Aplikasi

3 Cara Membuka File Docx di Android, Bisa Tanpa Aplikasi!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Secara native, file yang berasal dari aplikasi Microsoft Word memang tidak bisa dibuka di hp Android. Tapi masih ada banyak cara membuka fie docx di Android, baik tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi tambahan.

Bagi yang belum tahu, Docx adalah format yang dikembangkan oleh Microsoft untuk aplikasi Word mereka. Docx sendiri hadir menggantikan format Doc yang digunakan pada aplikasi Word di versi terdahulu.

Popularitas aplikasi Word membuat format Docx banyak dipakai dalam pembuatan dokumen. Makanya tidak heran jika kamu bisa dengan mudah menemukan file dengan format ini saat berbagi tulisan, baik melalui email, sosial media, whatsapp, dan lain sebagainya.

Jika kamu mendapatkan file Docx melalui ponsel Android, kamu mungkin akan sadar kalau file tersebut tidak bisa dibuka secara langsung. Untungnya ada banyak cara membuka file Docx di android bahkan tanpa aplikasi sekalipun.

Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

Jika kamu tidak ingin repot memasang aplikasi khusus, kamu bisa membuka file Docx secara online melalui Google Drive. Melalui cara ini, kamu tidak hanya bisa melihat isi dokumen Word tersebut, tapi juga mengedit isinya langsung melalui aplikasi bawaan Google Drive.

Aplikasi Google Drive sendiri biasanya sudah diinstal secara default pada hp Android. Kalau pun tidak ada, kamu bisa mengakses Google Drive secara online melalui browser.

Untuk membuka file Docx di Android tanpa aplikasi, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

cara membuka file docx di android secara online
  1. Buka aplikasi File Manager
  2. Cari file Docx yang akan dibuka
  3. Tekan file tersebut untuk membuka menu tambahan lalu pilih opsi Send atau Kirim
  4. Setelah itu pindahkan file ke Google Drive dengan memilih opsi Send to Drive atau Kirim ke Drive lalu simpan file dengan nama yang kamu inginkan
  5. Jika sudah, buka aplikasi Google Drive atau akses melalui browser dengan memasukan URL drive.google.com
  6. Cari file Docx yang sudah diupload kali klik untuk membuka dan membaca isinya.

Cara Membuka Word Document di Android dengan Aplikasi MS Word

Jika kamu sering berhubungan dengan file Docx dan ingin membuka dokumen Word secara offline tanpa harus bergantung pada koneksi internet, kamu bisa memasang aplikasi resmi Microsoft Word untuk hp Android.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa membuka file Docx, tapi juga mengedit, membagikan, serta menampilkan dokumen office pada email. Kamu bahkan bisa berkolaborasi dengan orang lain dan membuat file PDF dengan aplikasi ini.

Untuk melakukanya, cukup instal aplikasi Microsoft Word. Setelah itu kamu bisa langsung membuka file docx dan beragam dokumen office lainnya secara langsung di smartphone Android.

cara membuka file docx di android secara offline

Cara Membuka Dokumen Word di Android dengan Aplikasi Office

Selain melalui aplikasi Word dari microsoft, saat ini ada banyak aplikasi office suite lain yang juga bisa dipakai untuk membuka dan mengedit file Docx. File yang kamu simpan melalui office suite tersebut juga bisa dibuka kembali menggunakan aplikasi Word tanpa ada banyak masalah berarti.

Diantara aplikasi office suite yang ada, berikut adalah beberapa aplikasi populer yang bisa membuka dan mengedit file Docx di Android secara gratis.

  • WPS Office – Alternatif Word terbaik di Android. Selain membuka dokumen Word, WPS Office juga bisa membuka file Excel, PDF, serta PowerPoint. Aplikasi ini pun kompatibel dengan aplikasi pengola kata lainnya seperti MS Office 365, Google Docs, hingga OpenOffice.
  • OfficeSuite – Menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda dengan WPS Office. Kamu bahkan bisa menghubungkan aplikasi ini dengan cloud storage seperti Dropbox atau OneDrive untuk menyimpan file-file kamu.
  • Docs To Go – Salah satu aplikasi office suite tertua yang bisa dipakai untuk membuka, mengedit, dan membuat beragam file Office serta PDF langsung di hp Android kamu.

Itu dia beberapa cara membuka file Docx di Android yang bisa kamu lakukan, baik secara online maupun dengan bantuan aplikasi. Tidak hanya melihat isinya, kamu bahkan bisa mengedit atau membuat file Docx baru melalui smartphone Android tersebut.

Write A Comment