3 Cara Backup Kontak Android, Bisa ke Komputer Juga

Kontak adalah salah satu data penting jika kamu ingin mencadangkan data-data HP, Untungnya cara backup kontak Android bisa dilakukan dengan mudah. File backup pun bisa disimpan ke komputer kamu.

Satu hal yang membuat pusing saat kita membeli hape baru adalah memindahkan kontak yang ada. Padahal kontak adalah hal yang penting karena tidak mungkin kita bisa mengingat semua nomor telepon yang ada di buku kontak hp kita.

Dulu sebelum smartphone merajalela, kontak lebih banyak disimpan di dalam memori internal hp. Jadi ketika kita menggantinya dengan hp baru, maka kontak harus dipindahkan semua secara manual.

Untuk mempermudahnya, kontak juga bisa disimpan di dalam kartu SIM. Dengan begitu kontak tidak akan hilang dan bisa muncul di hape baru selama kita tidak mengganti kartu SIM.

Untungnya kini caranya lebih mudah lagi. Terutama di hp Android yang sudah terintergrasi dengan akun Google.

Nah, buat kamu yang ingin menyimpan kontak di hape, simak dulu yuk cara backup kontak Android berikut ini!

1. Backup Kontak dari HP Android ke Akun Google

Berhubung smartphone Android sudah terintegrasi dengan sebuah akun Google, cara paling ampuh untuk menyimpan kontak yang pertama adalah dengan menguploadnya ke Google.

Dengan cara ini, kita tidak perlu repot memindahkan kontak secara manual. Begitu kartu dipindahkan ke hp baru, nomor kontak akan secara otomatis terunduh dari akun Google kita. Jadi kita tidak perlu repot memindahkan nomor kontak satu persatu ke hape lainnya selama kita masih memakai akun Google yang sama.

HP Android sendiri biasanya akan mengupdate kontak secara berkala. Jadi jika kamu sering terhubung ke internet, ada kemungkinan besar kamu sudah memiliki kontak yang sudah update.

Cara membuat backup kontak dari hp Android ke Google bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu pengaturan (Settings)
  • Cari menu ACCOUNT
  • Cari akun Google yang sudah kamu daftarkan, lalu masuk
  • Pastikan terdapat tanda centang pada opsi CONTACS
  • Jika sudah, klik tombol SYNC untuk memperbarui data dari hp Android ke akun Google

2. Backup Kontak dari HP Android ke Kartu SD

Selain membackupnya ke layanan cloud milik Google, cara backup kontak di hp Android juga bisa dilakukan dengan mengexportnya ke kartu SD atau internal memori hape kamu. File backup nantinya juga bisa disimpan ke media penyimpanan di komputer atau laptop.

Dengan cara ini semua kontak yang ada di hp kita dijamin update. Selain itu kita juga bisa memindahkan kontak tanpa perlu terhubung dahulu dengan jaringan internet.

Untuk membuat backup kontak Android ke memori, kita bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi CONTACS
  • Cari menu pengaturan / SETTINGS
  • Cari opsi IMPORT/EXPORT
  • Simpan kontak pada tempat yang diinginkan

Setelah selesai, kamu akan mendapatkan file dalam format VCF. File ini nantinya tinggal kamu pindahkan ke hp baru. Setelah itu kamu bisa import file tersebut dengan cara yang sama seperti langkah di atas.

3. Backup Kontak dari HP Android ke Kartu SIM

cara menyimpan kontak dari hp android ke SD card dan kartu SIM

Selain kedua cara sebelumnya, kamu juga bisa backup kontak Android kamu ke dalam kartu SIM. Jika kartu SIM berpindah, maka semua kontak di dalamnya juga akan secara otomatis terbaca di perangkat baru.

Merski begitu kamu harus tahu kalau nomor kontak yang bisa disimpan di kartu SIM sangatlah terbatas. Jadi jika kamu memiliki banyak kontak, maka cara backup ini akan sulit dilakukan. Meksi begitu cara ini akan sangat berguna untuk memindahkan kontak hp dengan cepat pada perangkat jadul.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Buka aplikasi CONTACTS
  • Cari menu Pengaturan (SETTINGS)
  • Pilih opsi IMPORT/EXPORT
  • Pilih SIM CARD sebagai tempat penyimpanan nomor kontak

Jika sudah kita hanya perlu mengikuti instruksi lanjutan yang disediakan. Jika sudah, maka nomor kontak akan tersimpan rapi di dalam kartu SIM kamu.


Sekian sudah tutorial singkat kali ini, mudah-mudahan bisa membantu kamu memindahkan kontak di hp Android ke perangkat lainnya dengan mudah.

Jika kamu sering gonta-ganti smartphone atau mengalami masalah aplikasi kontak tidak bisa dibuka, cara backup kontak Android adalah dengan menguploadnya ke akun Google. Dengan begitu kamu akan dengan mudah memindahkan nomor kontak yang ada di hp lama. Namun sebagai alternatif, tidak ada salahnya juga menyimpan kontak di micro SD, apalagi jika kamu tidak terhubung ke jaringan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like