Cara Membatasi Panjang Komentar Pada WordPress

Memberi batas kata minimum dan maksimum pada komentar adalah salah satu cara untuk mencegah spam dan komen berkualitas rendah lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan melihat cara untuk melakukannya dengan mudah pada WordPress.

Bagi sebagian blogger, komentar adalah bagian penting dari sebuah blog. Adanya komentar menjadi bukti bahwa ada seseorang di luar sana yang peduli dengan apa yang kamu tulis. Komentar yang positif bahkan dapat menjadi candu bagi penulis untuk membuat konten yang lebih baik bagi pembaca setianya.

Namun sayangnya area komentar menjadi salah satu titik lemah dalam kegiatan ngeblog. Bukannya menjadi tempat untuk berdiskusi sehat dan membuatnya menjadi ajang untuk lebih dekat dengan sang penulis, area komentar seringkali hanya menjadi tempat untuk mendapatkan backlink.

Meski bukan cara yang salah, namun seringkali komentar dengan tujuan ini hanya dibuat seadanya. “Mantap gan!”, “Keren tulisannya…!”, atau “Makasih infonya” adalah beberapa komentar yang rasanya dibuat sekenanya hanya untuk mencari backlink saja.

Membatasi panjang komentar minimum adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal ini, meski cara ini tidak 100% ampuh untuk menangkal komen ‘one-liner’ lainnya.

Membatasi Panjang Komentar pada WordPress

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk membatasi panjang komentar pada WordPress. Cara pertama adalah dengan menggunakan kode yang akan kita sisipkan pada file functions.php. Cara kedua adalah dengan menggunakan plugin yang tidak hanya akan memberi batas jumlah karakter pada komentar tapi juga menambah fitur lain pada sistem komentar default WordPress.

1. Membatasi Panjang Komentar WordPress dengan Kode

Bila kamu menggunakan fitur komentar standar bawaan WordPress, ada cara mudah untuk membatasi jumlah karakter pada komentar dengan menggunakan kode.

Untuk melakukannya, kita akan menambahkan kode berikut pada file functions.php. Bila kamu tidak mengetahui caranya, silahkan lihat artikel tips dan trik file functions.php.

function bb_preprocess_comment($comment) {
    if ( strlen( $comment['comment_content'] ) > 1500 ) {
        wp_die('Komentar anda terlalu panjang, harap tidak melebihi 1500 karakter.');
    }
    if ( strlen( $comment['comment_content'] ) < 30 ) {
        wp_die('Komentar anda terlalu pendek, mari budayakan berkomentar dengan baik');
    }
    return $comment;
}

add_filter( 'preprocess_comment', 'bb_preprocess_comment' );

Pada kode di atas, kita memberi batas minimum (30) dan maksimum (1500) pada jumlah karakter yang diperbolehkan pada komentar. Bila ada yang berkomentar kurang atau melebihi batas tersebut, akan muncul pesan yang bisa kita atur sendiri.

Contoh pesan yang akan muncul pada komentar yang terlalu pendek

Untuk membatasi komentar yang terlalu panjang rasanya tidak menjadi masalah besar, terutama pada situs lokal berbahasa Indonesia di mana saya jarang menjumpai komentar yang sangat panjang sekali. Seringkali justru komentar yang sangat panjang malah berupa spam. Hal ini berbeda dengan situs berbahasa Inggris di mana komentar lebih dari 1.000 karakter sangat mudah dijumpai.

Jadi saya rasa kamu bisa menghapus kode untuk memberi batas maksimum pada jumlah karakter komentar.

Bila kamu menggunakannya, pastikan kamu sudah memberitahu kepada pengunjung bahwa kamu memiliki batas maksimum untuk komentar. Akan sangat mengganggu bukan bila kita sudah menulis komentar panjang dengan sepenuh hati namun ternyata harus ditolak karena terlalu panjang?

2. Membatasi Panjang Komentar dengan Plugin

Untuk memberi batas minimum jumlah karakter pada komentar dengan plugin, kamu mungkin perlu mencoba Yoast Comment Hacks.

Plugin Yoast Comment Hacks

Sama-sama dibuat oleh pencipta Yoast SEO, plugin ini akan menambahkan beberapa fungsi tambahan pada fitur komentar bawaan WordPress, termasuk membatasi panjang komentar.

Selain melakukan hal tersebut, plugin ini juga bisa memberi fitur lain seperti:

  • Mengarahkan pemberi komentar pertama ke laman berisi ucapan terima kasih.
  • Menyediakan link yang menuju email pemberi komentar.
  • Notifikasi via email yang lebih rapih.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin ini, masuk ke menu Setting » Comment Hacks  dan lihat pada menu tab Comment Length. Di sini kamu bisa menentukan batas minimum dan maksimum jumlah karakter yang kamu bolehkan pada komentar WordPress. Jangan lupa juga untuk mengubah pesan yang akan muncul bila ada user yang melewati batas tersebut. Setelah selesai, klik tombol Simpan Perubahan.

Penutup

Selesai sudah tutorial cara membatasi panjang komentar pada WordPress kali ini, cukup mudah bukan?

Selain kedua cara di atas, ada satu cara menarik untuk kamu yang memiliki authority site, seperti yang dilakukan oleh situs panduanim.com. Sebelum memberikan komentar, kita akan diberitahu untuk menulis komentar ‘cerdas’ dan ada anjuran dilarang untuk tidak melakukan spamming. Terdengar sangat arogan dan tidak ramah, tapi saya menyukai pendekatan seperti ini karena setidaknya situs ini telah mengembalikan tujuan dasar dalam berkomentar. Bukan untuk mencari backlink, mengharapkan kunjungan balik, atau cuma numpang ‘meninggalkan jejak’.

Contoh anjuran dan larangan yang diberikan situs panduanim sebelum kita memberikan komentar pada salah satu artikelnya

Saya tidak tahu seberapa efektif penggunaan cara ini, tapi melihat anjuran tersebut tentu kalau kita masih tahu diri pastinya kita akan berusaha untuk memberi komentar terbaik.

Apakah kamu pernah bermasalah dengan komentar yang terlalu singkat? Jangan segan untuk berbagi pengalamanmu pada komentar di bawah ini, jangan nyepam yah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *