posting menjadi lebih istimewa. Pengunjung pun akan lebih mudah berinteraksi dengan cerita yang disuguhkan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat caption Instagram yang menarik antara lain:

  • Letakan kata-kata penting di awal: Caption yang kita buat akan secara otomatis terpotong saat muncul di feed Instagram. Jadi inti cerita atau kalimat penting yang ingin kamu tekankan harus diletakan di awal caption.
  • Gunakan pertanyaan: Memberi pertanyaan adalah salah satu cara untuk memperbanyak komentar di postingan Instagram karena pengunjung tahu apa yang harus mereka komentari.
  • Menambahkan emoji: Dengan tampilan yang jauh berbeda dari teks, emoji akan sangat cocok untuk menekankan poin yang ingin kamu sampaikan.
  • Editing: Jangan terburu-buru dalam mempublish caption. Baca ulang dan edit jika perlu, terutama jika kamu membuat caption yang panjang.

5. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Salah satu bentuk optimasi konten lain yang harus dilakukan untuk memperbanyak followers Instagram adalah menambahkan hashtag pada setiap postingan kamu.

Hashtag sendiri berfungsi untuk mengelompokkan konten, dengan begitu orang lain akan dapat dengan mudah menemukan konten kita.

Meski begitu jangan sembarangan menggunakan hashtag. Pilihlah beberapa hashtag yang sesuai dengan postingan kamu, jangan sampai kamu menggunakan hashtag yang tidak relevan. Selain itu jangan teralalu banyak menggunakan hashtag. Meski kita bisa menambahkan hingga 30 hashtag, 10 hashtag yang relevan akan jauh lebih efektif.

7. Follow dan Unfollow

Sama seperti cara mendapatkan followers di banyak media sosial, menggunakan metode follow-unfollow adalah salah satu trik ampuh jika digunakan dengan baik. Dengan metode ini, kita hanya perlu memfollow akun orang lain saja untuk kemudian meng-unfollow mereka setelah beberapa saat.

Jika kamu ingin menambah followers Instagram tanpa menambah following, metode ini bisa jadi cara terbaik. Dan kalau kamu tidak ingin repot memfollow atau mengunfollow akun Instagram secara manual, kini bahkan ada banyak tools agar kamu bisa melakukannya secara otomatis.

Meski begitu, cara ini bukanya tanpa kekurangan. Bagaimanapun banyak orang yang tidak akan suka jika kita mengunfollow akun tertentu setelah mereka memfollow kita. Jika mereka menyadarinya, bukan tidak mungkin mereka juga akan ikut-ikutan mengunfollow akun kita.

8. Pertimbangkan untuk Memprivate Akun

Membuat akun Instagram menjadi privat artinya kita mengunci akun kita agar tidak sembarangan orang bisa melihat konten di dalamnya. Untuk dapat membukanya, orang lain harus menjadi followers kita dengan persetujuan terlebih dahulu.

Membuat akun menjadi privat sendiri tidak selalu buruk, malah bisa dipakai sebagai salah satu strategi untuk memperbanyak jumlah followers Instagram.

Jika kita masih baru mempromosikan akun Instagram, membuka akun adalah langkah terbaik agar orang lain bisa leluasa mengeksplor konten di feed kita. Namun pada beberapa kasus seperti ketika akun kita menjadi viral, maka mengunci akun bisa menjadi langkah yang bisa diperhitungkan. Semakin banyak orang yang penasaran, maka semakin banyak orang juga yang ingin melihat akun kita. dan ini kesempatan bagi kamu untuk mengubah semua orang tersebut menjadi followers kamu.

9. Posting di Waktu yang Tepat

Pernahkah kamu menyadari bahwa ada beberapa postingan kamu yang memiliki tingkat interaksi yang lebih tinggi dibanding postingan lainnya?

Meski konten memegang peranan penting, waktu posting juga tidak kalah pentingnya. Dengan memposting di waktu yang tepat, foto/video yang diunggah memiliki potensi untuk dilihat lebih banyak orang. Waktu posting yang optimal ini akan berbeda-beda tergantung target followers kamu sendiri. Jadi jangan ragu untuk bereksperimen atau gunakan tools Instagram Analytics.

10. Follow, Like, dan Komen Akun Sejenis

Akun dengan niche yang sama tidak melulu harus menjadi saingan kita. Jika perlu, akun sejenis ini malah bisa digunakan sebagai alat untuk menambah jumlah followers kita sendiri.

Untuk melakukannya, kita bisa memfollow, memberi like, hingga meninggalkan komentar pada akun yang sejenis. Saat memberi komentar, hindari komentar-komentar yang bersifat umum seperti “Great post!” atau semacamnya. Selain itu jangan memberi komentar yang mengajak orang lain untuk memfollow akun kita sendiri secara berlebihan. Agar orang lain tertarik secara natural, berilah komentar terbaik kita.

Selain berkomentar di akun sejenis, kamu juga bisa lho ikutan nimbrung di akun followers mereka. Dengan niche yang sama, bukan tidak mungkin followers saingan kamu juga tertarik dengan konten yang kamu buat.

11. Tag Akun Instagram Populer Agar Di-Notice

Cara lain yang patut kamu coba untuk mendapatkan eksposure yang lebih luas dan menambah jumlah followers kamu adalah dengan ‘mendompleng’ ketenaran akun yang lebih populer. Hal ini bisa kita lakukan dengan men-mention brand atau akun Instagram user generated content yang sesuai dengan postingan kita.

Akun Instagram milik brand atau akun yang sering merepost konten followersnya umumnya memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak. Dan jika konten yang kamu buat berhasil direspot oleh akun-akun populer tersebut, maka akun kamu bisa lebih terkenal dan mendapat followers baru.

12. Tag Lokasi

Jika kamu memposting foto/video dari lokasi tertentu, tidak ada salahnya untuk mencantumkan dan men-tag lokasi agar konten tersebut lebih mudah ditemukan.

Tidak hanya tag lokasi, kamu juga bisa tag event atau perkumpulan yang kamu ikuti. Dengan begitu kamu juga bisa terhubung dengan orang lain yang berada di event yang sama. Jika mereka suka dengan konten yang kamu buat, kamu bisa menambah jumlah komen dan like, atau bahkan jumlah followers kamu sendiri.

13. Promosikan akun Instagram di Media Sosial Lainnya

Cara terbaik untuk meningkatkan jumlah followers Instagram tanpa aplikasi adalah dengan mempromosikan akun tersebut di akun sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, atau Youtube. Hal ini akan lebih efektif karena followers kamu di medsos lainnya akan lebih mudah diajak sebagai followers baru Instagram kamu. Jika kamu sudah memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial lainnya, kamu bisa menambah jumlah followers Instagram tanpa menambah jumlah following.

Satu hal yang perlu diingat, jangan bersikap pasif dengan menautkan link Instagram di bio saja. Ajak juga followers kamu untuk memfollow akun Instagram kamu di postingan yang kamu buat.

14. Buat Kontes atau Giveaway

Bagi yang memiliki modal, membuat kontes atau giveaway adalah cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan like, komen, dan followers Instagram baru dengan cepat. Namun jika kamu ingin melakukannya, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar modal yang kamu keluarkan tidak sia-sia, misalnya saja:

  • Buat kontes yang mudah agar semua orang bisa mengikutinya.
  • Berikan syarat agar peserta memfollow akun kita terlebih dahulu. Jika perlu, beri juga syarat tambahan seperti memberi komen atau like pada postingan tertentu.
  • Promosikan kontes ini dengan meminta followers kamu untuk tag beberapa temanya agar bisa ikutan kontes yang kamu buat.
  • Beri tenggat waktu yang singkat agar peserta merasa harus segera untuk mengikutinya agar tidak ketinggalan.
  • Gunakan hashtag khusus agar kamu dapat memonitor kontes
  • Beri hadiah yang menarik dan pastikan hadiah diberikan secara adil dan jujur
  • Promosikan kontes/giveaway yang kamu buat

Untuk meraih jangkauan yang lebih luas, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer yang sudah memiliki lebih banyak followers. Dengan begitu akan ada lebih banyak peserta yang mengikuti kontes tersebut dan peluang kamu untuk mendapatkan komentar, like, dan followers Instagram menjadi jauh lebih besar.

15. Menyewa Jasa Influencer atau Selebgram atau Berkolaborasi

Cara terakhir untuk mendapatkan banyak komen, like, dan followers di Instagram adalah dengan menggunakan jasa endorsement dari influencer/selebgram. Jika kamu memiliki jumlah followers yang sama, kamu juga bisa melakukan kolaborasi yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Tergantung jumlah followers dan engagement rate yang dimiliki akun selebgram, cara ini umumnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke akun kita dengan drastis.

Untuk melakukannya, kita bisa memilih slebgram yang cocok dengan akun kita. Akun yang menerima endorsement biasanya akan menampilkan info kontak pada bio mereka. Namun kamu juga bisa mencari akun semacam ini melalui situs influencer seperti Sosiago. Jika sudah, kamu bisa membahas langsung bagaimana mekanisme kerja yang sudah ditentukan oleh para influencer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like