Cara Blokir Kata dan Hashtag di Twitter

Meski kadang sangat menghibur, ada kalanya saya ingin bisa menyaring konten yang ada di timeline Twitter saya. Twitter sendiri ternyata punya fitur mute agar kita bisa memfilter atau memblokir tweet berdasarkan user, hashtag, atau kata-kata tertentu.

Di antara semua platform sosial media, Twitter adalah salah satu favorit saya. Selain saya gunakan sebagai tempat untuk mengupdate status dan berbagi berita penting, ada banyak bacaan dan hiburan menarik yang bisa saya temukan di sini.

Namun seperti media sosial lainnya, ada kalanya informasi bisa datang secara bertubi-tubi, terutama ketika ada konten viral yang sedang dibahas. Meski kadang menarik, ada kalanya kita tidak begitu suka dengan konten yang ada di timeline Twitter kita. Alasannya bisa bermacam-macam mulai dari topik yang kita rasa sensitif, spoiler, atau penggunaan hashtag tertentu.

Bila kamu ingin menyaring konten Twitter agar bisa sesuai dengan keinginan kamu, ada fitur mute yang bisa kita pakai. Dengan fitur ini, kita bisa memfilter tweet berdasarkan user, hashtag, atau kata-kata tertentu.

Cara Blok Hashtag, User, dan Kata Tertentu di Twitter.

Cara Mute Akun Twitter

Fitur mute (bisukan) ini berbeda dengan block atau un-follow akun Twitter. Dengan fitur ini kita bisa menghapus tweet dari akun tertentu di timeline kita tanpa perlu berhenti mengikuti atau memblokir akun tersebut. Selain itu pemilik akun juga tidak akan tahu dan masih bisa mengirim direct message kepada kita.

Untuk membisukan akun Twitter caranya sangat mudah.

  1. Masuk ke halaman profil pengguna atau cari tweet dari akun yang ingin kamu mute.
  2. Klik ikon luapan (titik tiga vertikal) yang ada pada halaman profil atau tweet.
  3. Pilih opsi MUTE (BISUKAN) dari pilihan yang tersedia.
  4. Setelah itu akan ada banner konfirmasi. Jika kamu melakukan kesalahan, klik UNDO (BATALKAN) untuk membatalkan fitur mute.
Cara mute akun Twitter dari tweet akun tersebut

Untuk mengembalikan akun yang sudah di-mute, kamu bisa mengulangi langkah di atas hanya saja kali ini kamu memilih opsi UNMUTE.

Untuk melihat daftar akun yang sudah kamu mute, masuk ke menu navigasi atau ikon profil kamu dan pilih menu PENGATURAN DAN PRIVASI » AKUN YANG DIBISUKAN. Di sini kamu juga bisa langsung menghapus akun dari daftar mute dengan mengklik ikon speaker.

Cara melihat akun Twitter yang kita mute.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara mute akun Twitter, kamu bisa melihat panduan resmi dari Twitter di sini.

Cara Mute Hashtag dan Kata-Kata Tertentu

Tidak hanya menyaring konten berdasarkan user, fitur mute juga bisa digunakan untuk memfilter tweet yang berisi kata, frasa, emoji, atau hashtag tertentu.

Untuk melakukannya, masuk ke menu navigasi atau ikon profil kamu dan pilih menu PENGATURAN DAN PRIVASI » KATA YANG DIBISUKAN lalu klik tombol TAMBAHKAN.

Setelah itu masukan kata yang ingin kamu blokir. Bila kamu ingin memblokir banyak kata, lakukan satu-persatu. Terakhir, jangan lupa juga untuk mengatur berapa lama pemblokiran ini kamu lakukan. Opsi yang tersedia adalah Selamanya, 24 Jam, 7 Hari, dan 30 Hari.

Tambahkan kata, username, atau hashtag yang ingin kamu hilangkan dari timeline Twitter

Dalam memakai fitur mute ini, ada beberapa ketentuan yang harus kamu tahu.

  1. Tidak perlu memperdulikan penggunaan huruf besar atau huruf kecil, keduanya dianggap sama.
  2. Membisukan kata akan membisukan hashtag dengan kata tersebut. Misalnya bila kamu membisukan ‘contoh’ maka ‘#contoh’ juga akan dibisukan dari notifikasi kamu.
  3. Cara ini juga bisa digunakan untuk membisukan user tertentu, cukup gunakan simbol ‘@’ sebelum nama.
  4. Kata yang sudah masuk daftar mute juga akan dihilangkan dari pesan email kamu.

Untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa melihat panduan fitur mute lanjutan dari Twitter.

Psst, sedikit info untuk kamu yang ingin membuat timeline Twitter menjadi kronologis (sesuai urutan tanggal), coba masukan kata-kata berikut ke dalam muted words:

  • suggest_pyle_tweet
  • suggest_activity_tweet
  • suggest_recycled_tweet_inline

Saya harap tutorial singkat ini bisa membantu kamu untuk memblokir hashtag atau kata tertentu di Twitter. Bila kamu berhasil, jangan segan untuk berkomentar di sini yah!


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.