Baca Ini Dulu Sebelum Daftar Agen Bukalapak!

Sebagai salah satu online marketplace terbesar di Indonesia, Bukalapak hadir dengan sejumlah fitur ‘wah’. Tidak hanya jual barang, Bukalapak juga memiliki sistem Agen Bukalapak bagi kamu yang ingin punya penghasilan tambahan. Lalu apa itu Agen Bukalapak?

Sebelumnya Bisablog pernah membuat review mengenai apa itu Agen Bukalapak. Artikel itu sendiri menjadi salah satu sumber trafik Bisablog sampai saat ini karena cukup banyak juga yang tertarik dengan sistem keagenan yang ditawarkan Bukalapak.

Bisablog sendiri pernah mencoba menjadi Agen Bukalapak untuk merasakan sendiri keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi Agen untuk jualan pulsa. Dari pengalaman menjadi agen Bukalapak, ternyata hasil yang didapat memang cukup lumayan juga.

Namun sebagai salah satu pemain besar dalam hal jual-beli online, Bukalapak selalu memberi inovasi baru pada setiap fitur yang mereka miliki, termasuk sistem Agen Bukalapak. Hal inilah yang membuat saya merasa artikel tersebut menjadi tidak relevan lagi karena ada begitu banyak perubahan positif dalam sistem keagenan Bukalapak.

Untuk itulah saya membuat panduan baru di tahun 2018 ini untuk kamu yang penasaran dengan fitur ini. Apa itu Agen Bukalapak? Apa Keuntungan Agen Bukalapak? Lalu berapa komisi Agen Bukalapak?

Apa Itu Agen Bukalapak?

Agen Bukalapak adalah sistem dropshipper offline di mana kita menjual barang ke pembeli secara offline menggunakan barang yang kita beli secara online melalui Bukalapak.

Sistem keagenan seperti ini dibuat sebagai solusi bagi kamu yang ingin mulai berjualan namun bingung dengan urusan supply barang dan modal yang harus dikeluarkan.

Target pasarnya sendiri lebih cocok untuk kamu yang berada di lingkungan yang masih awam dengan belanja online dan masih ragu dengan sistem keamanan untuk transaksi online.

Bila kamu tertarik, cara untuk menjadi Agen Bukalapak sangatlah mudah. Siapa pun bisa menjadi Agen Bukalapak. Cukup modal gadget dan koneksi internet yang memadai, kamu sudah bisa jual barang ke orang lain.

Keuntungan Agen Bukalapak

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjadi Agen Bukalapak antara lain:

  • Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Daftar Agen Bukalapak juga gratis tanpa modal.
  • Pilihan produk yang sangat variatif dengan harga yang sangat bersaing.
  • Komisi untuk setiap transaksi baik produk fisik maupun e-voucher (pulsa, listrik, voucher game, dll).
  • Akses pembelian pulsa dengan nominal kecil (Rp5,000 dan Rp10,000).
  • Macam-macam cara pembayaran yang memudahkan transaksi.
  • Dukungan teknologi terdepan yang membuat transaksi lebih mudah dan praktis.
  • Aneka promo, info barang terlaris, tips, dan tim layanan khusus agen.

Cara Daftar Agen Bukalapak

Sebelum daftar Agen Bukalapak, kamu harus memiliki akun Bukalapak terlebih dahulu. Tenang! caranya mudah kok’.

Kamu hanya perlu masuk ke situs bukalapak.com dan klik tombol DAFTAR. Setelah itu kamu hanya perlu mengisi formulir yang ada dan tunggu konfirmasi dari Bukalapak.

Setelah kamu memiliki akun Bukalapak, kamu bisa menjadi Agen Bukalapak dengan langkah-berikut ini,

  1. Kunjungi bukalapak.com/agen.
  2. Klik DAFTAR MENJADI AGEN. Log in dengan akun Bukalapak dan langsung mendaftar sebagai Agen Bukalapak.
  3. Tunggu konfirmasi melalui email yang akan dikirimkan oleh Tim Bukalapak.
  4. Setelah mendapatkan e-mail konfirmasi, kamu sudah terdaftar sebagai Agen Bukalapak dan siap mencari pelanggan offline!

Komisi Agen Bukalapak

Satu kelebihan dalam menjadi Agen Bukalapak adalah sistem komisi yang menggiurkan untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. Jadi keuntungan kamu sebagai pedagang tidak hanya sebatas margin harga yang kamu dapat saja.

1. Komisi Agen untuk Pembelian Barang Fisik

Pembelian barang fisik adalah pembelian selain produk E-Voucher & Tiket. Dengan Bukalapak, kamu bisa menjual barang apa saja mulai dari barang elektronik, fashion, peralatan rumah tangga, hingga perlengkapan untuk si kecil.

Untuk setiap transaksi yang berhasil kamu lakukan, akan ada komisi sebesar 5% tanpa ada minimum nilai transaksi. Komisi ini sama besarnya apapun jenis barang yang kamu beli.

Pemberian komisinya sendiri akan dilakukan saat barang yang dibeli sudah diterima dengan baik oleh pembeli (telah konfirmasi barang diterima/tidak retur atau refund).

2. Komisi Agen untuk Pembelian E-Voucher dan Tiket

Untuk produk E-Voucher seperti pulsa, token listrik, atau voucher game, perhitungan komisinya berbeda dengan komisi untuk pembelian barang fisik. Tergantung jenis produk yang kamu beli, besarnya komisi yang kamu dapat akan berbeda pula.

  • Untuk produk pulsa, paket data, dan token listrik, akan ada potongan harga langsung pada setiap pembelian. Dengan begitu Agen Bukalapak dijamin mendapatkan harga yang lebih murah dibanding harga normal untuk ketiga produk tersebut. Seberapa murah? Well, dibanding harga pulsa yang dijual melalui aplikasi PPOB, harga pulsa dan token listrik dari Bukalapak jauh lebih murah lho!
  • Untuk tagihan listrik pascabayar, PDAM, dan BPJS kesehatan, ada komisi sebesar Rp2,000 yang dibayar langsung melalui BukaDompet setelah transaksi selesai. Komisi bisa kamu peroleh tanpa minimal nominal transaksi.
  • Untuk produk voucher game, tiket kereta, dan tiket pesawat, komisi 5% akan diberikan mingguan bila kamu berhasil memenuhi target sebagai berikut.
    • Akumulasi transaksi voucher game mencapai minimal Rp100,000 di minggu tersebut.
    • Akumulasi transaksi tiket KAI mencapai minimal Rp350,000 pada minggu tersebut.
    • Akumulasi transaksi tiket pesawat mencapai minimal Rp1.000.000 pada minggu tersebut.

Untuk poin terakhir, perhitungan akumulasi akan dihitung sejak Jumat – Kamis pukul 23.59 WIB. Komisi akan langsung ditambahkan ke saldo BukaDompet Agen pada hari Jumat di minggu tersebut. Jika Agen Bukalapak tidak berhasil mencapai akumulasi transaksi , maka komisi tidak akan diberikan. Pada minggu berikutnya saldo akumulasi transaksi akan dimulai kembali dari Rp.0,-

3. Komisi Agen untuk Pembelian Emas di BukaEmas

Agen Bukalapak juga bekesempatan untuk mendapat komisi dari fitur Bukaemas yang ada di Bukalapak. Untuk setiap pembelian emas melalui akun kamu, ada komisi sebesar 1% yang diberikan mingguan setiap hari Jum’at.

Fitur Tambahan Agen Bukalapak

Keuntungan yang didapat Agen tidak hanya sebatas komisi saja, ada juga fitur tambahan yang hanya bisa dinikmati oleh Agen Bukalapak.

1. Kirim Dana ke Bank

Fitur pertama yang khusus disediakan untuk Agen Bukalapak adalah KIRIM DANA. Dengan fitur ini, Agen Bukalapak bisa membantu para pelanggannya untuk mengirimkan uang kepada teman atau kerabat mereka.

Mulai dari nominal Rp25,000 kamu bisa mengirim dana ke rekening BCA, BNI, BRI, dan MANDIRI gratis tanpa biaya tambahan. Kamu juga bisa mendapat keuntungan tambahan dengan menetapkan tarif sebagai biaya layanan pengiriman dana, seperti pada contoh skema yang ditawarkan Bukalapak berikut ini;

Fitur kirim dana khusus agen bukalapak
Kentungan tambahan dengan menentukan tarif pada fitur KIRIM DANA agen Bukalapak.

Sebelum mengirimkan dana, pastikan saldo di BukaDompet minimal Rp25.000. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login akun Agen Bukalapak.
  • Klik menu AGEN BUKALAPAK yang terletak di bawah kotak pencarian atau klik tautan bukl.pk/my_agent.
  • Klik KIRIMKAN DANA.
  • Masukan nominal dana yang ingin dikirimkan pada kolom JUMLAH PENGIRIMAN.
  • Masukkan rekening tujuan (Jangan sampai salah yah!)
  • Klik KIRIMKAN.

Untuk pengiriman dana ke bank BCA, BRI, BNI, dan MANDIRI, dana akan diterima selambat-lambatnya selama 1×24 jam. Untuk pengiriman di luar keempat bank tersebut, dana akan diterima maksimum hingga 2×24 jam kerja.

Namun ingat! fitur ini hanya bisa digunakan maksimum 5 kali saja dalam sehari.

2. Saldo Bantuan untuk Agen Bukalapak

Mau transaksi tapi saldo tidak cukup? Jangan khawatir! Bisa ditalangin dulu kok sama Bukalapak. Dengan fitur Saldo Bantuan, Agen bisa melakukan transaksi terlebih dahulu dan melakukan penambahan saldo (top up) kemudian.

Saldo Bantuan ini hanya tersedia untuk semua transaksi di aplikasi Agen Bukalapak saja yah! Batas pinjaman saldonya cukup lumayan lho! Rp250,000.

Bila kamu memakai fitur ini, saldo Bukadompet kamu akan bertanda minus. Bila kamu melakukan top up, saldo akan secara otomatis terpotong untuk membayar pinjaman saldo tanpa kena biaya tambahan.

Untuk menggunakan fitur Saldo Bantuan, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Agen melakukan transaksi jual-beli produk seperti biasa.
  2. Jika harga produk lebih besar dari saldo agen, agen tetap dapat melakukan transaksi dengan Saldo Bantuan.
  3. Setelah transaksi berhasil, saldo agen akan secara otomatis bertanda minus.
  4. Agen dapat terus melakukan transaksi hingga batas maksimal Saldo Bantuan, yaitu sebesar Rp250.000
  5. Bila sudah melewati batas maksimal, Agen tidak dapat melakukan transaksi.
  6. Untuk mengembalikan saldo agen seperti semula, agen harus melakukan top up minimal sejumlah Saldo Bantuan yang telah digunakan

3. Program Khusus Agen Bukalapak

Untuk memanjakan para pelanggannya, Bukalapak sering sekali mengadakan promo-promo menarik di setiap waktu. Semua promo tersebut dapat kamu lihat pada link bukalapak.com/promo. Sayangnya promo ini tidak bisa digunakan Agen Bukalapak untuk menambah keuntungan Agen. Sebagai gantinya, Bukalapak memberikan promo khusus Agen yang tak kalah menariknya.

Untuk mendapatkan informasi seputar promo Agen Bukalapak, aktifkan fitur Push Notification di aplikasi Bukalapak dan gabung channel telegram Bukalapak di bl.id/telegramagen.

Biaya Administrasi Agen Bukalapak

Biaya Administrasi adalah salah satu komponen dalam tagihan transaksi produk fisik yang seringkali membuat bingung calon Agen.

Bagaimana tidak, setiap pembelian dengan akun Agen Bukalapak akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5%, padahal biaya ini tidak ada bila kita membeli barang dengan akun biasa. Kalau belinya saja lebih mahal dibanding akun biasa, bagaimana Agen Bukalapak bisa untung?

Biaya administrasi agen bukalapak untuk setiap transaksi barang fisik
Biaya administrasi 5% yang dikenakan pada Agen Bukalapak untuk setiap transaksi barang fisik.

Satu kritik dari sistem keagenan yang diadakan Bukalapak memang banyak menyasar pada masalah biaya administrasi pada saat pembelian.

Skema yang dulu dipakai untuk menghitung komisi Agen memang cukup merugikan. Dengan biaya administrasi sebesar 5%, 3%-nya akan dikembalikan pada Agen sebagai komisi dan sisa 2% akan diberikan pada upline kita.

Perubahan kebijakan pun akhirnya dilakukan dengan mengubah skema komisi. Biaya administrasi 5% tetap ada namun semua uangnya akan dikembalikan kepada Agen sebagai komisi. Jadi sekarang tidak ada bedanya antara beli dengan akun biasa dan akun Agen Bukalapak. Biaya administrasi 5% inipun bisa kamu jadikan patokan dalam menentukan harga jualan minimum dan menjadi profit kamu sebagai pedagang offline. Jadi pastikan biaya administrasi ini sudah kamu masukan ketika mengajukan harga ke pelanggan.

Sebagai catatan, biaya administrasi hanya dikenakan pada pembelian produk fisik dan tidak akan dikenakan untuk pembelian produk E-Voucher & Tiket (pulsa, paket data, token listrik, voucher game, tiket kereta, dan tiket pesawat) serta pembelian fitur Bukalapak (push, paket push, promoted push, dan lainnya).

Lalu bagaimana bila kita memakai akun agen bukalapak untuk membeli keperluan pribadi? Apa tetap kena biaya administrasi juga?

Akun Agen Bukalapak diperuntukkan bagi transaksi online to offline (O2O). Artinya, kamu membeli barang secara online di Bukalapak untuk dijual kembali kepada orang lain secara offline. Meski begitu, sah-sah saja bila kamu ingin membeli barang untuk keperluan pribadi dengan akun ini.

Namun sebagai catatan, syarat dan ketentuan penggunaan akun agen berlaku untuk setiap transaksi, termasuk transaksi pribadi. Jadi kamu akan tetap dikenai biaya administrasi jika membeli barang (selain E-Voucher & Tiket) untuk diri sendiri melalui akun ini dan mendapatkan komisi sesuai ketentuan.

Penutup

Saya harap tutorial ini bisa membantu kamu memahami lebih dalam apa itu program Agen Bukalapak dan bagaimana skema komisi Agen Bukalapak. Dari sini kamu bisa melihat apakah ada keuntungan Agen Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan sebelum memutuskan ikut menjadi Agen.

Bila kamu tertarik, segera daftarkan dirimu dan gabung dengan Agen Bukalapak lain yang lebih dulu mendaftar.

Apakah kamu masih memiliki pertanyaan seputar program Agen Bukalapak? Jangan segan untuk bertanya dan meninggalkan komentar kamu di sini yah!
Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.