Cara Memasang Link Sumber Artikel Secara Otomatis di Blog Blogger

Ini adalah tutorial singkat cara menambahkan link sumber artikel ketika ada orang lain yang menyalin konten dari blog Blogger kita.

Sebelum kita mulai, saya akan memberi sedikit gambaran mengenai apa yang akan kita lakukan pada tutorial kali ini.

Sebagai contoh, coba masuk ke blog Blogger milik Bisablog berikut ini:

https://bisablogdemo.blogspot.com

Sekarang coba salin beberapa kata yang ada blog tersebut lalu salin ke tempat lain seperti Notepad atau Microsoft Word.

Bila kamu perhatikan, maka pada text editor tersebut akan muncul kalimat tambahan di bawah kata-kata yang kamu ingin salin tadi. Misalnya saja ketika saya menyalin kalimat yang saya ambil dari artikel ‘Link Cloaking pada Blogger‘, maka saya akan mendapatkan tambahan kalimat berikut:

Bagian konten yang disalin akan memunculkan link sumber artikel tersebut
Bagian konten yang disalin akan memunculkan link sumber artikel tersebut

Seperti kamu lihat, akan ada tambahan simbol copyright beserta judul dan nama blog pemilik artikel. Tidak ketinggalan link menuju artikel tersebut.

Btw, kalau kamu menyalinnya di Microsoft Word atau ke platform blogging seperti WordPress dan Blogger, maka link di atas menjadi link aktif dan bukan bebentuk tulisan saja.

Hal ini akan sangat berguna bila ada blog Auto Generated Content (AGC) yang mengincar situs kamu. Dengan teknik pada tutorial ini, kamu bisa saja mendapatkan backlink gratis dari setiap orang yang menyalin konten yang kamu buat.

Terus, bagaimana caranya?

Pada Blogger, masuk ke menu TEMA lalu klik tombol EDIT HTML. Setelah itu cari tag </body> lalu salin kode berikut tepat sebelum tag </body> tersebut.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|s)no-attribution(s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

Bila sudah, simpan perubahan yang kamu lakukan lalu lihat hasilnya. Sekarang setiap orang yang berusaha menyalin konten kamu akan mendapatkan tambahan sumber link seperti contoh saya sebelumnya.

Btw, dengan cara ini bukan berarti situs kamu aman dari pencuri konten karena link sumber artikel tersebut dapat dengan mudah dihapus secara manual. Saya sendiri lebih memilih untuk menambahkan script untuk mencegah copy paste konten Blogger. Bila saya ingin hanya sebagian konten saja yang dapat disalin, hal tersebut juga bisa dilakukan dengan mudah.

Mudah bukan, cara memasang link sumber artikel pada tutorial ini? Bila ada pertanyaan atau saran, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!
Pos Terkait:

2 thoughts on “Cara Memasang Link Sumber Artikel Secara Otomatis di Blog Blogger”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.