Cara Daftar Yandex, Email Gratis dari Rusia

Tidak hanya di Gmail atau Yahoo Mail saja, kita juga bisa buat email gratis dengan Yandex. Jika kamu juga ingin membuat email tanpa verifikasi nomor telepon, coba daftar Yandex saja!

Kalau ditanya, “apa layanan email yang paling populer?” mungkin jawabannya tidak jauh dari layanan surat elektronik milik Google, Gmail. Namun jika kamu sedang mencari alternatif lain, mungkin kamu perlu daftar Yandex Mail.

Yandex sendiri boleh dibilang sebagai Google-nya Russia karena mereka berdua memiliki layanan yang tidak jauh berbeda. Baik Yandex dan Google merupakan mesin pencari terpopuler yang memiliki teknologi mesin pencari mereka sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki layanan email, media penyimpanan online, layanan musik, hingga browser.

Dan sama seperti Google, cukup perlu satu akun email Yandex saja untuk mengakses semua fitur gratis yang ada di Yandex.

Popularitas Yandex di Indonesia mungkin tidak terlalu besar dibanding Google, Yahoo, atau Bing. Tapi di negara berbahasa Rusia seperti negara-negara Eropa Timur hingga Asia Utara, Yandex menjadi satu-satunya penantang serius Google.

Dan jika kamu ingin daftar Yandex Mail dan membuat email gratis di layanan tersebut, caranya cukup mudah kok!

Cara Daftar Yandex Mail

Cara daftar Yandex, email gratis asal Rusia
Cara daftar Yandex, email gratis asal Rusia

Tenang, meski berasal dari Rusia, Yandex tetap memiliki tampilan muka dalam bahasa Inggris untuk mempermudah pengguna internasional dalam membuat email gratis Yandex.

Untuk cara daftar email di Yandex, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke website mail.yandex.com
  2. Klik tombol CREATE ACCOUNT
  3. Isi data-data seperti Nama Depan, nama Belakang, Username, Password.
  4. Untuk daftar email tanpa harus verifikasi nomor telepon, klik tautan “I don’t have a telephone number”
  5. Setelah itu akan muncul opsi untuk membuat pertanyaan keamanan. Kamu bisa memilih pertanyaan default yang sudah disediakan atau membuat pertanyaan keamanan kamu sendiri.
  6. Isi jawaban dari pertanyaan keamanan di atas.
  7. Masukan kode yang tertera pada Captcha.
  8. Klik tombol REGISTER
  9. Akan muncul popup Privacy & Policy, klik tombol ACCEPT

Sampai di sini, proses daftar Yandex selesai dan kamu akan langsung dibawa ke Yandex Mail.

Cara daftar Yandex Email
Cara daftar email gratis Yandex

Sedikit catatan, meski bisa dibuat tanpa harus melakukan verifikasi nomor telepon, kadang akan muncul notifikasi untuk menambahkannya.

Pada suatu kejadian, beberapa hari setelah saya membuat akun Yandex, saya malah diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan meski sudah memasukan username dan password yang benar. Setelah mengisi jawaban yang benar, akan muncul opsi untuk mereset password dan memasukan nomor telepon. Sayangnya untuk nomor telepon tidak dapat di-skip dan harus diisi agar kita abis login ke akun Yandex.

Jadi jika kamu membuat akun Yandex Mail, mungkin ada baiknya jika kamu melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu.

Cara Buat Email di Yandex

Tampilan Yandex Mail sendiri tidak jauh berbeda dengan layanan email lainnya. Jadi rasanya tidak sulit untuk menggunakan layanan email Yandex ini.

Untuk mulai membuat email baru, klik tombol COMPOSE di sebelah kiri. Setelah itu, isi email penerima, Judul pesan (subject), dan isi pesan email. Email Yendex sendiri menyediakan menu kustomisasi yang cukup lengkap seperti format teks, menambah gambar, memberikan link, hingga menambahkan emoji.

Sebelum kamu menekan tombol SEND, pastikan kamu memperhatikn juga dua fitur keren yang ada di sampingnya.

  • Remind Me yang akan memberi kita notifikasi jika kita tidak menerima balasan dari email yang kita kirim. Waktunya dapat diatur mulai dari 1 jam, 12 jam, 1 hari, hingga 2 minggu.
  • Notify Me akan memberikan kita notifikasi jika email kita telah diterima.
Fitur Remind me dan notify me di Yandex Email
Fitur Remind me dan notify me di Yandex Email

Tidak hanya itu, Yandex Mail juga memiliki fitur SEND SMS-COPY yang dapat dilihat saat kita memasukan alamat email penerima. Dengan fitur ini, Yandex Mail akan mengirimkan salinan email ke nomor telepon yang kita inginkan.


Jika kamu tertarik daftar email Yandex, pastikan juga kamu menggunakan aplikasi Yandex untuk smartphone, baik itu Android maupun iOS. Dan jika kam memiliki blog, daftarkan juga situsmu di Yandex Webmaster.


Pos Terkait:

1 thought on “Cara Daftar Yandex, Email Gratis dari Rusia”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.