Cara Membuat Link WhatsApp Tanpa Kode

Last Updated on

Mau buat link WhatsApp tapi bingung karena banyak kode yang bikin pusing? Tenang, ada lho cara membuat link WhatsApp tanpa kode yang siap dibagikan agar pelanggan bisa langsung chat atau order ke nomor kamu.

Sebelumnya saya pernah membagikan dua cara untuk membuat link WhatsApp dengan mudah di dua artikel berikut ini.

Memakai kedua cara tersebut, kamu bisa membuat link wa.me dengan mudah untuk dipasangkan ke akun sosial media atau blog. Dengan link ini, pengunjung dapat menghubungi nomor WhatsApp kamu langsung tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.

Enaknya lagi, link tersebut bisa diberi pesan default yang terisi secara otomatis saat pengunjung/pembeli akan menghubungi kamu.

Sayangnya dari beberapa komentar yang masuk, cara ini ternyata cukup membuat pusing karena kita harus membuat link WhatsApp secara manual. Beberapa pembaca bahkan ada yang menghubungi bisablog agar bisa dibuatkan link tersebut.

Nah, jika kamu juga tidak ingin berurusan dengan kode secara manual, ternyata ada lho cara membuat link WhatsApp wa.me dengan mudah.

Cara Membuat Link WhatsApp Tanpa Ribet Bikin Kode

Untuk melakukan hal ini, kita memerlukan aplikasi WhatsApp bisnis. Tenang, gratis kok!

Sekilas mengenai aplikasi ini, WA bisnis adalah aplikasi resmi dari WhatsApp yang memang khusus dirilis untuk membantu pelaku bisnis agar lebih mudah berkomunikasi via WA.

Pada WhatsApp bisnis terdapat fitur-fitur tambahan yang tidak kamu temui di aplikasi WA biasa seperti buat link WA yang akan kita lakukan di artikel ini. Enaknya lagi aplikasi ini bisa kamu pasang bareng dengan aplikasi WA biasa meski butuh dua nomor untuk melakukannya.

Untuk info lengkap mengenai WhatsApp Bisnis, kamu bisa mengecek artikel saya sebelumnya.

Buat link wa.me via aplikasi WhatsApp Bisnis

Untuk mengunduh aplikasi ini, silahkan klik link di bawah ini sesuai dengan perangkat yang kamu pakai;

Setelah terpasang, silahkan ikuti langkah berikut ini untuk membuat link WhatsApp wa.me melalui aplikasi tersebut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business
  2. Klik menu pengaturan (titik tiga di sudut kanan atas) lalu pilih menu SETTINGS
  3. Pilih menu BUSINESS SETTINGS
  4. Pilih menu SHORT LINK
  5. Sampai tahap ini link wa.me sudah selesai dibuat. Namun jika kamu ingin memberi pesan default, aktifkan opsi CREATE A DEFAULT MESSAGE lalu masukan pesan pada DEFAULT MESSAGE.
  6. Selesai, link wa.me akan secara otomatis dibuat lengkap dengan pesan default yang kamu buat. Kamu bisa menyalinnya atau membagikannya langsung ke beragam sosial media.

Agar langkah-langkah di atas lebih jelas, silahkan lihat skrinsut di bawah ini.

buka menu settings untuk mulai membuat link whatsapp di wa bisnis
1. Buka WA dan klik menu settings
Pilih menu business settings untuk membuat link wa.me
2. Pilih menu Business Settings

gunakan menu short link untuk membuat link wa di whatsapp business
3. Pilih menu Short Link
salin link whatsapp wa.me
4. Masukan pesan default dan salin link wa.me

Btw jangan heran yah kalau link wa.me yang sudah kamu buat akan nampak panjang dan terlihat rumit, terutama jika kamu memasukan pesan default. Untuk membuatnya lebih pendek dan terlihat cantik, kamu bisa memakai layanan pemendek link gratis seperti bit.ly atau tinyurl.

Leave a Reply