Cara Buat Link Whatsapp, Chat Langsung Bisa Auto Order

Tidak hanya untuk komunikasi saja, Whatsapp juga bisa jadi tools ampuh untuk menunjang kegiatan jualan online. Untuk memudahkan pembeli menghubungi via WA, kita bisa membuat link Whatsapp agar pembeli bisa chat langsung, bahkan order saat itu juga.

Rasanya tidak salah menyebut Whatsapp sebagai aplikasi terpopuler untuk masalah komunikasi. Tidak hanya via teks saja, WA kini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara hingga video call.

Flexibilitas WA sebagai sebuah media komunikasi juga membuatnya menjadi pilihan utama dalam menjalankan bisnis online. Apalagi untuk bisa mulai chat kita hanya perlu nomor telepon saja, tidak perlu daftar akun, tidak perlu hal ribet lainnya!

Untuk kamu yang berjualan via website, sudah tahu belum kalau Whatsapp punya fitur Click to Chat?

Dengan fitur ini, pengunjung yang ingin menghubungi atau memesan barang bisa langsung hanya dengan satu klik saja. Calon pembeli tidak perlu lagi ribet harus mencatat nomor WA kita, memasukannya dalam kontak, atau menulis kembali format order.

Cara Buat Link Chat Whatsapp

Untuk membuat link chat Whatsapp caranya sangat mudah. Pastikan saja kamu sudah memiliki nomor HP yang sudah terhubung dengan layanan Whatsapp.

Link yang sudah kamu buat nantinya bisa kamu pakai di banyak tempat seperti landing page, status Facebook, postingan Instagram, atau di artikel blog kita sendiri.

Link chat Whatsapp dapat dibuat dalam format berikut ini

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP

Untuk negara Indonesia, kode negaranya adalah 62. Untuk penulisan nomor HP, kita tidak perlu menggunakan tanda hubung dan mencantumkan angka ‘0’.

Jadi jika kamu memiliki nomor WA 081234567890, maka link Whatsapp kamu adalah sebagai berikut.

https://wa.me/6281234567890

Jika ada calon pembeli yang mengklik link tersebut, mereka akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika tombol MESSAGE ditekan, pelanggan bisa langsung chat dengan penjual via WA. Jika kamu menggunakan Whatsapp lewat komputer, kamu akan melihat tampilan seperti ini.

Tampilan link chat whatsapp di desktop

Cara menambahkan pesan default pada link Whatsapp

Selain agar dapat mudah dihubungi pelanggan, link chat Whatsapp juga bisa kita pakai untuk menerima orderan langsung. Jika kita memiliki format orderan tertentu, kita bisa menambahkan ini pada link chat Whatsapp agar pembeli tidak repot lagi menyalin format order tersebut.

Untuk menambahkan pesan teks pada link Whatsapp, kita bisa menggunakan format link seperti ini.

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP?text=PesanDefault

Untuk menulis pesan teks, kita harus membuatnya dalam format yang bisa dibaca sebagai link/URL. Jadi karakter tertentu seperti spasi, tanda baca, dll, harus ditulis dalam format berikut:

  • %3A untuk tanda titik 2 ( : )
  • %0A untuk enter/baris baru
  • %20 untuk spasi
  • %2C untuk tanda koma ( , )
  • %21 untuk tanda seru ( ! )

Jadi jika kita ingin membuat pesan default, “Saya mau order!” maka link chat Whatsapp kita menjadi,

https://wa.me/6281234567890?text=Saya%20mau%20order%21

Untuk mempermudah hal ini, kita juga bisa menggunakan tools online seperti urlencoder.io. Dengan tools ini, kita hanya perlu memasukan tulisan yang akan kita jadikan pesan lalu salin tulisan yang sudah diubah.

Jika sudah, kita bisa melihat pesan default yang akan kita kirimakan via link chat WA,

Link chat Whatsapp dengan pesan default

Kalau kita membuka link melalui HP, pesan akan secara otomatis tertulis di draft pesan yang akan dikirim.

Cara mengatur tampilan pesan WA

Agar tampilan pesan lebih menarik, kita bisa juga lho memformat tulisan di WA. Dengan cara ini, tulisan di pesan WA dapat dibuat tebal, miring, atau coret (strikethrough). Untuk melakukannya, kita akan menggunakan tanda di bawah ini.

  • Tanda bintang ( * ) untuk tulisan tebal
  • Tanda garis bawah / underscore ( _ ) untuk tulisan miring.
  • Tanda tilde ( ~ ) untuk tulisan coret / strikethrough.

Sebagai contoh, penulisan *Tebal*, _Miring_, dan ~Coret~ akan berubah tulisan tersebut menjadi Tebal, Miring, dan Coret.

https://wa.me/6281234567890?text=*Tebal*%20_Miring_%20~Coret~

Cara Membuat Link Chat Whatsapp Menjadi Lebih Pendek

Jika kamu melihat beberapa contoh sebelumya, link chat WA yang kita buat bisa menjadi cukup panjang, apalagi jika kita memasukan pesan default yang cukup banyak. Bila kita menambahkan pesan berupa form order, link WA jadi jauh lebih panjang lagi.

Untuk membuatnya lebih singkat dan lebih mudah disalin, kita bisa membuat link tersebut menjadi lebih pendek dengan URL Shortener seperti bit.ly, s.id, atau TinyURL.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan bit.ly. Setelah daftar, login dengan akun yang kamu buat. Pada bagian kanan atas, klik tombol CREATE » BITLINK. Setelah itu masukan link chat Whatsapp yang sudah kita buat sebelumnya pada kotak isian yang ada. Jika sudah klik tombol CREATE.

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil membuat link WA menjadi jauh lebih pendek seperti bit.ly/2KX6yA2.

Untuk membuat link tampak cantik dan lebih mudah diingat, kita bisa menggunakan fitur custom link dari bit.ly. Pada bagian CUSTOMIZE BACK-HALF, ubah link yang kamu dapat dengan nama link yang kamu inginkan. Setelah itu simpan.

Cara buat custom link pendek dengan bit.ly

Selesai sudah tutorial cara membuat link Whatsapp untuk chat atau order langsung. Tidak hanya pakai Whatsapp biasa, cara ini juga bisa dipakai untuk Whatsapp Business. Jika ada pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan tinggalkan komentar kamu di bawah ini yah!


Pos Terkait:

9 thoughts on “Cara Buat Link Whatsapp, Chat Langsung Bisa Auto Order”

  1. Terima kasih ilmunya,sangat bermanfaat kk.tadinya pas sampai tahap edit link muncul error ‘ ‘This custom Bitlink is taken’ .setelah link dimodif lagi baru bisa. 🙏🥰

  2. Maaf tanya mas..
    Waktu sy mau mempercantik link pendeknya,, kok tdk bisa ya? Selalu muncul link has been eror. Padahal sy hanya mengubah bagian belakangnnya saja. Tetap bitly/hallo,, nah hallo nya ini salah katanya. Apa saya adavyg keliru ya??? Terimakasih.

    1. Waktu saya coba buat dengan nama custom ‘hallo’ ada keterangan ‘This custom Bitlink is taken’ yang artinya sudah ada yang lebih dulu pakai nama itu. Saran saya coba ganti nama customnya dengan sesuatu yang lebih unik.

    1. Syafiq Salman

      Maksudnya kalau kita klik link chatnya langsung muncul gambar di pesan WA-nya? Kelihatannya tidak (CMIIW).
      Kalau mau melampirkan gambar paling pesannya kita isi sama link ke gambar kita, itupun yang dikirimi pesan harus ngeklik linknya dulu buat liat gambarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.