Mudahnya Beli Nama Domain Bayar Pakai Gopay di Domainesia

Jika dulu kita hanya bisa membayar nama domain dengan cara transfer, kini kita bisa membeli nama domain dengan Gopay. Selain praktis, proses verifikasi pembayaran juga cepat dan nama domain langsung aktif seketika.

Nama domain adalah salah satu syarat penting dalam membuat sebuah website. Pada platform blogging gratis, nama domain bisa dibuat dengan gratis sehingga kita tidak perlu repot membelinya secara terpisah. Tapi menurut saya, memiliki nama domain sendiri cukup penting meski hostingnya gratis seperti Blogger.com.

Salah satu kelebihan memiliki nama domain sendiri adalah branding. Lagipula calon pengunjung pasti akan lebih tertarik dengan website yang memiliki TLD .COM atau .NET dibanding blog yang masih memiliki embel-embel .blogspot.com misalnya.

Lagipula nama domain kini mudah didapat dan bisa ditebus dengan harga yang terjangkau. Jika domain yang kamu pakai bisa memiliki reputasi yang baik, harga ratusan ribu saat pertama kali membelinya bisa terhitung sebagai investasi lho!

Untuk mendaftarkan nama domain, kita bisa melakukannya di penyedia hosting di Indonesia.

Nah, salah satu tempat beli nama domain terbaik yang saya rekomendasikan adalah Domainesia. Selain menawarkan full control untuk memanage domain, harga yang ditawarkan juga relatif murah dibanding registrar lainnya. Karena itulah, meski biasanya saya memberi rekomendasi tempat beli nama domain terbaik yang terdaftar di ICANN, Domainesia menjadi salah satu pengecualian.

Enaknya lagi, kini pembayaran nama domain di Domainesia juga semakin mudah. Selain bisa melalui transfer bank atau Paypal, kini mereka support pembayaran lewat Gopay juga lho!

Memang apa kelebihan membeli nama domain dengan Gopay?

Dibandingkan dengan metode transfer bank biasa, proses pembayaran dengan Gopay tergolong praktis, cukup scan QR Code saja. Tidak hanya itu, proses verifikasi pembayarannya juga instan, domain yang dibeli pun langsung aktif seketika.

Nah, buat yang mau tau caranya dan melihat pengalaman saya membeli nama domain dengan Gopay di Domainesia, simak terus artikel ini yah!

Pengalaman Beli Nama Domain dengan Gopay di Domainesia

Sebelum membeli nama domain di Domainesia, silahkan buat akun dan isi data diri kamu dulu yah! Jika sudah, maka saat membeli domain nanti kamu tidak perlu mengisi data-data untuk domain lagi.

Sebagai informasi tambahan, setiap nama domain yang didaftarkan di Domainesia sudah mendapatkan beberapa fitur seperti Nameserver, DNS Zone Manager, Domain Forwarding, dan Registrar Lock. Dan jika kamu ingin memindahkan nama domain ke registrar lain, prosesnya dijamin tidak akan dipersulit.

Nah, jika kamu tertarik untuk membeli nama domain di Domainesia, silahkan cek langkah-langkahnya di bawah ini yah!

1. Cara Membeli Nama Domain di Domainesia

Untuk membeli nama domain di Domainesia, saya anggap kamu sudah membuat akun di situs ini yah. Jika belum, silahkan masuk ke domainesia.com dan buat akun kamu sendiri.

Jika sudah, masuk lagi ke domainesia.com dan cari menu DOMAIN.

Setelah itu kita hanya perlu mencari nama domain yang kita inginkan pada kotak yang tersedia. Jika sudah, klik tombol CARI.

Cara beli nama domain di Domainesia
Cara beli nama domain di Domainesia

Pada halaman selanjutnya, kamu bisa melihat apakah nama domain yang kamu incar masih tersedia atau tidak. Selain itu kamu bisa melihat ketersediaan nama domain kamu dengan TLD lainnya.

JIka sudah, klik tombol DAFTARKAN DOMAIN untuk membeli nama domain saja, atau PESAN PAKET HEMAT untuk membeli nama domain dan hosting murahnya sekaligus.

Daftarkan nama domain di Domainesia
Daftarkan nama domain di Domainesia

Setelah itu, kamu bisa memilih durasi kontrak nama domain beserta harga total sebelum PPN. Btw di halaman ini ada opsi DNS ZONE MANAGER yang bisa kamu pakai untuk mengelola DNS memakai DNS Server Domainesia. Mumpung gratis klik saja yah!

Jika sudah, klik tombol MASUKAN TROLI, Sekarang saatnya melakukan pembayaran!

2. Beli Domain Pakai Gopay di Domainesia

Sebelum membayar dengan Gopay, pastikan saldo kamu cukup. Kalau kamu ingin top up, cek cara dapat saldo Gopay gratis dulu saja yah!

Pada halaman invoice, kamu bisa melihat beragam metode pembayaran pada sudut kanan atas. Untuk saat ini Domainesia menerima pembayaran melalui transfer rekening bank, virtual account, Paypal, dan Gopay

Jika kamu memilih metode pembayaran dengan Gopay, akan ada popup berisi nominal tagihan serta data-data seperti nomor telepon dan alamat email. Klik tombol CONTINUE untuk melanjutkan.

Oder summary Domainesia

Pada halaman selanjutnya, terdapat dua pilihan pembayaran, yakni melalui kartu kredit atau dengan QR Payment. Klik menu QR Payment untuk membayar tagihan nama domain dengan Gopay.

Jika sudah, berikutnya kamu bisa melihat petunjuk untuk membayar tagihan melalui QR Code. Klik tombol PAY NOW.

Cara pembayaran domain dengan QR Payment di Domainesia
Petunjuk cara bayar domain dengan QR Payment di Domainesia

Pada langkah selanjutnya, kamu bisa melihat QR Code. Untuk membayar dengan Gopay, kamu hanya perlu memindai QR Code tersebut melalui aplikasi Gopay. Caranya? Buka aplikasi Gojek lalu pilih menu PAY. Setelah itu kamera bawaan Gojek akan langsung aktif dan kamu hanya perlu memfoto QR Code yang sudah disediakan Domainesia.

Jika sudah, kamu bisa melihat invoice nama domain kamu. Silahkan ikuti instruksi yang disediakan untuk membayar tagihan tersebut via Gopay.

3. Selesai!

Jika sudah, maka akan ada notifikasi dari Domainesia bahwa pembayaran telah dilakukan. Domain pun langsung aktif dan bisa kita pakai setelah proses propagasi selesai.

Domain ini nantinya bisa kamu arahkan ke hosting lainnya, atau dipakai sebagai custom domain blogger.

Namun sebelum itu, kunci domain kamu terlebih dahulu untuk mengamankannya dan mencegah nama domain ini pindah ke registrar lain. Untuk melakukannya, masuk ke dasbor Domainesia, masuk ke menu domain, dan aktifkan registrar lock pada petunjuk yang tersedia.


Bagaimana, praktis bukan membeli nama domain dengan Gopay di Domainesia? Tidak hanya itu saja, satu hal yang saya suka dengan metode pembayaran ini adalah proses verifikasinya yang cepat. Selain itu domain bisa langsung dipakai tanpa perlu menunggu lama.

Jadi kalau kamu punya saldo Gopay, jangan dipakai buat order makanan online saja, pakai juga untuk membayar tagihan lainnya termasuk untuk membeli nama domain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like