Cara Membagi Pos WordPress Menjadi Beberapa Halaman

Ini adalah tutorial singkat bagaimana cara menampilkan satu pos dalam beberapa halaman pada sebuah website WordPress. Semua ini dapat kamu lakukan dengan mudah tanpa plugin lho!

Pernahkah kamu melihat artikel yang ditampilkan dalam beberapa halaman sekaligus? Isi dari artikel ini biasanya dipisah dalam beberapa bagian dan kamu harus mengklik link menuju halaman selanjutnya untuk melihat terusan berita yang ada di halaman pertama.

Tidak hanya 1-2 halaman saja, kadang sebuah artikel bisa dipisah-pisah dalam belasan halaman seperti sebuah slideshow. Salah satu contoh penggunaan page break dapat kamu lihat pada beberapa situs berita populer seperti tribunnews atau bolasport.

Secara pribadi saya sendiri tidak terlalu menyukai artikel yang ditampilkan dalam bentuk seperti ini. Selain mengganggu karena harus mengklik dan menunggu loading untuk membaca berita selanjutnya, kadang artikel yang ditulis dengan cara ini hanya diisi oleh filler yang isinya tidak penting dan hanya digunakan untuk memperpanjang bacaan sebuah artikel saja. Namun saya selalu saja terperangkap dan secara tidak sadar mengklik tombol ke halaman berikutnya, apalagi bila artikel dipenggal sedemikian rupa dengan ujung cerita yang menggantung yang membuat saya penasaran. (Now that’s a smart move!)

Namun tentu tidak semua situs melakukan hal tersebut. Beberapa di antara mereka melakukannya untuk meringankan beban loading pembacanya sehingga mereka tidak harus menunggu terlalu lama untuk menampilkan seluruh isi artikel. Beberapa yang lainnya juga memotong artikel yang terlalu panjang agar lebih mudah untuk dibaca.

Selain itu, satu hal penting yang menjadi alasan kenapa banyak blogger yang melakukan hal ini karena page breaks bisa meningkatkan pageview dan bounce rate selama dilakukan dengan benar[1].

Lalu bagaimana cara melakukannya?

Cara memenggal isi artikel (page breaks) pada WordPress

Fitur ini menjadi salah satu fitur yang sering terlewatkan pengguna WordPress. Namun menambahkan page breaks atau memenggal isi sebuah konten pada WordPress dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk melakukannya, pastikan kamu melakukannya pada editor dengan mode TEKS. Setelah itu, kamu hanya perlu menambahkan kode berikut di tempat konten akan terpotong.

<!--nextpage-->

Bila kamu yang menggunakan editor dengan mode Visual, cukup tekan shortcut WordPress Alt+ Shift+P.

Bila kamu berhasil, akan muncul tulisan Page Breaks pada editor visual, dan kamu bisa lihat pos kamu akan terbagi-bagi menjadi beberapa halaman sekarang.


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.