Cara Memasang dan Membuat Deskripsi Meta di Blogger

Meta description atau deskripsi meta adalah sebuah tag HTML yang digunakan untuk memberi deskripsi singkat mengenai sebuah blog, pos, atau laman. Deskripsi ini bisa kita lihat di hasil pencarian di bawah link URL seperti contoh berikut ini:

Meta description akan muncul di hasil pencarian
Meta description akan muncul di hasil pencarian

Jika kamu masuk ke sebuah halaman dan melihat page source-nya, maka kamu bisa melihat meta description ditulis dalam format berikut ini.

<meta name="description" content="Deskripsi singkat dari sebuah blog, pos, atau, laman."/>

Tujuan dari deskripsi meta ini adalah untuk memberi penjelasan singkat kepada calon pengunjung mengenai isi dari sebuah website, pos, atau laman. Karena itulah kamu harus membuat meta description sebagus mungkin untuk menarik minat pembaca.

Mesin pencari seperti Google sendiri tidak memasukan keyword pada deskripsi meta sebagai salah satu faktor penentu ranking sebuah website. Meski begitu adanya meta tag ini penting untuk meningkatkan nilai Click Through Rate (CTR). Semakin banyak yang mengklik, maka tanggapan Google terhadap sebuah link akan lebih bagus dan hal ini bisa membantu konten untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi.

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogger (Blogspot)

Secara default, Blogger sudah memiliki tools agar kita bisa menambahkan meta deskripsi tanpa harus perlu mengutak-atik template. Meski begitu kita harus mengaktifkannya dulu sebelum bisa membuat deskripsi meta di Blogger.

Untuk melakukannnya, login ke dasbor Blogger lalu masuk ke menu SETELAN » PREFERENSI PENELUSURAN. Lalu lihat pada bagian TAG META, klik tautan EDIT pada opsi DESKRIPSI lalu aktifkan deskripsi penelusuran.

Cara membuat meta deskripsi untuk blog Blogger
Cara membuat meta deskripsi untuk blog Blogger

Setelah itu kamu bisa melihat kotak isian yang bisa kamu isi dengan deskripsi singkat mengenai blog kamu. Jika sudah, klik tombol SIMPAN PERUBAHAN.

Cara memasang meta description untuk postingan Blogger

Sebelum memasang meta description untuk postingan Blogger, kamu harus melakukan cara di atas terlebih dahulu. Jika sudah, maka kini saat mengedit artikel, kamu bisa melihat opsi DESKRIPSI PENELUSURAN.

Pada kotak isian yang tersedia, masukan deskripsi singkat postingan kamu. Jika sudah, klik tombol SELESAI.

Cara pasang meta deskripsi postingan Blogger
Cara pasang meta deskripsi postingan Blogger

Q & A Seputar Meta Deskripsi Blogger

Jika kamu masih bingung mengenai apa itu meta description dan masalah seputar meta tag ini, beberapa pertanyaan dan jawaban ini mungkin bisa membantu!

Q: Apa yang terjadi kalau kita tidak menambahkan meta deskripsi secara manual?
A: Untuk meta deskripsi blog biasanya akan mengambi teks apa saja yang ada di template Blogger. Sementara untuk pos dan laman biasanya mengambil dari paragraf pertama atau potongan konten yang relevan dengan keyword yang sedang dicari.

Q: Apakah meta deskripsi ini berpengaruh pada SEO?
A: Tidak, untuk alasannya simak penjelasan saya sebelumnya.

Q: Apakah saya harus memasukan keyword di meta deskripsi?
A: Meski tidak ada hubungannya dengan SEO, ada baiknya kamu memasukan keyword sesuai dengan isi artikel.

Q: Seberapa panjang meta deskripsi yang bisa saya buat?
A: Untuk meta deskripsi blog dibatasi hingga 150 karakter saja. Jika kamu memasukan lebih dari itu maka akan muncul pesan error. Untuk meta deskripsi postingan sendiri tidak ada batasnya, namun ada baiknya tidak lebih dari 150-160 karakter.

Q: Saya sudah membuat meta deskripsi, tapi kenapa tidak muncul di hasil pencarian?
A: Meski kamu sudah memiliki meta deskripsi sendiri, bukan berarti Google akan menggunakannya. Google sendiri lebih senang menampilkan potongan artikel kamu yang relevan dengan apa yang sedang dicari pengunjung. Malah pada penelitian yang dilakukan oleh Moz, hanya 51.3% kasus saja di mana Google memakai penjelasan yang 100% berasal dari meta deskripsi.

Q: Bagaimana cara membuat meta description yang bagus?
A: Wah, kalau yang ini jawabannya lihat di postingan cara membuat meta deskripsi yang baik saja yah!

Sekian saja tutorial ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi jelas seputar meta description dan bagaimana cara membuatnya di blog Blogger (Blogspot). Tapi jika kamu masih ada pertanyaan, silahkan tulis langsung di kolom komentar.

3 comments
    1. Harus diaktifkan dulu. Masuk ke menu SETELAN ► PREFERENSI PENELUSURAN. Di bagian TAG META, centang opsi “Aktifkan Deskripsi Penelususan”. Untuk info lengkapnya cek bagian “cara membuat meta deskripsi di Blogger” di atas mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like