Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan Member Lain

Grup adalah salah satu fitur WhatsApp di mana kita bisa berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Grup sendiri biasanya dibuat berdasarkan kelompok tertentu seperti grup keluarga, teman kantor, tetangga komplek, atau grup yang berisi anggota komunitas tertentu.

Sayangnya tidak semua grup memiliki obrolan yang berfaedah. Seringkali isinya hanya gosip atau hoax yang malah menimbulkan pertengkaran di grup. Kalau sudah toxic seperti in rasanya lebih baik keluar dari grup saja. Tapi sayangnya kita seringkali malu-malu untuk keluar dari grup, apalagi jika kita mengenal banyak anggota di grup tersebut

Wah, jadi gimana yah cara keluar dari grup WA tanpa ketahuan? Hmm, ternyata ada lho cara mudahnya!

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan anggota lainnya, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja. Btw jika kamu hanya ingin membisukan notifikasi dari grup tersebut, coba cek cara mute grup WA di bawah ini saja yah!

1. Backup Chat WhatsApp

Sebelum keluar dari grup WhatsApp, ada baiknya jika kita membuat backup chat WhatsApp terlebih dahulu. Jadi kalau nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, kita selalu bisa kembali ke langkah awal.

Cara backup chat WhatsApp yang lengkap bisa kamu lihat di postingan sebelumnya. Sebagai pengingat, kamu bisa mencadangkan data WhatsApp melalui menu SETTINGS ► CHATS ► CHAT BACKUP.

2. Ganti Nomor WhatsApp

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk keluar dari Grup WhatsApp tanpa ketahuan adalah dengan mengganti nomor HP yang akan kita gunakan di WA. Namun pastikan nomor pengganti tersebut masih aktif yah!

Untuk cara ganti nomor WA, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke WhatsApp
  • Masuk ke menu SETTINGS ► ACCOUNT lalu pilih opsi CHANGE NUMBER
  • Pada halaman selanjutnya, kamu bisa memasukan nomor lama dan nomor pengganti yang akan kamu gunakan. Pastikan nomor pengganti ini masih aktif yah! Jika sudah, klik tombol DONE.
Masuk ke menu ACCOUNT WhatsApp
Masuk ke menu ACCOUNT WA
Ganti nomor WhatsApp
Ganti nomor WhatsApp

3. Bersihkan Data WhatsApp

Langkah selanjutnya agar kita bisa keluar dari grup Whatsapp tanpa ketahuan adalah menghapus data cache aplikasi tersebut. Caranya?

  • Masuk ke menu SETTINGS lalu cari menu APPS, APPS MANAGEMENT, atau APPS MANAGER.
  • Cari aplikasi WhatsApp lalu bersihkan cache-nya dengan mengklik tombol CLEAR CACHE
  • Selesai

Btw setiap hape memiliki menu pengaturannya masing-masing, jadi sesuaikan langkah di atas dengan perangkat kamu yah!

Masuk ke menu pengelola aplikasi hape
Masuk ke menu pengelola aplikasi
Hapus cache WhatsApp
Hapus cache WhatsApp

4. Login Kembali dengan Nomor Lama

Setelah kita membersihkan cache WhatsApp, maka semua data yang terkait dengan aplikasi tersebut akan hilang, termasuk data saat kamu mengganti nomor sebelumnya. Dan yang paling penting, kamu juga sudah berhasil keluar dari grup WhatsApp yang mengganggu.

Agar kamu bisa kembali memakai WhatsApp, maka kita hanya perlu untuk login kembali seperti pada saat kamu pertama kali menginstall WhatsApp.

Tapi jangan buru-buru!

Coba restart hape kamu lalu tunggu ±1 jam sebelum kamu membuka aplikasi WhatsApp. Setelah itu langkahnya seperti cara daftar WhatsApp biasa. Jika ada opsi RESTORE, pilih YES untuk memulihkan data percakapan WhatsApp yang sudah kamu simpan.

Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ganti Nomor Hape

Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan sebenarnya cukup mudah dilakukan. Sayang banyak yang tidak mau repot jika harus ganti nomor dan membersihkan cache WA terlebih dahulu.

Nah, buat kamu yang tidak mau ribet, kenapa tidak coba fitur MUTE di WhatsApp? Dengan fitur ini, kita akan ‘mendiamkan’ aktifitas dari seseorang atau grup. Dengan begitu kita tidak akan terganggu oleh notifikasi yang tidak kita inginkan.

Untuk melakukannya, cukup tekan lama grup yang ingin kamu Mute hingga muncul ikon di bagian atas WA. Setelah itu kamu bisa memilih opsi Mute dengan menekan ikon speaker tercoret.

Jika sudah, kamu akan melihat opsi berapa lama kamu akan melakukan Mute. Pilihannya adalah 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun.

Aktifkan opsi MUTE pada chat WhatsApp untuk menyembunyikan notifikasi percakapan
Opsi MUTE pada chat WhatsApp

Bagaimana, mudah kan cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan? Jika kamu punya cara lain yang lebih efektif, jangan segan untuk dishare lewat kolom komentar di bawah ini yah!

Leave a Reply