Cara Download Video VLive dan Subtitlenya

Cara download video dari VLive tidak jauh berbeda dengan download dari Youtube. Kamu bahkan bisa download video V Live dan subtitlenya sekaligus dari hp juga!

Dibandingkan Youtube, mungkin tidak banyak yang mengetahui layanan video lain seperti V Live. Namun bagi penggemar KPOP, V Live adalah platform video wajib untuk mengikuti video-video terbaru dari idola mereka.

V Live atau VLIVE, kadang disebut juga sebagai V App, adalah layanan video live streaming asal Korea Selatan yang memungkinkan selebriti yang berbasis di negara itu untuk menyiarkan video secara langsung di internet dan berinteraksi melalui live chat dengan penggemar mereka.

Dirilis tahun 2015, V Live adalah layanan streaming milik Naver Corporation yang bertujuan untuk memperluas jangkauan fan base di luar Korea, seperti Cina, Jepang, hingga negara-negara Asia Tenggara. Makanya jangan heran kalau situs ini bisa diakses dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Hingga saat ini, ada lebih dari 700 channel yang terasosiasi dengan bintang-bintang KPOP ternama seperti BTS, Winner, Blackpink, Twice, juga aktor Korea seperti Lee Jong-suk atau Park Bo-young. Dan meski cukup banyak video yang bisa diakses gratis, ada juga layanan premium dari V Live seperti V Live+ dan Channel+ yang hanya bisa diakses dengan menggunakan V Coin.

Btw, meski umumnya berbahasa Korea, jangan khawatir kamu akan kesulitan untuk mengerti ucapan mereka, karena biasanya ada auto sub yang langsung muncul saat video/streaming dimainkan.

Cara Download Video V Live dan Subtitlenya

Dari sekian banyak video idola kamu, mungkin ada beberapa nih yang bakal kamu sering putar berkali-kali saking serunya. Daripada diputar terus dan menghabiskan kuota, enaknya sih didownload saja videonya!

Untuk mendownload video dari Vlive dan subtitlenya sekaligus, kita tidak membutuhkan software atau aplikasi khusus seperti Internet Download Manager (IDM). Kita bisa melakukannya dengan menggunakan layanan online di mana kita bisa mengunduh keduanya langsung, seperti Soshitagram atau Lilsubs. Tidak cuma lewat PC/Laptop, kita juga bisa download video Vlive dari hape.

Download Video V Live dari PC

Caranya?

  1. Buka situs vlive.tv
  2. Cari video yang akan kamu download
  3. Copy URL video tersebut. Ini bisa kamu lakukan dengan melihat address bar browser atau menekan tombol share dan salin URL yang disediakan (agar lebih jelas lihat gambar di bawah)
  4. Buka situs soshistagram.com
  5. Tempel URL yang sudah kamu salin pada kotak yang tersedia
  6. Untuk mendownload video V Live, pilih resolusi yang kamu inginkan (semakin besar semakin bagus kualitas gambarnya). 1080p=1920×1080, 720p=1280×720, 480p=858×480, dst. Kalau mau gambar yang acceptable dan ukurannya tidak terlalu besar, pilih minimal 360p.
  7. Untuk subttitle, cari Indonesian dan pilih format SRT. Kalau SRT tidak bisa, baru download yang VTT. Sedikit catatan, jika bisa, pilih yang tidak ada tulisan AUTO-nya karena subtitle ini adalah subtitle yang dibuat otomatis, jadi hasilnya tidak sebagus editan fans.
  8. Langkah terakhir, gunakan nama yang sama untuk video dan subtitle agar subtitle terdeteksi secara otomatis saat kita menyetel video yang kita unduh. Misalnya jika videonya berjudul, TWICE TV Feel Special EP.07.mp4, maka subtitlenya menjadi TWICE TV Feel Special EP.07.srt.
  9. Selesai.
Salin URL sebelum download video dari vlive dari address bar browser atau tombol share
1. Salin URL sebelum download video dari vlive
Download video vlive dan subtitle Indonesia dari Soshistagram
2. Download video vlive dan subtitle Indonesia dari Soshistagram
Gunakan nama yang sama untuk video dan subtitle agar subtitle terdeteksi secara otomatis
3. Gunakan nama yang sama untuk video dan subtitle

Download Video V Live dari HP

Cara download video vlive dari hape tidak jauh berbeda dengan cara biasa melalui desktop. Kamu bisa menggunakan Soshistagram seperti cara di atas, atau menggunakan Lilsubs seperti cara berikut ini.

  1. Download aplikasi Vlive dari Google Play Store atau App Store. Jika kamu mengakses dari browser, langsung saja skip ke langkah ke-3
  2. Login dulu dengan akun Facebook, Twitter, LINE, NAVER, Weibo, QQ, atau WeChat
  3. Cari video yang ingin kamu download
  4. Pilih menu pengaturan (titik tiga di bagian kanan atas), lalu klik tautan SHARE » COPY LINK
  5. Buka aplikasi browser lalu masuk ke situs Lilsubs.com
  6. Tempel URL yang sudah disalin ke dalam kotak isian yang tersedia
  7. Sama seperti cara download video V Live dari PC, kamu tinggal mendownload video sesuai resolusi yang kamu mau beserta subtitle-nya. Btw kalau opsi subtitle Indonesianya tidak muncul berarti sub dalam bahasa tersebut tidak/belum tersedia.
  8. Jika keduanya sudah terunduh, gunakan nama yang sama untuk file video dan subtitle.
  9. Selesai

Bisakah Download Video dari CH+ atau Live+?

Berhubung saya juga belum pernah mengakses video dari kedua channel premium tersebut, saya belum bisa memastikan apakah video tersebut bisa diunduh atau tidak dengan cara di atas. Tapi kalau melihat keterangan di Soshistagram, kita tidak bisa mendownload konten video berbayar dari ChannelPlus atau LivePlus.

Tapi kalau ternyata cara di atas bisa dipakai untuk download video dari vlive yang premium, kasih tahu saya yah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu