4 Cara Memperpendek Link Google Form dan Google Drive

Pusing dengan panjangnya link Google Forms atau Google Drive? Cari tahu yuk cara memperpendek link Google Form dan Google Drive agar sesuai dengan keinginan kamu.

Google Forms dan Google Drive adalah dua layanan gratis yang memiliki banyak keuntungan. Dengan Google Forms kita bisa membuat beragam jenis form seperti form kontak untuk blog. Sedangkan Google Drive adalah salah satu online storage terbaik yang menyediakan 15GB penyimpanan cloud secara gratis.

Selain digunakan sendiri, keduanya bisa dibagikan agar orang lain dapat melihat isinya cukup dengan menyalin link tautan ke file/folder layanan Google tersebut.

Namun jika kamu pernah membagikan link Google Drive atau Google Forms, pasti kamu pernah lihat betapa rumitnya link tersebut. Sebagai contoh, link Google Forms akan tampak seperti berikut ini

https://docs.google.com/forms/d/13OculyRUN1bP2p5FLCL_vLL4V0DLOK6IvtoadgB-BvA/viewform?edit_requested=true

Sedangkan link Google Drive akan tampak seperti berikut,

https://drive.google.com/file/d/1wtyY0-V4q9NA9b7dkQF8spEKs6rZCDEZ/view?usp=sharing

Selain terlalu panjang, keduanya jelas sulit untuk diingat. Tentu akan menyenangkan bukan jika kita bisa memperpendek link Google Form dan Google Drive tersebut agar lebih ringkas dan mudah diingat?

Untungnya hal tersebut cukup mudah dilakukan. Tidak hanya menjadi lebih pendek, kita juga bisa memantau banyaknya klik yang didapat link tersebut. Dan satu poin menarik, kita bahkan bisa menghasilkan uang dari link pendek yang kita buat lho!

1. Cara Membuat Link Google Forms dan Google Drive Menjadi Bit.ly Custom

Cara mengubah link Google Forms sesuai keinginan kita bisa dilakukan dengan memakai layanan URL shortener. Salah satu situs Shortener URL terbaik yang bisa kita gunakan adalah Bit.ly. Selain gratis, Bit.ly juga memiliki banyak fitur keren seperti statistik link dan pembuatan nama link kustom.

Untuk membuat link google form menjadi bit.ly custom, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buat akun gratis di Bit.ly
  • Klik tombol CREATE ► LINK pada menu di bagian atas dasbor Bit.ly
  • Masukan link Google Forms atau Google Drive pada kotak isian yang tersedia
  • Pada jendela baru, isi kotak isian Title dengan judul link Bit.ly. Customize Back-Half dipakai untuk mengganti nama link dengan nama link yang kita inginkan. Untuk melakukannya, cukup hapus nama link yang ada lalu masukan nama link yang kita inginkan. Terakhir ada Tag yang bisa diisi dengan label agar kita lebih mudah mengelompokan link yang sudah kita buat.
  • Jika sudah, klik tombol SAVE
cara membuat link google form menjadi bit.ly custom

2. Cara Memperpendek Link Google Forms dan Google Drive dengan GG.gg

URL shortener lain yang bisa kamu gunakan selain Bit.ly adalah GG.gg. Dibandingkan Bit.ly tampilan GG.gg jauh lebih sederhana. Meski begitu pemendek URL ini juga memiliki beberapa fitur menarik seperti fitur tracking untuk memantau jumlah pengunjung ,dan link kustom agar kita bisa mengubah link Google Form sesuai keinginan kita.

Untuk menggunakannya, kita tidak perlu daftar akun GG.gg terlebih dahulu. Namun jika kita ingin melihat statistik link, tidak ada ruginya membuat akun gratis GG.gg terlebih dahulu.

Untuk memperpendek link Google Form dengan GG.gg, berikut adalah langkah-langkahnya

  • Masuk ke situs GG.gg
  • Salin tautan Google Forms atau Google Drive pada kotak isian yang tersedia
  • Centang opsi CUSTOMIZE LINK untuk mengubah nama link yang akan dibuat
  • Masukan nama link kustom setelah http://gg.gg/
  • Klik tombol SHORTEN URL untuk memperpendek link Google Forms
Cara Memperpendek Link Google Forms dengan GG.gg

3. Cara Mengubah Nama Link Google Forms dan Google Drive dengan S.id

Selain dua Shortener URL sebelumnya, kita juga bisa memperpendek link dengan S.id. S.id sendiri adalah pemendek link buatan dalam negeri. Fitur-fiturnya pun tidak kalah menarik dibanding pemendek URL dari luar negeri.

Untuk mengubah nama link Google Forms dengan S.id, ada baiknya jika kita membuat akun gratis terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa menggunakan lebih banyak fitur S.id seperti link kustom agar kita bisa mengubah link Google form sesuai keinginan kita. Agar lebih jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke S.id dan buat akun baru
  • Login ke dasbor S.id lalu masukan link Google Forms atau Google Drive pada kotak isian yang tersedia
  • S.id akan secara otomatis mengubah link Google Forms / Drive menjadi link pendek
  • Untuk mengubah link Google Forms sesuai keinginan kita, klik tautan GANTI lalu masukan nama link yang kita inginkan
  • Jika sudah, klik tautan SIMPAN atau tombol centang berwarna biru

4. Cara Mengubah Nama Link Google Drive dengan Adtival

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memperpendek link dengan URL Shortener berbayar seperti Adtival. Beda dengan URL Shortener lainnya, kita bisa mendapatkan uang jika membuat link pendek dengan layanan ini.

Cara pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan tools lainnya. Setelah link jadi dan dibagikan, kita bisa mendapatkan komisi setiap kali ada yang mengklik link tersebut. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini;

  • Buka situs Adtival.network lalu buat akun gratis
  • Masuk ke menu NEW LINK lalu salin link Google Drive pada kotak isian yang disediakan
  • Klik opsi ADVANCED OPTIONS
  • Masukan nama link kustom pada kotak isian ALIAS
  • Sebagai langkah tambahan, kamu bisa mengganti domain link pendek dengan domain lain yang sudah disediakan
  • Jika sudah, klik tombol SHORTEN
Cara Mengubah Nama Link Google Drive dengan Adtival

Seperti bisa kamu lihat, ada banyak cara untuk memperpendek link Google Forms dan Google Drive dengan mudah. Tidak hanya membuat link lebih ringkas dan mudah diingat, kita juga bisa melacak berapa banyak jumlah klik yang didapat link tersebut.

Dan sebagai alternatif, kita juga bisa mengubah nama link dan mendapatkan uang dari link yang sudah dipendekan tersebut. Lumayan nih buat kamu yang sering bagi-bagi file lewat Google Drive!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like