Cara Daftar, Upload File, dan Download di Solidfiles

Butuh rekomendasi tempat upload yang punya kapasitas besar? Simak yuk review Solidfiles serta cara daftar dan upload di online storage yang satu ini!

Saat ini tersedia cukup banyak layanan penyimpanan online yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file-file penting yang kita punya. Salah satu contoh terbaik mungkin Google Drive yang menyediakan kapasitas yang besar secara gratis. Tidak hanya itu, Google Drive juga dilengkapi beragam fitur menarik yang memudahkan kita untuk mengatur, bahkan mengedit file yang kita simpan tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Namun jika kamu hanya ingin menggunakan layanan online storage hanya untuk menyimpan file dan membagikannya, ada cukup banyak alternatif bagus selain Google Drive, salah satunya adalah Solidfiles.

Apa Itu Solidfiles

Solidfiles adalah layanan cloud storage dengan kapasitas besar asal Swedia yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan beragam file seperti foto, audio, video, dsb. Untuk akun gratis, kamu akan mendapatkan storage sebesar 15 GB dengan maksimum file yang bisa diupload sebesar 500 MB. Untuk kapasitas yang lebih besar, Solidfiles memiliki layanan premium di mana kamu bisa mendapatkan storage sebesar 1 TB dan maksimum file upload sebesar 30 GB.

Berdiri sejak tahun 2006, Solidfiles sempat ingin membubarkan diri pada pertengahan tahun 2017 sebelum akhirnya membatalkan niatnya tersebut dan kembali melayani pengguna setianya.

Beberapa poin penting yang membuat Solidfiles banyak diminati antara lain,

  • Kecepatan download yang tinggi
  • Tampilan muka yang sederhana dan mudah dimengerti
  • Tingkat keamanan tinggi dengan enkripsi AES-256
  • Tidak ada batas download per harinya

1. Cara daftar Solidfiles

Cara daftar Solidfiles sangatlah mudah. Agar lebih cepat, kamu bisa membuat akun baru dengan akun Google yang kamu punya saat ini. Namun jika kamu ingin membuat akun baru menggunakan email, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke situs Solidfiles.com
  • Isi kotak isian yang tersedia dengan data-data seperti alamat email dan password yang akan kamu gunakan untuk login
  • Klik tombol SIGN UP

Jika sudah, kamu akan secara otomatis login dan siap menggunakan layanan Solidfiles untuk mengupload file.

Cara daftar dan buat akun baru Solidfiles
Cara daftar dan buat akun baru Solidfiles

2. Cara upload file di Solidfiles

Upload file di Solidfiles sama mudahnya dengan cara daftarnya. Caranya?

  • Masuk ke dasbor Solidfiles
  • Cari tombol UPLOAD dan pilih metode upload (Local Upload untuk mengupload file dari PC/laptop, Remote Upload untuk mengupload file dari link lain)
  • Jika sudah pilih file yang akan diupload atau masukan link.
  • Setelah berhasil terunggah, akan mucul popup dengan link menuju ke link tersebut.
Cara upload file di Solidfiles
Cara upload file di Solidfiles

Seperti kamu bisa lihat pada gambar di atas, link yang berhasil dibuat bisa ditampilkan dalam format text, BBCode, atau HTML. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk share link Solidfiles tergantung di mana kamu akan membagikannya.

3. Cara download dari Solidfiles

Cara download dari Solidfiles hampir sama dengan cara download dari layanan cloud storage pada umumnya. Tinggal klik link yang diberikan lalu cari tombol DOWNLOAD. Setelah itu file akan langsung terunduh secara otomatis.

Cara download dari Solidfiles
Cara download dari Solidfiles

Dulu Solidfiles sempat dikritik karena menampilkan terlalu banyak iklan dan mengharuskan pengunjung untuk ‘loncat’ dari satu link ke link lain lagi sebelum kita mendapatkan file yang kita inginkan. Namun saat tulisan ini dibuat, kita hanya perlu mengklik tombol DOWNLOAD saja tanpa ada dummy download button atau jebakan betmen lainnya.


Jika kamu butuh media penyimpanan online selalin Google Drive atau Mediafire, Solidfiles bisa menjadi alternatif bagus. Selain menawarkan kapasitas yang cukup besar (15 GB), link download Solidfiles juga sangat ramah untuk pengunjung tanpa ada banyak iklan yang mengganggu. Jika kamu ingin kapasitas yang lebih besar atau fitur keren lainnya, Solidfiles juga menyediakan layanan premium yang menawarkan storage hingga 1 TB. Jadi tunggu apa lagi, daftar Solidfiles sekarang mumpung gratis!

Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top