Cara Membuat Blog Tanpa harus Menulis Konten

“Bisa tidak sih membuat blog tanpa harus menulis konten?”

Pertanyaan ini rasanya cukup banyak dicari, terutama oleh mereka yang ingin dapat penghasilan dari blog namun tidak cukup pede untuk membuat konten tulisan sendiri.

Memang, bagi yang belum terbiasa menulis, ngeblog tentu menjadi tantangan tersendiri. Meski sebenarnya kalau sudah terbiasa maka akan lebih mudah.

Karena alasan inilah, banyak tools content creator seperti article spinner bermunculan dan cukup laris terjual. Lumayan kan, cukup beli sekali bisa buat konten berkali-kali.

Sayangnya untuk membeli tools semacam itu butuh biaya yang tidak sedikit. Tapi jangan berkecil hati. Ada lho cara lain untuk membuat blog tanpa harus menulis konten!

Cara Membuat Blog Tanpa (Banyak) Menulis Konten

Meski konten umumnya berupa tulisan, bukan berarti kita harus ikut-ikutan membuat konten serupa. Tergantung apa tema yang kita ambil, sebuah blog bisa saja diisi oleh gambar-gambar atau video lucu yang kita temukan di internet.

Jika kamu mencari ide-ide lainnya, berikut adalah beberapa tips untuk membuat blog tanpa harus menulis. Tapi bukan berarti tidak menulis sama sekali. Yang jelas tidak akan sepanjang artikel pada umumnya kok!

1. Blog dengan konten gambar

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalimat ini

A picture worth a thousand words

Gambar itu lebih berharga dibanding seribu kata. Jadi kalau kamu sulit menuangkan ide/pesan kamu lewat tulisan, cukup gunakan media visual yang satu ini saja. Lumayan kan satu gambar dapat 1,000 kata.

Metode ini sendiri sangat populer di kalangan blogger dan bisa mendatangkan trafik yang cukup besar. Gambar yang bisa kamu tampilkan pun bermacam-macam, misalnya saja,

  • Blog berisi wallpaper untuk desktop atau smartphone.
  • Blog fotografi berisi hasil karya kamu sendiri.
  • Blog portfolio berisi artwork yang kamu buat.
  • Blog berisi meme yang lucu dan menggelitik, dll.

Namun ingat! Bila kamu menggunakan gambar milik orang lain, ada baiknya kamu meminta izin dulu dan mencantumkan link aslinya sebagai kredit atas usaha keras mereka.

2. Blog dengan konten video

Video adalah bentuk konten yang saat ini cukup banyak digandrungi dan disenangi banyak orang. Tidak jarang ada blogger yang membuat video berdasarkan pos yang mereka buat agar pembaca dapat memilih sendiri format konten yang mereka sukai.

Jadi bila kamu kesulitan merangkai kata-kata, mungkin video adalah salah satu solusinya.

Tidak hanya video buatan kamu sendiri, rasanya tidak salah juga bila kamu memposting video miliki orang lain. Sebagai contoh, kamu bisa membuat daftar video yang kamu sukai di satu topik tertentu. Kalau bisa jangan cuma link ke videonya saja, beri sedikit penjelasan kenapa kamu menyukai video tersebut.

Dan jangan lupa, beri kredit ke kreator aslinya. Kalau perlu mention juga akun mereka, siapa tahu artikel kamu ikut-ikutan di share. Lumayan , siapa tahu kamu bisa dapat exposure gratis!

3. Blog podcast

Dibanding dengan media tulisan ataupun video, blog dengan konten audio rasanya masih cukup jarang di Indonesia. Padahal di luar negeri, blog dengan konten audio sangat mudah dijumpai. Temanya pun sangat beragam, mulai dari hiburan, science, olahraga, sampai membahas masalah serius seperti ekonomi atau politik.

Nah, jika kamu lebih mahir cuap-cuap tapi tidak cukup pede di depan kamera, tidak ada salahnya mencoba bikin blog berisi podcast sendiri.

4. Blog listicle

Siapa sih yang tidak suka blog berisi daftar menarik seputar niche tertentu yang mereka gemari?

Jika kamu juga memilki kegemaran yang sama dan lebih senang membaca dibanding menulis konten, kamu bisa mencoba membuat blog semacam ini. Cukup buat list harian/mingguan berisi artikel-artikel menarik yang pernah kamu baca di internet. Setelah itu kamu bisa mempromosikannya melalui sosial media atau malah membuat email berlangganan.

5. Membuat situs user generated content

Sesuai dengan namanya, user generated content adalah konten yang dibuat oleh user. Jadi di sini kita hanya menyediakan medianya.

Sayangnya blog semacam ini tidak mudah dibuat. Jika kita tidak memiliki modal yang baik, setidaknya kita harus terlebih dahulu memiliki ‘sesuatu’ yang bisa membuat orang lain tertarik untuk menulis di blog yang kita sediakan.

6. Membayar orang lain untuk menulis

Membayar orang lain untuk menulis bisa jadi alternatif kalau kamu mau buat blog tanpa perlu bikin konten sendiri. Biasanya sih cara ini dipakai oleh bloger yang sudah berpengalaman, atau minimal sudah bisa menghasilkan banyak uang dari blog mereka sebelumnya.

Mencari penulis sendiri juga sekarang lumayan mudah. Kita bisa cari di situs yang memang menyediakan jasa penulis artikel,atau bisa hunting sendiri di situs freelance seperti Sribulancer atau Projects.co.id.

Sedikit saran, kalau kamu belum pernah membuat blog ada baiknya jangan langsung bayar orang lain untuk menulis. Belajarlah membuat konten sendiri dulu agar nantinya kamu bisa tahu mana konten yang baik atu tidak.

7. Membuat blog direktori

Blog directory adalah blog berisi kumpulan website atau blog lainnya. Kamu bisa membuat blog direktori sesuai niche, sesuai lokasi, atau menerima semua blog yang nantinya kamu kelompokan sendiri.

Namun untuk membuat blog direktori kamu harus punya ‘sesuatu’ yang bisa kamu tawarkan pada situs yang kamu muat di blog ini, apalagi jika kamu hanya membuat list saja. Sebagai contoh, kamu bisa memberi backlink gratis dengan imbalan pasang banner di blog yang masuk blog direktori. Dengan begitu kamu bisa dapat promosi gratis sekaligus memperbanyak jumlah situs di blog kamu.

8. Membuat blog berisi polling dan survey

Blog berisi polling dan survey adalah blog menarik yang bisa mendatangkan banyak trafik tanpa harus membuat konten tulisan. Polling dan survey sendiri rasanya tidak sulit dibuat. Kamu bisa memanfaatkan Google Forms, plugin WordPress, atau beberapa tools online gratis di internet.

9. Buat blog kompilasi

Hmm, sya tidak tahu sebutan untuk situs semacam ini, tapi ada beberapa blog yang isinya hanya mengutip konten yang sudah ada saja. Sebagai contoh, kamu mungkin familiar dengan blog berisi lirik lagu, tab musik, quote, atau info lomba blog.

Blog semacam ini cukup mudah dibuat karena isinya hanya tinggal kopas saja. Lagian tidak mungkin kan kita mengubah isi lirik lagu atau tab musik agar tidak dianggap duplikat oleh Google? Paling-paling kita hanya perlu menambahkan paragraf pembuka atau penutup saja.

Sayangnya blog semacam ini persaingannya juga lumayan ketat. Dan meski mudah, cukup repot untuk membuatnya. Makanya, selain harus menguasai SEO, kamu juga harus rajin dan jeli mencari tema/niche yang persaingannya masih longgar.


Meski dominasi tulisan masih cukup tinggi, ternyata masih banyak cara lain untuk mengisi blog. Jadi selain membuat tulisan sendiri, kamu juga bisa membuat blog dengan konten lain seperti podcast, video, atau bahkan polling.

Meski sekilas mudah, setiap cara di atas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan kamu sudah mempelajarinya terlebih dahulu sebelum ikut nyemplung di dunia blog. Jika kamu sudah menemukan metode yang cocok, jangan lupa promosikan website atau blog kamu agar semakin banyak orang yang tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like